Scroll to Top

Bhinneka Music Festival 2022 Digelar Untuk Ruang Kreasi Musisi

By Eny Handayanih / Published on Thursday, 29 Sep 2022 09:59 AM / No Comments / 160 views

Cadaazz.com – Bhinneka Music Festival adalah bagian dari Bhinneka Culture Festival yang diselenggarakan oleh Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN) resmi dibuka pada Rabu (28/9/2022) oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga dihadiri oleh Bambang Soesatyo Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI)

Menurut Erros, maksud dan tujuan diselenggarakannya Bhinneka Music Festival sebagai bagian dari acara Bhinneka Culture Festival adalah untuk memperkuat nilai-nilai kebhinnekaan, kebangsaan, dan nasionalisme Indonesia serta menjadi wadah para musisi dalam berkreasi.

“Kebudayaan itu adalah salah satu ekspresi ruang kesenian, musik,  tari dan sebagainya nah kita gelar Bhinneka Music Festival disini festival musik indie, musik yang bukan dari perusahaan besar. Mereka inikan selama Covid-kan tidak punya ruang ya. Dan penghasilannya juga habis. Nah untuk itu kita buka acara ini. Tujuan kita adalah satu paling tidak anak-anak muda punya ruang kreasi, “kata Eros Djarot Ketua Umum GBN, saat pembukaan Bhinneka Culture Festival di Gedung GBN, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/22).

“Bhinneka Music Festival ini memberikan wadah bagi para musisi tanah air dengan karya genuine/karya sendiri lewat jalur festival, Industri musik dalam Negeri harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Musik dan rasionalisme satu kesatuan yang seharusnya tidak terpisahkan,”tambah Eros Djarot.

Bhinneka Music Festivaladalah acara yang di Gagas oleh Penggagas Syamsunar dan Budi Putra memilih Peserta Bhinneka Musik Festival melalui kurasi yang ketat.

“Awal kita buka pendaftaran sekitar 20 peserta, pesertanya hanya Jawa aja, tak hanya musik kita ada lukisan dan sebagainya. Nah dihari terakhir kita akan gelar wayang kulit pada Sabtu malam Minggu. Acara ini mulai tanggal 28 September 2022 Hingga 1 Oktober 2022,”tambah Eros Djarot.

“Mereka wajib bawakan lagu ciptaan sendiri dan satu lagu daerah yang mereka gubah musiknya. Kursinya atau pemilihannya para band kirim ya sampel sampel gitu ya, kita lihat dan kita kurasi dan akhirnya terpilih 30-35 peserta untuk lomba festival musik ini.”kata Eros Djarot.

Acara ini direncanakan akan dilakukan setiap tahunnya oleh GBN namun dengan konsep yang berbeda dan di daerah lainnya.

“Ya rencananya akan kita adakan setiap tahun dan di daerah – daerah sama temen-temen hotel,”kata Eros Djarot.

Dalam acara festival yang sebagian besar dihadiri anak muda ini, Eros Djarot meminta Mahfud MD memberikan pesan moral terhadap anak muda dalam menjaga kebhinekaan.

“Kita minta pak Mahfud memyampaikan apa pesan-pesan bagi anak-anak muda dan generasi muda. Nanti kami juga minta bapak juga menyampaikan pesan-pesan bagi para musisi dan seniman lukis,” lanjut Eros.

Sementara itu, Mahfud dalam sambutannya menyampaikan, ke depan Indonesia perlu menjadikan budaya sebagai panglima.

“Sekarang ada yang usul, gimana kalau ke depan menjadikan budaya sebagai panglima kehidupan kita. Inilah relevansinya pada acara hari ini, kita diingatkan bahwa kita punya budaya adiluhung, hidup bersama di dalam keberbedaan,” tutup Mahfud.

Acara ini tak hanya memperoleh hadiah dalam bentuk uang dengan Total hadiah 38 jutaan peserta juga diberikan kesempatan utk mengekspresikan karya musikal di gedung GBN, yang memang diperuntukkan sebagai rumah bagi para pekerja seni, kebudayaan dan musik.

Total Hadiah dalam Acara ini Total hadiah 38.880.000, berupa  Trophy, Sertifikat, Uang:  Juara 1 Sebesar Rp10.000.000, Juara 2 Sebesar Rp7.500.000, Juara 3 Sebesar  Rp6.000.000. Ada Kategrori Best player gitar, Best vocal, Best player bass, Best player keyboard, Best player drum dimana Masing – masing menapatkan uang sebesar Rp.1,5juta. (EH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1