Scroll to Top

Hari Kebangkitan Nasional yang ke 114 tahun digelar di Tugu Kebangkitan Nasional Kota Surakarta.

By admin / Published on Tuesday, 17 May 2022 17:02 PM / No Comments / 287 views

Hari Kebangkitan Nasional

Cadaazz.com – Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 114 tahun. Tanggal 20 Mei dipilih sejak 1948 oleh Presiden Soekarno karena bertepatan dengan tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908, yang memelopori pergerakan organisasi lainnya di bidang kebudayaan, sosial dan ekonomi.

Harkitnas diselenggarakan sebagai momen untuk bangsa Indonesia mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan, serta memperkuat kepribadian bangsa.

Panitia Hari Kebangkitan Nasional 2022 yang terdiri dari berbagai elemen bangsa akan menyelenggarakan acara peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin) Kota Surakarta pada Jumat, 20 Mei 2022 pukul 10. 00 WIB mendatang.

Ketua panitia, Nirmala Firdaus mengumumkan bahwa “Semangat Kebangkitan Nasional” dengan tagline “Bangkit Indonesia!” menjadi tema Hari Kebangkitan Nasional tahun ini.

Hari Kebangkitan Nasional

Tema tersebut mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan, merekatkan kembali persatuan dan kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik dalam menghadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus ketangguhan bangsa ini.

“Semangat kebangkitan nasional wajib digaungkan kembali dan perlunya persatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku, ras, antar golongan serta mempererat kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik,” tutur Nirmala Firdaus dalam jumpa pers yang berlangsung di kantor Deteksi Production, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

“Kami adakan acara di Solo, karena disanalah dimana berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan bersatu dan mewujudkan tekadnya untuk Indonesia merdeka dengan membangun Tugu Lilin pada peringatan 25 tahun kebangkitan nasional pada tahun 1933 silam,” kata Sekretaris Panitia, Jeff Sondakh.

Acara ini juga akan mengundang pimpinan daerah Kota Surakarta, pimpinan Provinsi Jawa Tengah, dan tokoh-tokoh nasional. (TS).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1