Scroll to Top

‘Dam Dam Pop!’ Sebuah Persembahan Dari “Harlan Boer” dan “Bangkutaman”.

By admin / Published on Tuesday, 11 Aug 2020 16:14 PM / No Comments / 89 views

Cadaazz.com – Agustus 2020 – Sebuah unit pop alternatif telah lahir, sebuah kolaborasi antara dua entitas, yaitu bangkutaman dan singer-songwriter Harlan Boer bernama Dam Dam Pop! . Album debut mereka, diedarkan secara resmi lewat layanan streaming musik, Mulai tanggal 6 Agustus 2020, oleh SRM Bookings And Services.

Sebelumnya, Format Kasetnya juga sudah dirilis oleh Paviliun Records. Album Dam Dam Pop! hadir berisi 7 lagu karya original mereka yang ditulis selama tahun 2019, dengan single yang sama dengan nama Projectnya, yaitu ‘Dam Dam Pop!’.

Dam Dam Pop! pertama kali tercetus dari gelaran Cassette Store Day 2019. Digagas pertama kali oleh Harlan Boer yang ingin membuat project khusus untuk gelaran tahunan internasional tersebut. Lalu Harlan mengajak bangkutaman untuk terlibat dalam project ini.

Gayung bersambut, bangkutaman menanggapi ide tersebut dengan mengajak latihan. Dari sesi latihan tersebut, terciptalah karya-karya musik baru hasil kolaborasi mereka berdua. Puncaknya, ada enam lagu yang berhasil direkam kemudian dikemas dalam format kaset mini album, diedarkan di ajang Cassette Store Day.

Direkam live di studio Palm House dengan engineer Pandji Dharma, Karya Dam Dam Pop! sendiri terpengaruh kuat antara musik-musik pop dari akhir 70an sampai pertengahan 90-an. Atau mereka menyebutnya ‘dari 76 ke 96’. Desainer Ratta Bil dari group band Bedchamber secara jelas menggambarkannya ke dalam artwork sampul dari album Dam Dam Pop!.

Semoga karya kolaborasi bangkutaman dan Harlan Boer dalam Dam Dam Pop! Bisa menambah khasanah musik Indonesia.

Bangkutaman, Berdiri di Yogyakarta di tahun 1999, bangkutaman telah menancapkan namanya di peta musik independen tanah air selama 21 tahun. Mereka telah membuat dua album. Album terakhir mereka, Ode Buat Kota (2010) dinobatkan sebagai Album Terbaik Versi Majalah Rolling Stone Indonesia tahun 2010. Sederet gig independent sampai festival bergengsi dalam dan luar negeri telah mereka ikuti. Dari Synchronize Festival di Jakarta sampai Baybeats Festival di Singapura. Saat ini mereka bersiap merilis album penuh ketiga mereka.

Harlan Boer adalah musisi asal Jakarta. Namanya harum bersama band yang dibentuknya, C’mon Lennon dengan lagu hit bertajuk “Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A” yang masuk dalam kompilasi klasik bertajuk JKT SKRG terbitan Aksara Records. Kini selepas C’Mon Lennon, Harlan bersolo karier dan membuat beberapa album. Album terakhirnya sebuah double album bertajuk Fidelitas Cinta. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1