Scroll to Top

Raben Rilis EP ke – 2 ‘Act Two’ Ungkap Keresahan Pulang Kantor

By Eny Handayanih / Published on Thursday, 01 Dec 2022 17:17 PM / No Comments / 140 views

Cadaazz.cm – Raben lepas ‘Act Two’ yang merupakan EP kedua yang akan menjadi perjalanan cipta karyanya menuju album penuh yang akan dirilis tahun depan. Mendapat antusiasme dari penikmat musik melalui EP pertama yang telah dirilis  pada bulan April 2022 lalu dengan Tajuk ‘First Bite’.

EP ‘Act Two ‘ milik Raben menjadi sebuah lanjutan cerita yang dituangkan dalam bait dan rima mencakup dua lagu terbaru berjudul “Biarkan Berlalu” dan “Handal”.

Pilihan pertama lagu Raben dalam EP ‘Act Two’ adalah “Bıarkan Berlalu,” dengan apa yang saat ini terjadi Raben ingin membagikan apa yang pernah dirasakan dirinya dalam menggunakan sosial media.

Banyaknya situasi kurang menyenangkan, ironis  atau cendereung negatif yang dihadapi oleh masyarakat dalam berselancar disosial media, dari keresahan ini memicu Raben untuk menciptakan lagu yang mungkin bisa dibilang mempunyai pesan positif pada lagu ini.

“Bisa dibilang ini klise, namun dibalik sisi positif dari sosial media, tak bisa dipungkiri juga bahwa punya energi negatif yang sangat besar juga, dari sini gue banyak belajar dan juga ingin kasih tau kepada pendengar gue bahwa jangan ragu untuk meluapkan keresahan, tanpa merugikan orang lain,” ujar Raben saat menjelaskan tentang kutipan lirik “Biarkan Berlalu”

Lagu kedua berjudul “Handal,”  hiruk-pikuk sebagai pegawai kantoran juga pernah dialami Raben beberapa tahun silam. Rutinitas  yang acapkali membosankan, terlebih rasa kurang dihargai dalam pekerjaan sampai anggapan rendah pernah juga diterima olehnya. Ketika mengingat kembali hal itu lebih pas rasanya jika ditulisakan dalam sebuah lagu.

Kutipan lirik yang dimaknai secara repetisi dalam lagu ini berdasarkan bagaimana sosok raben memberikan motivasi terhadap dirinya, pengulangan kata “Aku lebih handal” pada lagu ini diharapkan juga dapat dijadikan cara untuk penikmat musik ketika sedang dalam fase tidak menyenangkan tanpa ada rasa ingin memandang rendah orang lain.

Sentuhan musik dan keterlibatan Rayrocc dan Atur Tempo semakin menambah kesan Conscious Rap dari Raben, mencoba melawan arus pada industri hip-hop dengan sedikit memberikan sentuhan pop lalu ditambah vokal Karina Christy dalam lagu “Biarkan Berlalu”, pada lagu “Handal” DJ Barto turut melengkapi ambience scratch.

“Gue sedang mencoba melawan arus, setelah beberapa kali melewati fase hip-hop yang beragam, kali ini gue coba membuat musik hip-hop yang lebih santai, musik hip-hop yang bisa diterima oleh kelas-kelas pekerja, dan didengerin pas jam pulang kantor,” Katanya ini lah salah satu alasan Raben menamai-nya sebagai Raptor (Rapper Pulang Kantor).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1