Scroll to Top

Merdi Sihombing, Luncurkan Buku “Natural Dyes ‘A Breakthrough to Sustainable Fashion”.

By admin / Published on Friday, 06 Dec 2019 12:29 PM / No Comments / 353 views

Cadaazz.com – Setelah sukses dengan Eco Fashion nya baik di dalam maupun luar negeri, perancang busana Merdi Sihombing berusaha untuk terus memberikan edukasi pada masyarakat luas tentang Eco Fashion dengan kembali meluncurkan sebuah buku.

Sebelumnya pria yang merupakan penggagas Eco Fashion ini merilis buku pertama berjudul “Perjalanan Tenun“. Merdi Sihombing di akhir tahun 2019 kembali meluncurkan buku keduanya berjudul “Natural Dyes ‘A Breakthrough to Sustainable Fashion” ( Pewarnaan Alam ‘Jendela Menuju Mode Berkelanjutan‘).

Dalam buku keduanya kali ini Merdi Sihombing menyuguhkan dokumentasi keseluruhan rangkaian kegiatan Program ‘Live in Designer’, termasuk penjelasan ringkas terkait teori warna, tahapan proses pewarnaan alam dan membuat motif tenun. Sekaligus teknik memintal dan menenun, hingga siap untuk dipasarkan.

“Dalam buku ini bagaimana kita membicarakan mode berkelanjutan melalui pewarnaan alam yang ada di Indonesia. Pewarna alam ini kita dapat setelah kita datangi daerah terpencil dan hasilnya adalah nanti kita daftarkan untuk dipatenkan secara indikasi geografis karena ini menggunakan tumbuhan emdemis yang ada di tempat itu dan tidak ada di tempat lain.”ungkap Merdi Sihombing saat di temui disela acara Eco Fashion Week Indonesia (EFWI) Tahun 2019 bertema “Green Sustainable” 5 Desember-7 Desember 2019 sekaligus peluncuran bukunya di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/19).

Menurut Merdi, semua yang ia lakukan ingin membawa Indonesia diakui dimata dunia lewat Fashion ramah lingkungan.

“Saya suka Indonesia, semua background tentang Indonesia saya suka. Saya memang ingin jadi designer yang mengedukasi banyak pihak, penenun, perusahaan, semuanya. Jadi memang kita diberi berkat kita harus berbagi. Makanya saya tidak termasuk ke dalam asosiasi fashion, jadi saya bisa bergerak cepat. Tidak terikat, rebel dan anti mainstream.”terangnya.

Mengenai jumlah produk bukunya Merdi mengatakan untuk saat ini tidak diperjual belikan untuk umum, namun ia kan berencana untuk memproduksinya dan menerbitkan sendiri bukunya tersebut.

“Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia (Kemendes PDTT). Jadi tidak diperjualbelikan. Mudah mudahan secepatnya saya publish sendiri dan dibawa ke luar negeri. Rencana akan saya buat sekitar 600 kopi dibagi tiga seri buku pewarna alam. Tapi kalau memang ada sponsor meminta untuk semua di cetak kenapa gak,” jelas Desainer yang sedang mempersiapkan buku ketiganya ini menutup pembicaraan. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1