Scroll to Top

“Lanlan Strangers” bassist additional Noah rilis single kedua berjudul “Vivid Dreams.”

By admin / Published on Friday, 16 Jul 2021 00:20 AM / No Comments / 68 views

Lanlan StrangersCadaazz.com – Bersama solo project IDIOFON yang sudah merilis single perdananya akhir tahun lalu, kini Bassist additional Noah, Lanlan Strangers kembali merilis single kedua berjudul Vivid Dreams.

Instrumentasi bass, gitar akustik, gitar elektrik, dan vokal yang dimainkan sendiri olehnya masih mengusung nuansa alternative rock yang khas dengan kekentalan Britpop era 90’an diciptakan dirinya sendiri bersama sang istri.

“Ide lagu ini muncul dari puisi yang dibuat istri saya. Selama pandemi ia jadi suka melukis dan menulis. Salah satu tulisannya adalah puisi dari obrolan kami berdua tentang putri kami yang selalu terbangun dari tidurnya di tengah malem, tidak pernah pules. Puisi itu berhasil membangkitkan kekhawatiran diri saya sebagai orang tua,” ungkap Lanlan

Seperti judulnya, Vivid Dreams menggambarkan kasih sayang orang tua kepada putrinya dalam bentuk kekhawatiran jika sang anak tidak memiliki mimpi atau bahkan orang tua tidak mendukung mimpi si buah hati.

“Kekhawatiran terbesar kita berdua sebagai orang tua adalah, apabila anak kita tumbuh tanpa mengejar mimpinya, atau lebih horornya gak punya mimpi sama sekali. Takut kalau kita sebagai orang tua tanpa disadari kurang mendukung anak kita mengejar mimpinya,” ungkap Lanlan.

Bersama IDIOFON, Lanlan mampu menghadirkan konteks kedewasaan pada lagu-lagunya. Hal ini juga dapat menjadi jawaban atas dinamika kehidupan musisi terus berlanjut menjadi fase kepala rumah tangga. Saat membentuk sebuah band dirasa mulai sulit, solo project adalah jawaban efektif untuk tetap melahirkan karya-karya yang terasa lebih dewasa dan erat hubungannya dengan perjalanan hidup.

Untuk itu Lanlan berencana mengumpulkan rilisan single dalam sebuah album yang sedang dipersiapkan. Di lagu ini Gio Guidi (sound engineer Noah) yang juga turut menata mixing dan masteringnya.

Lanlan Strangers

Lanlan yang sejak awal menempatkan karya-karyanya bukan untuk ditampilkan di atas panggung ini, berharap agar kelak lagu-lagunya mendapat tempat untuk menjadi kompilasi soundtrack film.

Mendengarkan Vivid Dreams, para orang tua diajak untuk menjaga kebahagian anak-anak dengan merawat mimpi-mimpi mereka. Lagu ini juga sekaligus menjadi perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli mendatang.

Saatnya masukkan Vivid Dreams di dalam Playlist. Sudah tersedia di berbagai digital streaming platform kesayanganmu.

Lanlan Strangers adalah seorang musisi yang terlahir dari skena musik indie tahun 2000-an di Bandung. Dia menulis semua 11 lagu untuk band pertamanya, Strangers yang kemudian merubah tipografinya menjadi STRNGRS. Album pertama Strangers bertajuk Everything Goes Automatic diluncurkan pada Januari tahun 2008 dan terdiri dari 10 lagu, sembilan lagu berbahasa Inggris, dan satu lagu berbahasa Indonesia berjudul Tangisan Ibu Pertiwi yang kemudian menjadi OST untuk film Minggu Pagi di Victoria Park garapan sutradara Lola Amaria. Menyusul single berikutnya dari STRNGRS berjudul Bonfire dirilis September tahun 2012 yang kemudian menjadi OST untuk program YouTube dan Televisi Jalan-Jalan Men.

Perjalanan musik membawanya untuk juga bermain bass bersama band dan artis-artis lain seperti band indie asal Bandung The Milo, compromised EGO yang digawangi oleh penyanyi jebolan X-Factor Indonesia Isa Raja, beberapa band cover version hingga akhirnya bermain bass untuk band Noah.

Influence musik Radiohead dan Thom Yorke bisa terdengar dari karya-karyanya bersama Strangers. Bahkan masih terdengar pada permainan bass dan nyanyian latarnya di band Noah hingga hari ini. Selain Radiohead, Lanlan pun tengah mengagumi dan menyelami musikalitas dan kekayaan literasi dari artis-artis kawakan seperti David Bowie, John Lennon, Bob Dylan, Bruce Springsteen dan Gordon Sumner atau Sting.

Setelah 20 tahun bergelut di dunia musik profesional, Lanlan akhirnya merilis solo pertamanya bernama IDIOFON dan sudah menghasikan dua single bertajuk Hindsight 20/20 (2020) dan Vivid Dreams (2021)

Lanlan adalah seorang musisi otodidak. Ia bermain bass, gitar, bernyanyi, sedikit piano dan drums bukan hasil dari pendidikan sekolah musik formal, melainkan hasil dari kecintaannya terhadap elemen-elemen musik yang pernah ia sentuh dan coba.

Lanlan menggambarkan musik IDIOFON sebagai retro-modern-alternative-rock dengan sentuhan nuansa musik british yang cukup kental. Lirik-lirik lagunya terlahir dari pemikiran yang mengalir ke dalam kata-kata setelah menyaksikan atau mengingat sesuatu yang menyentuh dan membangkitkan suatu perasaan yang kuat. Sesuatu yang dia anggap cukup penting untuk dimetamorfosakan ke dalam lagu. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1