Scroll to Top

Menyusul Sukses Album Sebelumnya, Dwiki Dharmawan Mempersembahkan Album Terbaru “Rumah Batu”.

By admin / Published on Tuesday, 14 Apr 2020 12:30 PM / No Comments / 287 views

Cadaazz.com – Menyusul momentum dan sukses album sebelumnya di tahun 2016, Dwiki DharmawanPasar Klewer” – sebuah album yang mendapat ulasan bintang 5 oleh Downbeat, All About Jazz, dan banyak lainnya – MoonJune Records dengan bangga mempersembahkan album baru yang fenomenal oleh keyboardist, komposer dan produser, Dwiki Dharmawan. Menjelajah dari pengaruh jazznya yang luas dan warisan budayanya yang kaya, maestro Indonesia ini menghasilkan karya seni yang memukau lagi!.

Penuh dengan komposisi petualang, aransemen yang gemilang, dan pertunjukan superlatif, album barunya bertajuk Dwiki Dharmawan “Rumah Batu” menjelajah kategorisasi – melampaui genre jazz progresif dan world music. Sementara rasa etnis yang beragam dan cukup berlimpah begitu bersahaja.Versi digital telah dirilis di akhir tahun 2018.

Dengan Produser eksekutif Bagus WIjaya Santosa dan Iga Indrawati (Farabimusic Bali), Di Indonesia Dwiki Dharmawan menggandeng DeMajors untuk merilis CD dan Vinyl yang kini semakin digemari kembali. Dengan dukungan bintang-bintang jazz internasional – termasuk virtuoso Prancis keturunan Vietnam, Nguyên Lê, pada gitar; bassis flamenco fretless yang legendaris, Carles Benavent dari Spanyol, pemain suling luar biasa, juga dari Indonesia, Sa’at Syah, musisi kawakan Inggris, Yaron Stavi [pada akustik bass ,drummer terkemuka Asaf Sirkis – rekaman ini menawarkan pandangan dan kejeniusan Dwiki sebagai pemain, arranger dan penulis lagu.

Album ini direkam di La Casa Murada sebuah studio yang terletak di lokasi yang tenang dan indah dari kawasan anggur Catalonia di Penedès, Spanyol, rekaman live di studio ini mengartikulasikan evolusi jazz yang berkelanjutan di abad ke-21.

Dwiki Dharmawan adalah salah satu tokoh musik Indonesia yang terkemuka : keyboardist multigenre, komposer, produser, aktivis perdamaian dan ikon budaya. Dengan karir yang membentang lebih dari 35 tahun dan pertunjukan di lebih dari 70 negara, Dwiki tetap menjadi salah satu insan industri yang populer dan direspek di negaranya.

Pada debutnya untuk MoonJune, para pendengar disuguhi musik musikal eksotis tingkat tinggi – menampilkan fusion, jazz dan tokoh-tokoh rock progresif, Chad Wackerman dan Jimmy Haslip, serta pemain biola legendaris, Jerry Goodman, bergabung dengan gitaris Indonesia, Dewa Budjana dan Tohpati. “So Far, So Close” menampilkan komposisi, pengaturan, dan pertunjukan yang penuh petualangan. Pecinta “era keemasan” fusion (dari pertengahan ’70 -an hingga pertengahan ’80-an) menemukan banyak hal untuk membuat mereka terpesona .

Rilis album selanjutnya, “Pasar Klewer,” melaju lebih tinggi – membuat Dwiki mendapat ulasan bintang 5 yang didambakan di majalah Downbeat yang ikonik, All About Jazz yang banyak dibaca dan sangat dihormati, serta review dari yang dihormati kritikus musik di seluruh dunia. Album ganda ini membintangi bintang-bintang bintang musik progresif yang sedang naik daun, termasuk beberapa karya gitar dunia lain dari musisi Inggris Mark Wingfield dan Nicolas Meier, dan beberapa karya yang luar biasa oleh seniman internasional terkenal, Gilad Atzmon .

Tumbuh di Bandung, Jawa Barat, rumah Dwiki terletak di belakang Konservatorium Musik Bandung. Secara teratur, dia mampir untuk melihat siswa menari dengan musik gamelan dan Angklung. Pengalaman ini sebagai seorang pemuda mengukir jalan yang memulai perjalanan panjang. Dwiki mempelajari musik klasik selama lima tahun sebelum mulai mengejar jazz pada usia 13, transisi yang membuatnya mengenal musik jazz mulai dari John Coltrane, Miles Davis dan Charlie Parker, hingga Weather Report dan Return To Forever.

Sebagai duta budaya negaranya yang tak kenal lelah, Dwiki terus menjelajah ke seluruh wilayah Indonesia yang luas dan beragam – menjelajahi, mendokumentasikan, dan merayakan keanekaragaman budaya Indonesia, sambil berjuang demi revitalisasi dan pemaparan lebih lanjut ke seluruh dunia. Dia merangkul banyak penyebab wilayah regional, membawa perhatian di mana diperlukan dan bekerja tanpa pamrih.

Keterlibatannya dalam mempromosikan Budaya dan Pariwisata Indonesia di seluruh dunia mencerminkan dukungannya bagi bangsanya. Dia juga menjabat sebagai anggota Dewan Kesenian Jakarta (2003-2009), Ketua AMI Awards (Indonesian Music Awards) dan Ketua Lembaga Manajemen Kolektif PAPPRI (LMK PAPPRI).

Sebagai pendukung gigih dari edukasi musik Indonesia generasi berikutnya, Dwiki mengelola Farabi Music Education Center. Berperan sebagai mentor, ia membantu mendidik dan mempromosikan talenta muda Indonesia menuju evolusi jazz yang berkelanjutan di abad ke-21 dan membentuk mendorong lahirnya banyak praktisi muda yang paling menjanjikan.

Asosiasi Dwiki dengan MoonJune Records yang berbasis di New York, sebuah label independent dengan sejarah panjang yang telah menghasilkan musik progresif, jazz dan world music terus berlanjut, dengan beberapa album baru yang lebih menggetarkan di cakrawala. Produser Musik Leonardo “MoonJune” Pavkovic mengatakan :

“Sama hebatnya dengan Pasar Klewer, saya pikir Dwiki telah melangkah lebih jauh ke dalam wilayah jazz yang belum dijelajahi dengan album baru (‘ Rumah Batu ‘). Saya telah menjadi penggemar berat jazz selama hidup saya – setelah mendengarkan ribuan dan ribuan album … ini adalah salah satu album jazz terhebat dan paling inovatif yang pernah saya dengar – oleh artis mana pun! “. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1