Scroll to Top

FESTIVAL POTEHI, Pertunjukan Wayang Potehi, Komunitas Salihara Dan Rumah Cinta Wayang.

By admin / Published on Monday, 27 Jan 2020 03:09 AM / No Comments / 170 views

Cadaazz.com – Budaya Tionghoa Peranakan sesungguhnya tidak bisa dipisahkan dengan aspek kehidupan kita. Kuliner, arsitektur, bahasa, sastra, seni rupa, teater hingga musik berbaur secara organik dengan budaya Nusantara selama berabad-abad. Hal inilah yang kemudian ikut membentuk budaya Indonesia secara keseluruhan.

Salah satu bukti pembauran yang perlu kita kenal adalah wayang Potehi, seni wayang boneka yang dibawa imigran dari provinsi Fujian, selatan Tiongkok pada abad ke-16. Wayang ini terbuat dari kain, berbentuk kantong dan dimainkan menggunakan kelima jari. Menariknya, selain membawakan cerita yang berasal dari Tionghoa, wayang Potehi juga bisa menampilkan kisah dari khazanah budaya Nusantara.

Tapi pada masa Orde Baru, ada diskriminasi terhadap masyarakat dan kebudayaan Tionghoa. Wayang Potehi pun terkena imbasnya. Setelah reformasi, diskriminasi tersebut akhirnya dihapuskan oleh Abdurrahman Wahid, Presiden RI keempat. Kini adalah saatnya melestarikan dan memperkenalkan kembali wayang Potehi kepada publik.

Sekaligus mengiringi perayaan Tahun Baru Imlek 2020, Komunitas Salihara dan Rumah Cinta Wayang menyelenggarakan Festival Potehi. Festival ini dimeriahkan pertunjukan wayang Potehi yang seru. Ada juga diskusi menarik tentang perkembangan budaya Tionghoa Peranakan setelah reformasi dan serba-serbi tentang wayang Potehi. Diskusi menghadirkan dalang wayang Potehi, peneliti dan pakar budaya Tionghoa seperti Udaya Halim dan Josh Stenberg yang didukung Kedutaan Besar Kanada di Indonesia.

Bersama festival ini kita akan melihat kembali budaya Tionghoa Peranakan dan merayakan keberagaman budaya Indonesia. Pertunjukan wayang Potehi adalah produksi Rumah Cinta Wayang (RCW) dan Komunitas Salihara. Festival ini berlangsung selama satu hari pada Sabtu, 01 Februari 2020.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, sila kunjungi www.salihara.org atau akun Twitter @salihara, Instagram @komunitas_salihara atau hubungi 021-789-1202, 0817-077-1913.

— Acara  ini tertutup dari pengambilan gambar dan video. Dokumentasi acara akan disiapkan oleh pihak Salihara. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1