Scroll to Top

Kedewasan Musikalitas Denny Frust dan Ajakan Semangat Dalam Hidup di Album “Mari Bergerak Kawan”

By admin / Published on Monday, 09 Sep 2019 08:57 AM / No Comments / 224 views

Cadaazz.com – Setelah 2 Tahun tak mengeluarkan karya, akhirnya Denny Frust kembali ke blantika musik Indonesia dengan merilis Album terbarunya berjudul “Mari Bergerak Kawan” sekaligus merilis single “Katakan Saja” di bawah Label Best Beat Music.

Tetap mengusung musik Ska dan Reagge, Denny Frust memiliki alasan tersendiri, yaitu musik yang ia cintai sejak ia mulai bermusik akan terus ada sebagai konsistensinya sebagai musisi beraliran Ska dan Reagge dan dimana ia juga ingin kembali membuat musik Ska dan Reagge dinikmati dan diminati para pencinta musik. Jeda waktu inilah yang membuat Denny merasakan karena dunia musik aliran ska dan reggae dirasa tak terdengar lagi.

“Album ini sebagai pendewasaan gue dalam bemusik, serta kegelisahan gue terhadap musik jenis ini, gue berharap aliran musik ini bisa berjaya kembali. Album ini tentang menunjukkan bahwa gue masih bergerak”, ungkap Denny Frust saat di temui dalam peluncuran Album “Mari Bergerak Kawan” sekaligus rayakan dua tahun Black Sheep Resto Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/19).

“Gue bukannya vakum dari industri musik, off air Alhamdulillah masih ada aja, entah seminggu 2 atau 3 kali manggung. Selama itu justru  gue tengah mempersiapkan album terbaru. Biasanya setiap tahun gue rilis karya – karya, tapi berhubung di tahun ini banyak kendala akhirnya baru sekarang di rilis,” tambah Denny

Musisi bernama asli Richard Denny Nahazon Nope ini mengakui proses pengerjaan Album “Mari Bergerak Kawan” ini memakan waktu selama empat bulan, namun baru bisa di launching bulan September tahun 2019 ini.

“Sebenarnya pengarapannya cepat cuma 4 bulan, karena kondisi politik waktu itu lagi pelik, ya gue tahan dululah daripada tenggelam isunya, pas kondisi aman masuk bulan Ramadhan. Kan ga mungkin gue keluarin album di tengah – tengah musik religi lagi rame. Gue ga mau gue tiba – tiba keluar pake sorban tapi tato gue kemana – mana, kan ga etis. Jadi saat ini waktunya buat gue lepas album ketiga gue ini,”ungkap Denny.

Mari Bergerak Kawan berisi 10 buah lagu, yaitu ‘Mari Bergerak Kawan!, Aku Adalah Aku, Simpan Rasa Sedihmu, Pertemuan, Dermaga Cintaku, Bebas Dari Dirimu, Sudah – Sudahlah Sayang, Katakan Saja, Nikmati, dan Kucinta Padamu’.

Arransemen musiknya tetap di create walau tetap kental dengan alunan Ska dan Reggae, namun album ini menurut Denny lebih nge-pop dari album sebelumnya dan lebih menyesuaikan dengan kondisi saat ini, selain lebih ringan dan lebih disukai di luar para komunitas musik reggae.

“Album ketiga gue kali ini, temanya lebih kepada bersyukur, bergerak dan semangat menjalani hidup. Optimisme, karena memang untuk saat ini kita butuh semangat. Banyak orang yang perlu kita berikan  semangat dan memotivasi. Sekaligus juga memotivasi buat gue sendiri. Dalam artian jadi reminder buat gue juga apa yang gue tulis. Dalam hidup kita memang harus selalu bersyukur dan memotivasi untuk bertahan hidup,  bergerak dan mengasihi sesama,” sebut Denny Frust.

Sebanyak 5000 buah CD ia produksi, baginya kalau kita ingin CD bisa terjual musisi itu harus melakukan tur sendiri agar bisa promo karya selain bermain di sosial media.

“Gue sempet di tanya emang musik kayak gini dan CDnya  masih laku?, gue bilang kalau Lo mau jualan ya jualan dengan cara ayo kita tur, bukan di taro aja di pasaran selain kita promo di sosmed,”ungkap Denny.

Setelah album penuhnya dirilis, Denny Frust berencana akan menggelar tur di Pulau Jawa yang lalu dilanjutkan ke negara tetangga, yaitu Singapure, Malaysia, Vietnam dan negara lainnya.

Sebagai informasi Denny Frust telah merilis enam album studio baik solo maupun bersama band, yaitu “Travelling” (band Dancing Alaska, 1999), Senandung ‘Tuk Temani Harimu (band Nyiur Melambai, 2006), Big Monkey (band Monkey Boots, 2010), Interaksi (band Monkey Boots, 2015), Tiada Beban (2016), dan Jangan Lupa Bahagia (2017).

Dalam kariernya, Denny sempat menjadi artis pembuka konser “Godfather of Dancehall,” Johnny Osbourne di Singapura pada 2017. Selain giat tur konser di dalam negeri, Denny Frust juga kerap kali berkeliling ke berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Vietnam hingga Taiwan untuk menyebarluaskan musik dan pesan-pesan positifnya.

Bicara musik Indonesia, Musisi yang di juluki The Prince of Ska Indonesia dari Komunitas Internasional Reggae dan Ska Asia Tenggara ini berharap semua jenis musik tak ada perbedaan perlakukannya, agar musik tanah air bisa terus bergerak semakin maju.

“Gue sih berharap gak ada lagi pengkotak – kotakan musik di Indonesia, dan dengan rilisnya album gue ini bisa di terima pencinta musik dari semua golongan”tutup Denny. Congrats Denny, ditunggu karya – karya terbarunya untuk Indonesia. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1