Scroll to Top

Neil Ellwood Peart drummer RUSH, Tutup Usia Setelah 3 Tahun Berjuang melawan Kanker Otak.

By admin / Published on Sunday, 12 Jan 2020 16:51 PM / No Comments / 99 views

Cadaaz.com – Neil Ellwood Peart drummer RUSH band rock legendaris asal Kanada menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 7 Januari lalu di Santa Monica , California setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker otak (Glioblastoma) yang dideritanya.

Dilansir dari berbagai media musisi kelahiran 12 September 1952 ( 67 tahun ) adalah salah satu musisi yang paling berpengaruh di alam musik cadaazz.

Dikenal selain permainannya dan set up drum-nya yg unik (saat itu) , salah satunya dengan menggunakan tubulars bell. Banyak proyek musik, buku,video tutorial yang Neil hasilkan selama hidupnya dan menjadi inspirasi bagi drummer setelah era-nya.

Selama tahun-tahun awal di band, lirik Neil sebagian besar terfokus pada tema fantasi / fiksi ilmiah, meskipun sejak tahun 1980 ia lebih terfokus pada isu-isu sosial, emosional, dan kemanusiaan.

Pada tahun 2007, dia ditempatkan di posisi kedua pada majalah Blender sebagai “40 penulis lirik Terburuk Dalam musik Rock“. Namun, Allmusic telah menyebut Peart sebagai “salah satu penulis lirik paling berhasil dalam musik rock”.

Rush adalah band rock Kanada yang terdiri dari Geddy Lee (bass, vokal, keyboard), Alex Lifeson (gitar), dan Neil Peart (drum, perkusi). Dibentuk pada tahun 1968, band ini mengalami beberapa konfigurasi sampai tiba pada line-up terpanjang dan klasik ketika Peart menggantikan drummer asli John Rutsey pada Juli 1974, dua minggu sebelum tur pertama grup Amerika Serikat.

Rush terkenal dengan keahlian bermusiknya, komposisi yang kompleks, dan motif liris eklektik yang banyak menarik perhatian pada fiksi ilmiah, fantasi, dan filsafat. Gaya musik band telah berubah beberapa kali selama bertahun-tahun, dari awal hard rock yang terinspirasi blues, kemudian pindah ke progressive rock, dan termasuk periode yang ditandai dengan penggunaan synthesizer yang banyak. Pada awal 1990-an, Rush kembali ke suara hard rock yang digerakkan oleh gitar, yang berlanjut selama sisa karir mereka.

Rush mengumumkan rencana untuk menghentikan tur berskala besar pada akhir 2015, mengikuti kesimpulan dari Tur Live R40 mereka. Setelah hampir tiga tahun masa depan yang tidak pasti, Lifeson dengan enggan mengumumkan pada Januari 2018 bahwa band ini tidak akan dilanjutkan.

Setelah berjuang selama 3 tahun lebih, Neil Peart akhirnya meninggal karena kanker otak pada usia 67 tahun pada 7 Januari 2020. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1