Scroll to Top

“BURDN”, kembali merilis karya album yang bertajuk “Pretty Dead”.

By admin / Published on Sunday, 19 Dec 2021 14:01 PM / No Comments / 153 views

Pretty DeadCadaazz.com – Setelah merilis single perdananya, singer/songwriter dan produser, BURDN, kembali merilis karyanya dalam bentuk album yang bertajuk Pretty Dead. Album berisikan 10 lagu ini merupakan refleksi dari kehidupan pribadi BURDN dan merupakan jendela bagi dunia untuk dapat melihat ke dalam diri BURDN.

“Album ini gua dedikasikan buat diri gua sendiri. Album ini juga gua tulis sebagai bentuk coping mechanism karena semenjak pandemi ini dimulai gua sering sendiri dengan pikiran yang bermacam-macam. Karena gua juga ga bisa ngobrol sama siapa-siapa, gua memutuskan untuk bercerita melalui lagu-lagu yang gua tulis untuk album ini.” Ujar BURDN mengenai latar belakang lahirnya Pretty Dead.

Pada album perdananya, BURDN berusaha untuk membuat arasemen yang sederhana tanpa terlalu banyak menambahkan detail-detail yang tidak terlalu penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat langsung tersampaikan kepada pendengarnya. BURDN masih tetap dengan aransemen pop-punk/emo yang memang menjadi kiblat utamanya dalam bermusik, ditambah dengan berbagai synth dan pad sebagai sentuhan personal.

“Gua berusaha untuk membuat arasenmen yang sederhana di album ini tanpa nambahin kebanyakan elemen yang sebenernya ga terlalu kedengeran di final mixnya. Bagian menarik di album ini adalah gua menggunakan pad seperti di lagu ‘beholden’ dan ‘yes, this ballad is about u’ sebagai pilar utama kedua lagu tersebut.”

Proses pengerjaan album Pretty Dead dilakukan secara mandiri oleh BURDN selama 4 bulan. Semua penulisan lirik dan pembuatan demo dimulai pada Mei 2021 hingga proses finalisasi pada Agustus 2021. Beberapa lagu dalam Pretty Dead sendiri juga merupakan kompilasi dari demo-demo yang pernah ditulis sebelumnya oleh BURDN untuk grup musiknya terdahulu, Asthenic. Selain itu, Pretty Dead juga memuat lagu-lagu yang sebelumnya sudah pernah ditulis tapi belum sempat terealisasikan.

Pretty Dead

Pretty Dead merupakan hasil dari BURDN yang berusaha untuk mulai menulis dan bermusik lagi karena sebelumnya terhalang oleh pandemi.

“I want people to see the thoughts inside my head. Album ini merupakan sebuah manifesto. Pengalaman gua dalam cinta, depresi, dan membenci diri sendiri. Gua juga pengen nantinya mereka yang dengerin Pretty Dead punya interpretasi masing-masing tentang liriknya. Kalo satu orang aja bisa relate dengan lagu di album ini, gua ngerasa udah accomplish sesuatu di hidup gua.” Jelas BURDN.

Album perdana BURDN – Pretty Dead sudah bisa didengarkan di layanan streaming digital seperti Spotify, Apple Music, JOOX, Resso, YouTube Music, Langitmusik, Deezer dan lain-lain mulai 3 Desember 2021. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1