Scroll to Top

Pianis Muda Jonathan Kuo Gelar Konser Virtual “The Russian Connections”.

By admin / Published on Wednesday, 24 Mar 2021 20:20 PM / No Comments / 446 views

Jonathan KuoCadaazz.com – Jonathan Kuo Kembali akan mengelar konser tunggalnya sebagai semangat berkaryanya di masa pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Hal ini di buktikan Jonathan dengan tak menyurutkan semangat dalam berkarya di dunia musik tanah air dengan mengelar konser streamingThe Russian Connetions”.

Jonathan Kuo melaksanakan konser streaming ini bersama Jakarta Sinfonietta di bawah pimpinan Iswargia R Sudarno pada 10 April pukul 19.30 WIB dan 11 April 2021 pukul 16.00 WIB.

Menurut Jonathan Kuo, Pianis klasik yang juga salah satu Young Steinway Artist dari Indonesia ini ada perbedaan antara konser dengan format online dengan tampil langsung dihadapan penikmat musik.

“Tentunya ada perbedaan antara pertunjukan online dan tampil di hadapan penikmat musik klasik. Biasanya bisa berinteraksi langsung dengan penonton dan sesama pemain,” kata Jonathan Kuo saat konferensi pers virtual, Selasa (23/3/21).

Bagi Jonathan Kuo, tampil dihadapan penikmat musik klasik sangat dirindukannya. Keterbatasan selama mematuhi protokol kesehatan, akhirnya Jo tetap berkarya dan berbagi keindahan musik klasik melalui live streaming.

Terhitung sudah empat kali, pria asal Bandung (Jawa Barat) ini menggelar resital online. Tiga diantaranya bersama Jakarta Conservatory of Music (JCoM) serta House of Piano (part of Steinway and Sons Indonesia).

Ada tiga karya yang akan dibawakan dalam konser The Russian Connections. Pertama, Konserto untuk piano dan orkestra dalam A Mayor, KV 488 – Wolfgang Amadeus Mozart (1756 – 1791). Kedua, Simfoni dalam C- Igor Stravinsky (1882 – 1971). Serta ketiga, Konserto untuk piano dan orkestra dalam C Minor, Op 18 – Sergei Rachmaninoff (1873 – 1943).

“Untuk karya Mozart dan Sergei Rachmaninoff akan dibawakan Jonathan dan orkes. Sedangkan untuk karya Igor Stravinsky akan dibawakan oleh orkes saja,” jelas Iswargia.

Rangkaian program ini menggambarkan secara singkat dan padat apa yang terjadi dalam permusikan di Rusia satu abad lalu. Sebagai alasan mengapa konserto piano karya Mozart dibawakan dalam program yang bertema musik Rusia.

“Karya ini bahkan mendampingi Stalin di tempat tidurnya ketika sedang menjelang ajalnya. Ini menunjukan bahwa tradisi musik Eropa Barat sangat mempengaruhi perkembangan musik di Rusia,” jelas Iswargia.

Jonathan Kuo

Karya lain yang dibawakan Jonathan Kuo bersama Jakarta Sinfonietta adalah salah satu konserto piano yang paling populer dan disukai oleh pencinta musik klasik di seluruh dunia, yaitu Konserto Piano No. 2 dalam C Minor karya Rachmaninoff.

“Karya ini dapat dikatakan sebagai karya Rachmaninoff yang paling berhasil dan paling diminati orang sepanjang masa. Ditulis setelah masalah depresi berat yang dialami Rachmaninoff atas kegagalannya dalam penulisan Simfoni No.1. Konserto piano ini didedikasikan untuk psikiaternya, Dr. Nicolai Dahl, yang berhasil menyembuhkan, bahkan akhirnya memberikan kesuksesan yang gemilang bagi Rachmaninoff,” tambahnya lagi.

Di antara kedua konserto piano tersebut Jakarta Sinfonietta akan memainkan Simfoni karya Stravinsky, seorang komponis Rusia yang walaupun hidup semasa dengan Rachmaninoff memiliki bahasa dan pemahaman musik yang saling bertolak belakang.

Iswargia pun menambahkan bahwa Konser adalah kegiatan kebudayaan yang harus selalu ada supaya cita rasa dan sensitivitas.

“Kita sebagai masyarakat selalu terjaga. Harapannya dengan menggelar konser online, bisa menjaga apresiasi masyarakat terhadap karya musik. Serta menjaga agar para musisi tidak kehilangan keterampilan, kreativitas dan mentalitas dalam bermusik. Karena konser sejatinya berbeda dengan latihan musik biasa,” pungkas Iswargia.

Bicara Target penonton, Jonathan tak pernah menghitung berapa banyak penonton yang akan melihat penampilannya di konser, yang terpenting ia bisa mengekspresikan semua di musik.

“Saya tidak berharap berapa banyak penonton konser saya atau viewers. Yang penting saya bisa berkarya dan mengekspresikan diri sendiri melalui musik yang luar biasa. Nggak berharap kalau saya, mau ada 5000 orang yang nonton atau berapa ribu orang ini. Saya hanya bermain piano  sih nggak ngelihat berapa orang yang tidak penting adalah bisa berikan terbaik dari tempat saya. Kalau kita Fokusnya ke berapa banyak penonton ya kata saya nggak ikhlas gitu, “tutup Jonathan.

Sebagai informasi tiket konser ‘The Russian Connections’ sudah bisa didapatkan melalui loket.com dimana bisa memilih kategori yang di sediakan, yaitu Kategori A (Rp.30.000), Kategori B (Rp.60.000) dan Kategori C (Rp. 100.000). (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1