Scroll to Top

“Samawe Adventure” Lahirkan Misi Peduli Alam Melalui Ekspedisi 30 Summits.

By admin / Published on Monday, 21 Dec 2020 15:25 PM / No Comments / 62 views

Samawe Adventure

Cadaazz.com – Sebuah komunitas pecinta dan peduli alam yang tergabung dalam “Samawe Adventure” akan melakukan misi ekspedisi yang ditujukan untuk memberikan dukungan terhadap pariwisata nasional. Komunitas yang dibentuk oleh R. Bambang Adiwijaya (Awe) dan Ramdani Salim (Epe) ini telah berpengalaman melakukan pendakian gunung sejak tahun 1996.

Misi yang diberinama “Ekspedisi 30 Summits” yang digagas oleh Awe sejak 2016 ini akan menampilkan sebuah kegiatan pendakian 30 gunung di Indonesia dari Sabang sampai Merauke dalam rentang waktu 1 tahun. Misi ini mempunyai tujuan mulia yaitu mengeksplorasi keanekaragaman alam dan budaya, merangkum dalam karya serta promosi pariwisata Indonesia.

Harry Koko Santoso selaku penasihat di struktur komunitas Samawe Adventure dalam jumpa pers bersama rekan – rekan media menyatakan bahwa selain mempunyai misi untuk menjaga lingkungan dan alam di gunung – gunung yang akan mereka sambangi, mereka juga punya tanggung jawab moril sebagai penggiat alam untuk menjaga kebersihan gunung tanpa sampah plastik.

“Ekspedisi Samawe Adventure ini akan diselenggarakan mulai dari bulan Mei 2021 mendatang hingga Mei 2022”, jelas Harry Koko Santoso.

Ekspedisi 30 Summits ini bermula saat Awe mendengarkan ucapan seorang khatib shalat Jumat beberapa tahun lalu yang berisi tentang

”Melakukan suatu kebaikan itu tidak memilih tempat, dari manapun dan kapanpun kita bisa menyuarakan kebaikan sesuai dengan rutinitas yang kita jalani”.

Samawe Adventure

“Kita siap mengaplikasikan berbuat baik di Ekspedisi 30 Summits tersebut dengan menjaga kelestarian gunung sambil membuat dokumentasi dan membuat literasi tentang gunung dan desa adat yang kami lewati”, jelas Awe lagi.

Iwan Kurniawan selaku pendaki utama di ekspedisi ini menjelaskan bahwa team yang seluruhnya berjumlah 12 orang dengan 3 orang pendaki utama, 2 videografer dan sisanya sebagai team pendukung akan melakukan persiapan fisik dan aklitimasi iklim yang intensif.

“Kick off akan dimulai dari gunung Leuser, Aceh dan berakhir di gunung Cartenz, Papua“, terang Iwan

Humas Samawe Adventure, Gigih Adi Prabowo menjelaskan bila ekspedisi ini akan dibagi jadi tiga etape. Pertama, lima gunung di Sumatera. Kedua, 17 gunung di Jawa, Bali, Lombok Nusa Tenggara dan 8 gunung di Kalimantan, Sulawesi, Ambon dan Papua.

Ada yang berbeda dalam Ekspedisi pertama Samawe Adventure ini, ekspedisi ini juga mengajak musisi Denny Frust terlibat langsung dalam pendakian. Rencananya Musisi yang memiliki julukan “The Prince of Ska Indonesia” Ini akan ikut perjalanan di Gunung Merapi (Jawa Tengah) dan Gunung Marapi (Sumatera Barat).

“Tertarik ikut dalam ekspedisi ini. Karena mereka komunitas yang luar biasa, menaklukan 30 gunung di Indonesia. Ide ‘gila’ inilah yang buat saya penasaran. Soal mendaki kemungkinan hanya beberapa gunung yang akan saya daki bersama tim. Karena saya bukan pendaki gunung jadi saya ikut intruksi tim mana saja gunung yang memang menurut mereka aman untuk saya daki,” aku Denny

“Meski Saya ga ikut mendaki semua gunung dalam Ekspedisi ini, tapi semangat saya sama seperti tim pendaki Samawe adventure,” tandas Denny yang juga akan membuatkan lagu theme song untuk menyemangati dan mensupport team ekspedisi ini.

Dalam Ekspedisi 30 Summits ini akan menghasilkan tiga output penting. Yaitu, jurnal perjalanan, dokumentasi 30 gunung dan buku. Dokumentasinya sendiri akan tayang secara berkala di Youtube Channel Samawe Adventure. @fransiscuseko19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1