Scroll to Top

“Vira Talisa” Bernostalgia Dengan “Makna Nostalgia” Karya Candra Darusman.

By admin / Published on Wednesday, 08 Dec 2021 08:00 AM / No Comments / 159 views

Makna NostalgiaCadaazz.com – Kali ini Makna Nostalgia direkam ulang oleh Vira Talisa, salah satu singer-songwriter Indonesia yang beberapa tahun ini sangat produktif berkarya dan memiliki fan-based kuat di antara pencinta musik Indonesia.

Signature Music Indonesia bekerja sama dengan demajors merilis sebuah singel karya cipta Candra Darusman yang berjudul “Makna Nostalgia”, dengan lirik ditulis oleh Emma Madjid, Makna Nostalgia pertama kali direkam oleh Candra Darusman pada tahun 1981, yang masuk dalam album solonya “Kekagumanku”.

Kali ini Makna Nostalgia direkam ulang oleh Vira Talisa, salah satu singer-songwriter Indonesia yang beberapa tahun ini sangat produktif berkarya dan memiliki fan-based kuat di antara pencinta musik Indonesia.

“Bagi saya, Om Candra Darusman adalah salah satu sosok yang menginspirasi saya dalam menulis lirik lagu dan juga musik. Karya-karya beliau sangat catchy namun kompleks dengan ciri khas tersendiri, mungkin itu yang menjadikan om Candra salah satu pencipta lagu-lagu all-time-classics yang masih dinyanyikan sampai hari ini”, pendapat Vira Talisa tentang Candra Darusman.

Mengenai proses produksinya, Vira mengungkapkan bahwa dirinya dan Nikita Dompas (penata musik) berdiskusi hanya dalam 1 pertemuan daring yang berlanjut ke workshop dan rekaman: “Sangat simple dan singkat, mungkin karena referensi musik mas Nikita dan saya yang beririsan, jadi semua prosesnya begitu cepat dan mudah.”

Menurut Vira Talisa, lagu Makna Nostalgia menceritakan tentang keindahan mengenang sesuatu di masa lalu yang lucunya, memberi arti kalau “mengenang” itu tidak selalu sedih. Ada rasa yang manis, mungkin sebuah apresiasi terhadap seseorang atau moment di masa lalu. Kebebasan berekspresi dan berkarya dalam proses produksi ini juga yang membuat Vira Talisa melakukan sebuah “personal touch”, menginterpretasikan chorus lagu Makna Nostalgia menjadi sebuah narasi yang ia terjemahkan dan bacakan dalam bahasa Perancis.

Makna Nostalgia

Dikemas cantik, aransemen Makna Nostalgia dikerjakan oleh gitaris dan produser musik Nikita Dompas, ”Mengambil konsep ‘jazz quartet with vocal’ yang modern, dengan aransemen sengaja dibuat lebih ‘longgar’ dibanding versi aslinya sehingga memberi ruang yang lebar bagi vokal Vira Talisa untuk lebih ‘bersinar’” jelas Nikita mengenai aransemennya.

Hal itu diamini oleh Candra Darusman yang menganggap aransemen versi baru ini berhasil membuat isi lagu lebih modern dan membawa unsur jazz. “Tidak heran bisa demikian, kalau sang penata musik sekaligus produsernya adalah Nikita Dompas, yang memang jeli dalam membuat sebuah lagu bertambah enak! Pemilihan Vira sebagai penyanyi juga sangat pas, baik timbre suara maupun artikulasinya seakan membungkus sempurna lagu ini.

Ide Vira menambahkan monolog berbahasa Prancis juga sangat melengkapi lagu ini dengan rasa ‘nostalgia’”, pungkas Candra Darusman sembari menceritakan latar belakang pembuatan melodi Makna Nostalgia sebagai musikalisasi dari puisi Emma Madjid sang penulis syair: “Saya tergerak untuk membuat melodi atas syair yang sudah jadi sebelumnya, karena isi syair yang sangat bagus dan bermuatan perasaan yang ada di hati seseorang”.

Panji Prasetyo, Produser Eksekutif dari Signature Music Indonesia menyatakan bahwa Makna Nostalgia adalah tipikal lagu ciptaan Candra Darusman yang simple tapi indah dan memiliki kedalaman. “Kami melihat Vira Talisa sebagai musisi/penyanyi generasi baru yang punya identitas & karakter kuat yang membuatnya berbeda”, ditambahkan oleh Panji mengenai pemilihan Vira Talisa sebagai vokalis lagu ini.

Makna Nostalgia

Mengiringi rilis lagu Makna Nostalgia secara digital di semua digital service provider, Signature Music Indonesia dan demajors juga merilis video musiknya yang disutradarai oleh Athpal Paturusi. “Saya menangkap makna dari ‘Makna Nostalgia’ ini sebagai sebuah kenangan mendalam akan seseorang, sehingga saat orang tersebut hilang dari hidup kita dan walau kenangannya hilang dimakan waktu, tetap ada sebagian kecil darinya yang ingin kita simpan karena begitu bermaknanya kenangan tersebut”, dijelaskan oleh Athpal.

“Itu semua saya visualisasikan ,melalui seorang perempuan yang mengendarai mobil sambil membawa barang-barang kenangan mantan kekasih, di mana ia memberikan barang-barang tersebut ke berbagai orang tak dikenal yang ditemuinya sepanjang perjalanan. ‘Orang-orang yang tak dikenal’ tersebut, pada kenyataannya, justru kami gunakan cameo dari beberapa orang terkenal”, tambah Athpal. Video musik Makna Nostalgia dengan penampilan cameo orang-orang terkenal ini diharapkan dapat menjadi penyempurna lagu sekaligus menggambarkan musik karya seorang legenda Candra Darusman yang diharapkan dapat diterima oleh beragam khalayak pencinta musik Indonesia.

Makna Nostalgia merupakan singel ketiga dari album “Detik Waktu #2 – Perjalanan Karya Cipta Candra Darusman” yang saat ini sudah masuk proses final mixing & mastering dan akan diedarkan di awal tahun 2022.

Album ini merupakan sebuah album berisi lagu-lagu karya cipta dari Candra Darusman dan merupakan sebuah “sequel” (kelanjutan) dari album yang dirilis sebelumnya di tahun 2018, yakni “Detik Waktu”, yang meraih dua AMI Award, penghargaan tertinggi dalam dunia musik Indonesia pada tahun 2018 sebagai “Album Terbaik Terbaik” dan “Album Pop Terbaik”. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1