Scroll to Top

Cassette Store Day berhenti di tahun 2020, kini Berlanjut dengan “Indonesia Cassette Week 2021”.

By admin / Published on Friday, 15 Oct 2021 12:11 PM / No Comments / 79 views

Cassette Store dayCadaazz.com – Selain Record Store Day, ada satu event lagi yang ditunggu-tunggu oleh pecinta Rilisan Fisik di seluruh dunia yaitu Cassette Store day. Event yang mulai terbentuk pada tahun 2013 ini, digagas oleh beberapa record label di Inggris. Event ini terinspirasi dari Record Store Day yang sudah terbentuk lebih dulu, yaitu tahun 2007 di Amerika.

Di Indonesia sendiri, Event Cassette Store Day sendiri juga sudah diadakan sejak tahun 2013. Event ini dilaksanakan oleh beberapa pecinta rilisan fisik, dan yang pertama menggagasnya adalah Dimas Ario. Lalu dilanjutkan oleh Jodi Setiawan dari Nanaba Records dan Nuki Nugroho dari High Fidelity Records dari tahun 2015. dan di Tahun 2018, Event Cassette Store Day, dilanjutkan oleh Satria Ramadhan dari Heyfolks! dan SRM.

Dan di tahun 2020, Para penggagas Cassette Store Day mengumumkan bahwa event ini dibubarkan. Seperti dikutip di Bio Instagramnya @cassettestoreday : “Cassette Store Day Has Retired. Thanks for All The Great Years! Follow our friends Cassette Week for all your cassette needs!”.

Cassette Week, adalah sebuah event pengganti Cassette Store Day, yang digagas oleh Label Kaset Tapehead city dari Inggris. Mereka mengumumkan tanggal berlangsungnya event ini, yaitu dari tanggal 10 – 16 Oktober 2021. Dan di Indonesia, Event Cassette Store Day juga tetap melanjutkan event ini dan berubah nama menjadi Indonesia Cassette Week. Tahun ini adalah tahun pertama event ini diadakan. Event ini akan diadakan pada Tanggal 16 & 17 Oktober 2021 di Heyfolks! (Store Tangerang) yang berada di dalam sebuah restoran outdoor bernama Sandwich Attack, di Jalan Taman Hiburan No.4, Tangerang. Event ini terdaftar di cassetteweek.com.

Yang menarik dari Indonesia Cassette Week 2021 ini adalah, ada beberapa rilisan yang dirilis secara eksklusif, untuk event ini. Band asal Amerika, The Pains Of Being Pure At Heart dan The Natvral merilis albumnya dibawah label Heyfolks! dalam format kaset. Lalu ada Kompilasi ‘Fresh Meat‘, yang berisikan 14 Emerging Band kota Yogyakarta, yang dirilis dibawah label Rilisan Fisik dan Koloni Gigs. Label La Munai dan Anoa Records juga turut meramaikan Event ini dengan menitipkan koleksi rilisan Kaset mereka. Dan sedikitnya ada 10 Tenant dari berbagai Record Store di Jabodetabek yang akan berjualan di event ini.

Event ICW2021 ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan DJ dan Selecter dari Ibukota, salah satunya ada Pemuda Sinar Mas, seorang DJ yang memainkan format Kaset, lalu ada penampilan dari beberapa Band yang tampil memutarkan lagu-lagu favorit mereka (DJ Set) Petaka, Irama Pantai Selatan , Tabrak Lari dan Purpla.

Selain di Tangerang, Event ini juga diadakan di kota lainnya di Indonesia, seperti di Bali, Salatiga, Yogyakarta dan Makassar. Mereka semua berharap agar event ini terus berlangsung, agar dapat melestarikan kelangsungan hidup Format Rilisan fisik di Tanah air. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1