Scroll to Top

Fokus Dalam Bermusik, “Serdadu Sam” Luncurkan Mini Album Bertajuk “Rencana Tiga Belati”.

By admin / Published on Friday, 21 Jan 2022 00:09 AM / No Comments / 100 views

Serdadu SamCadaazz.com – Setelah merilis singel perdananya yang bertajuk “Kami Adalah Badai” pada pertengahan tahun lalu, Serdadu Sam kembali dengan album mini Rencana Tiga Belati. Dirilis pada 21 Januari 2022 dalam format digital lewat kerja sama dengan label rekaman demajors.

Serdadu Sam merupakan sebuah proyek solo yang berpusat pada seorang pria bernama kmacallo, namun pendekatan ekspresi musiknya secara tradisional lebih dekat dengan pola grup band. Maka dalam proses produksi dan untuk kebutuhan live, Serdadu Sam selalu berkolaborasi dengan berbagai teman musisi yang dianggap sesuai dengan konsep musiknya.

Rencana Tiga Belati sudah tersedia dan bisa dinikmati di berbagai platform streaming digital, dengan focus track “Agrippina”, dan lagu penyerta seperti versi live dari singel pertama “Kami Adalah Badai”, dan juga instrumental yang diberi judul “Selamanya Badai”.

Pengerjaan album mini ini dilakukan selama masa pandemi. Serdadu Sam bahkan tidak pernah bertemu langsung dengan beberapa musisi yang mengisi sesi rekaman. Ia dan sang produser, Fay Ismail, hanya memberikan arahan dan sedikit petunjuk mengenai bagian-bagian yang perlu diberikan penekanan khusus.

Dengan bermodalkan arahan tersebut, kebebasan merespon diberikan kepada para musisi untuk mengisi dan meninggalkan jejak khas mereka dalam lagu-lagu. Terbungkuslah tiga trek bernas dalam Rencana Tiga Belati.

Tahun 2022 ini, Serdadu Sam berencana untuk lebih banyak memperkenalkan musiknya lewat penampilan live. Ia juga akan memulai proses produksi kembali, lalu merilis beberapa lagu sebelum akhirnya merilis album debut pertamanya nanti.

Serdadu Sam

Profil Singkat Serdadu Sam

Kata serdadu identik dengan makna pejuang atau petarung. Fakta menarik lainnya dari kata serdadu adalah berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia bermakna “orang yang kelihatannya selalu bergaya tapi pekerjaannya berat dan berbahaya”. Sebagai seorang penggemar penyanyi bergenre crooners, nama Sam dari Serdadu Sam diambil dari nama Sam Saimun, salah satu crooner legenda Indonesia.

Ialah kmacallo, sosok dibalik moniker Serdadu Sam ini. Suatu proyek musik yang mewadahi yang bersangkutan untuk memproduksi dan memainkan lagu-lagu yang ia ciptakan. Awalnya ia pernah mempunyai band bersama teman-teman kampus di Bandung sekitar tahun 1997-2001 yang selain memainkan tribute Morrissey, The Smiths, pun lagu-lagu ciptaan sendiri. kmacallo menciptakan sebagian besar lagunya. Sampai suatu saat lagu yang ia ciptakan sempat menjadi nomor satu di program indie chart salah satu radio swasta di Bandung, dan setelah itu band ini sempat mengalami beberapa kali proses dipanggil oleh record label.

Namun, band ini tidak pernah benar-benar rekaman karena personilnya sudah lulus dan mulai bekerja. Semenjak itu, kmacallo merasa ada suatu hutang pada dirinya yang harus dibayar suatu saat nanti, yaitu untuk memproduksi dan merilis lagu sendiri. Akhirnya di masa pandemi kemarin ia memberanikan diri untuk mulai memproduksi lagu yang ditulis, “Kami Adalah Badai” dan “Agrippina” dibantu oleh Fay Ismail sebagai produser.

Satuan karya ini diisi oleh olahan dari tembang debut Serdadu Sam yakni ‘Kami Adalah Badai’ dan materi terbarunya yang disisipkan di sini, ‘Agrippina’. ‘Agrippina’ merupakan intepretasi Serdadu Sam terhadap suatu bagian dari sejarah Romawi, dimana dalam hidupnya Agrippina dikenal sebagai salah satu wanita paling berpengaruh dan berkuasa dalam sejarah.

Agrippina terkenal sangat ambisius, licik dan tak segan melakukan apapun termasuk membunuh orang-orang di dekatnya untuk mendapatkan atau menjaga kekuasaan. Lagu ini dibagi menjadi 3 bagian, dimana masing-masing bagian menceritakan mengenai Agrippina dari sudut pandang 3 orang yang menjadi bagian penting dalam hidup dan ambisinya, yaitu Kaisar Caligula, Kaisar Claudius dan Kaisar Nero. Kisah Agrippina ini menjadi menarik untuk dijadikan lagu karena karena Serdadu Sam percaya pada dasarnya Agrippina hidup di dalam hati dan pikiran semua orang. Selama orang itu punya ambisi, maka ada Agrippina dalam dirinya dan tergantung bagaimana kita bisa mengendalikan diri untuk tidak menjadi orang yang curang dan siap “membunuh” demi keuntungan dan kepuasan Pribadi. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1