Scroll to Top

Hindia Rilis Single” Setengah Tahun Ini” Sebagai Penutup Album Perdana.

By admin / Published on Friday, 17 Jul 2020 20:10 PM / No Comments / 492 views

Cadaazz.com – Single Penutup Album “Menari Dengan Bayangan” dirilis Hindia di tengah Pandemi Covid – 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Meski ditengah pandemi, Hindia justru melihat kondisi tersebut membuatnya mengubah menjadi karya musik.

Single milik Hindia ini berjudul “Setengah Tahun Ini” yang sudah dapat dinikmati di berbagai platform digital. “Setengah Tahun Ini” bercerita tentang manifestasi diri seorang Hindia yang bernama lengkap Baskara Putra selama satu semester 2020.

“Awalnya, lagu ini ditulis sebagai sebuah karya responsif dalam melihat kejadian besar yang berlangsung selama setengah tahun 2020,” jelas Baskara di peluncuran singlenya secara virtual, Rabu (15/7/20).

“Tiba suatu malam gue ambil gitar akustik, gue rekam seadanya, gue rekam vokal lalu gue kasih Rayhan di malam itu juga, itu sekitar tiga sampai empat minggu lalu,” cerita Hindia.

“Lagu ini kemudian malah merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang. Dalam proses penulisan, akhirnya diputuskan bahwa ‘Setengah Tahun Ini’ menjadi lagu untuk  menutup era Menari Dengan Bayangan ini merupakan alasan mengapa banyak lirik dalam “Setengah Tahun Ini” yang mengutip lirik-lirik lain dari album Menari Dengan Bayangan.”tambahnya.

Dalam “Setengah Tahun Ini”, kita akan mengunjungi kembali beberapa catatan kejadian besar tanah air semacam lika-liku penanganan pandemi, omnibus law yang bergerak secara senyap, kredibilitas staf khusus Istana yang dipertanyakan, sampai rasa kehilangan besar mendiang Glenn Fredly. Semua kejadian lingkup sosial tersebut dipadankan dengan catatan kejadian besar milik Baskara pribadi, yakni dirundungnya ia  oleh kebengisan cancel culture di dunia maya.

Lalu, Baskara secara sadar menyampul cerita-cerita tersebut dengan sikap penerimaan diri yang ia pernah curahkan di Menari Dengan Bayangan. Untuk itu, kita  akan menemukan kembali potongan lirik dari repertoar Hindia sebelumnya.

Dalam muatan aransemen atau musik, “Setengah Tahun Ini” memiliki asupan yang segar meski masih menjadi bagian dari perjalanan Menari Dengan Bayangan. Terdapat lapisan paduan suara yang menemani lajunya lagu ini, seakan turut membangun secara limpah ruah rasa mawas diri. Ada pula sisipan vokal serupa gaya rap selayaknya upaya penegasan cerita yang praktis.

Kedua elemen ini ditulis, direkam, dan dinyanyikan sendiri oleh Baskara dengan kembali membaurkan polesan sejawat musiknya yaitu Rayhan Noor, Wisnu Ikhsantama Wicaksana, dan Kunto Aji.

“Pada format awal, ‘Setengah Tahun Ini’ lebih ‘mirip’ disandingkan dengan berbagai lagu-lagu folk/akustik milik Iwan Fals atau ‘Membasuh’ jika disandingkan dengan katalog milik Hindia sendiri,” kata Baskara

“Namun dirombak ulang saat akhirnya tercetus ide untuk menciptakan sebuah aransemen track yang  menggunakan progresi chord dan elemen yang belum pernah digunakan oleh Hindia sebelumnya di Menari Dengan Bayangan.”ucap Hindia.

“Dalam menulis ‘Setengah Tahun Ini’, walau menggunakan contoh kejadian sosial maupun pribadi yang spesifik, saya ingin menggunakan lagu ini sebagai sebuah refleksi pribadi atas apa saja yang terjadi selama setengah tahun 2020 dan menggunakannya untuk menjadi pembelajaran di setengah tahun mendatang.” tutup Hindia. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1