Scroll to Top

Pianis Jazz Dunia “Chick Corea”, Meninggal Pada Usia 79 Tahun.

By admin / Published on Friday, 12 Feb 2021 14:37 PM / No Comments / 41 views

Chick Corea

Cadaazz.com – Chick Corea, seorang pianis jazz yang populer dengan 23 Grammy Awards yang mendobrak batas genre dan bekerja bersama Miles Davis dan Herbie Hancock, telah meninggal. Di usia 79 tahun.

Chic Corea meninggal pada hari Selasa karena menderita kanker yang langka, kabar  dari timnya yang memposting di situsnya. Kematiannya dikonfirmasi oleh web dan manajer pemasaran Corea, Dan Muse.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Corea meninggalkan pesan kepada penggemarnya: “Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di sepanjang perjalanan saya yang telah membantu menjaga api musik tetap menyala. Harapan saya bagi mereka yang memiliki firasat untuk bermain, menulis, tampil atau sebaliknya, lakukanlah. Jika bukan untuk diri Anda sendiri, maka untuk kita semua. Bukan hanya dunia membutuhkan lebih banyak artis, tetapi juga sangat menyenangkan. “

Chic corea adalah seorang artis yang sangat produktif dengan lusinan album, pada tahun 1968 Dirinya menggantikan Herbie Hancock di grup Miles Davis, bermain di album terkenal “In a Silent Way” dan “[Expletive] Brew.”

Dia membentuk grup avant-garde miliknya sendiri, Circle, dan kemudian mendirikan Return to Forever. Dia mengerjakan banyak proyek lain, termasuk duo dengan Hancock dan vibraphonist Gary Burton. Dia merekam dan menampilkan musik klasik, standar, solo original, Latin jazz dan penghormatan kepada pianis jazz hebat.

Dia dinobatkan sebagai National Endowment of the Arts Jazz Master pada tahun 2006. Dia anggota Gereja Scientology dan tinggal di Clearwater, Florida.

Drummer Sheila E memposting cuitannya di Twitter. “Pria ini mengubah hidup saya melalui musiknya dan kami bisa bermain bersama berkali-kali. Saya sangat beruntung memanggilnya sebagai keluarga saya,” tulisnya, “Cewek, kamu sangat dirindukan, musik dan cahaya cemerlang kamu akan hidup selamanya. “

Tahun lalu, Chic Corea merilis album ganda “Plays“, yang menangkapnya di berbagai konser hanya dengan menggunakan pianonya.

Chick Corea

Chic Corea adalah artis dengan Grammy jazz terbanyak dalam sejarah pertunjukan selama 63 tahun, dan dia memiliki kesempatan untuk menang secara anumerta di pertunjukan 14 Maret, di mana dia dinominasikan untuk solo jazz improvisasi terbaik untuk “All Blues” dan album instrumental jazz terbaik untuk “Trilogi 2.”

Lahir di Massachusetts dan mulai belajar piano pada usia 4 tahun. Tapi dia tidak bisa melanjutkan pendidikan formal dan keluar dari Universitas Columbia dan Sekolah Juilliard. Dia memulai karirnya sebagai sideman.

Chic Corea suka mengundang sukarelawan ke atas panggung selama konser tunggal, mendudukkan mereka di dekat pianonya dan membuat puisi bernada subyektif dan spontan tentang orang tersebut. “Ini dimulai sebagai permainan – mencoba menangkap sesuatu yang saya lihat dalam musik,” katanya kepada AP. “Saat saya bermain, saya melihat mereka beberapa kali seperti seorang pelukis. Saya mencoba untuk melihat apakah, saat saya bermain, apakah mereka setuju dengan apa yang saya mainkan? Apakah mereka berpikir bahwa ini benar-benar potret mereka? Dan biasanya mereka melakukannya. “

Akhir tahun lalu, Chic Corea bekerja memiliki dua komisi: Konserto trombon untuk New York Philharmonic dan konser perkusi untuk Orkestra Philadelphia. “Saya tertarik pada sesuatu dan kemudian saya mengikuti minat itu. Dan begitulah musik saya keluar,” katanya kemudian. “Saya selalu mengikuti minat saya. Itulah cara hidup saya yang sukses.”

Dia juga mulai mengajar secara online, membuat Chick Corea Academy untuk menawarkan pandangannya tentang musik dan berbagi pendapat orang lain, mengajukan pertanyaan dan mengobrol dengan tamu. Ia berharap para siswanya akan mengeksplorasi kebebasan berekspresi dan berpikir sendiri.

“Apakah setiap orang harus menyukai apa yang saya suka? Tidak. Dan itulah yang membuat dunia berputar bahwa kita semua memiliki suka yang berbeda,” katanya. “Kami berkumpul dan berkolaborasi.”

Chic Corea meninggalkan istrinya, Gayle Moran, dan seorang putra Thaddeus. (APMF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1