Scroll to Top

Pendewasaan Diri “Sivia Azizah” di Debut Album ” Love Spells”.

By admin / Published on Saturday, 12 Sep 2020 00:01 AM / No Comments / 210 views

Cadaazz.com – Sivia Azizah, penyanyi berusia 23 tahun merilis debut albumnya dimasa Indonesia sedang mengalami pandemi Covid 19.

Album “Love  Spells” milik Sivia Azizah berbicara soal pendewasaan dirinya dan tentang mempercayai proses.

“Album ini menceritakan tentang proses pendewasaan diri gue – tentang gue dan orang-orang yang ada di sekeliling gue, berdasarkan sudut pandang gue.”jelas Sivia Azizah di jumpa pers virtual, Jumat (11/9/20).

Patah, tumbuh, patah, terus tumbuh lagi. Itu yang gue ceritakan di sini. I do believe in the process,” jelas Sivia Azizah

Disamping itu, proses pendewasaan Sivia sebagai penyanyi juga ia tunjukkan lewat kematangan vokalnya di album ini. Dibandingkan dengan karya – karyanya terdahulu, vokal Sivia sudah beranjak pesat, kali ini merepresentasikan dirinya yang sekarang.

Meski semua lagu di album “Love Spells” milik Sivia Azizah berbahasa Inggris, namun liriknya justru berbahasa Indonesia.

Hal ini dilakukan Sivia bukan tanpa alasan, karena menurut Sivia dengan lirik berbahasa Indonesia ia lebih mudah menyampaikan pesan dalam semua lagunya.

“Gue memperlakukan sebagian besar judul lagu-lagu gue di sini sebagai kiasan. Gue ingin mengajak para pendengar lagu-lagu gue untuk benar-benar menyimak apa yang ingin gue sampaikan di liriknya,” jelas penyanyi kelahiran 14 Februari 1997.

“Membuat lirik lagu berbahasa Indonesia itu lebih susah loh dibandingkan bikin lagu dengan lirik bahasa inggris,”ujar Sivia Azizah.

Bicara proses pembuatan album debut Sivia Azizah ada yang unik, karena kendala pandemi Covid – 19 dimana ada aturan PSBB, tiga lagu yang direkam menggunakan bedcover.

“Gue kan agak gaptek, dan males ribet sama yang namanya kabel dan lainnya, terus gue nanya gimana caranya merekam di rumah dengan alat seadanya. Akhirnya gue pake Bed cover buat nutupin jendela dan gue selimuti diri gue dan mulai nyanyi deh,”cerita Sivia Azizah.

“Kondisi pandemi ini yang membuat kreatifitas gue terbatas, tapi ya memang harus di lakukan biar kita tetap bisa berkarya dan akhirnya album ini rilis,”tambah Sivia.

Debut album penuh tersebut merupakan hasil keputusan Sivia untuk kembali berkarya.

Menurut penyanyi yang pernah tergabung sebagai personil Blink, merilis album adalah caranya untuk memantapkan diri dalam bermusik.

Love Spells digarap selama kurang lebih 1 tahun, dalam pengerjaannya Sivia turut melibatkan nama-nama seperti lain Petra Sihombing, Iwan Popo, Asta Andoko (RAN), Teddy Adhitya, hingga Handy (Soulvibe).

Menurut Sivia, nama-nama tersebut dirasa mampu untuk memenuhi keinginannya agar bisa bereksperimen dan mencari tahu gaya musik apa yang ia suka dan yang ingin dibuat.

Hadirnya nama-nama di atas juga mendatangkan tantangan tersendiri bagi Sivia, tentang bagaimana membuat lagu pop yang berkolaborasi dengan nama-nama yang punya gaya penulisan dan warna musik berbeda. Selain itu, sebagai pecinta harmonisasi Sivia pun turut menghadirkan choir di seluruh lagunya.

Album Love Spells terdiri dari 9 lagu, termasuk sebuah intro instrumental juga 3 single yang sudah terlebih dulu dirilis pada tahun 2019 dan beberapa waktu lalu “New York”, “Storm” dan “Love Jokes”.

Love Spells bisa dibilang merupakan album musik pop yang kental dengan pengaruh RnB dan soul. Pemilihan gaya musik ini berasal dari ketertarikannya yang besar terhadap jenis musik tersebut. Walaupun tumbuh dikelilingi musik jazz karena pernah belajar di sekolah musik, Sivia kemudian menemukan keselarasan antara karakter suaranya dengan musik pop dan RnB, seiring perjalanan karir bernyanyinya.

Lagu – lagu di dalam Album Love Spells sudah bisa di dengar dan di download disemua platform digital musik. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1