Scroll to Top

2022 Yayasan Priatman Untuk Negeri Gandeng Once Rilis “Sang Pemula”

By Eny Handayanih / Published on Thursday, 10 Nov 2022 05:35 AM / No Comments / 183 views

Cadaazz.com- Yayasan Priatman Untuk Negeri merilis film pendek berikut original soundtrack (OST) yang berjudul ” Sang Pemula”, sebagai bentuk apresiasi dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November hari ini.

Film pendek yang dibuat Yayasan Priatman Untuk Negeri tersebut menceritakan bagaimana  seorang  pahlawan nasional yang bernama R.M Tirto Adhi Soerjo dalam melawan penjajahan era kolonial melalui media tulisan.

Mirza Whibowo Soenarto selaku ketua pembina Yayasan Priatman Untuk Negeri sekaligus keluarga mendiang Tirto Adhi Soerjo mengatakan inisiatif untuk mevisualisasikan Sosok Tirto Adhi Soerdjo sebagai bentuk apresiasi lanjutan terhadap sejarah dan pertokohan di Indonesia.

“Semasa hidupnya Tirto dikenal sebagai Bapak Pers Nasional berkat kontribusi dan dedikasinya terhadap dunia pers tanah air. Didalam tulisannya ia memperjuangkan suara-suara rakyat kecil dan berkorban agar seluruh masyarakat Indonesia bisa bebas mengeluarkan aspirasi dan juga pendapat.”ujar Mirza mewakili Yayasan Priatman Untuk Negeri dalam pressconference di kawasan Kemang, Rabu (9/11).

” Oleh karena itu Yayasan Priatman Untuk Negeri ingin melanjutkan apresiasi terhadap Tirto Adi Suryo dengan membuat film pendek serta single yang berjudul sang pemula”tambanya.

Ia menambahkan sebelumnya wujud apresiasi terhadap Tirto sudah di tulis dalam beberapa judul buku karya Maestro Indonesia Pramoedya Ananta Tur yaitu Rumah Kaca, Bumi Manusia, dan Jejak Langkah.

Film pendek yang berdurasi 12 menit ini digarap oleh dua sineas muda Surya Penny & Senry Alvin,  dibintangi oleh aktor dan aktris yaitu Muhammad Abe yang memerankan tokoh Tirto, serta Ardina Rasti yang berperan sebagai Rana yang merupakan seorang dosen jurnalistik yang tertarik dengan isu-isu sejarah di masa lalu.

Menurut Juyama selaku Sutradara film pendek “Sang Pemula” film ini  memberikan wawasan baru kepada penonton bahwa kebebasan dalam menyuarakan pendapat tidak serta merta terjadi begitu saja, tapi karena ada tokoh yang mengorbankan nyawa di dalamnya.

“Di samping kisah inspiratif dari Tirto Adhi Soerjo, film ini juga memiliki pesan moral yang mendalam dimana ada perjuangan dan pengorbanan sosok pahlawan yang membuat dunia jurnalistik dan pers bisa seperti sekarang ini.”tambah Juyama 

Selain peluncuran film pendek juga meluncurkan single yang dijadikan OST berjudul Sang Pemula. Lagu ini dinyanyikan oleh musisi Once Mekel.

Film pendek “Sang Pemula” dirilis perdana secara serentak pada tanggal 10 November di channel YouTube Priatman Untuk Negeri.

Sementara itu untuk single “Sang Pemula” dapat dinikmati di Digital Streaming Platform MW Records Indonesia (Joox, Spotify, Resso dan platform lainnya). (Ridho Angga).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1