Scroll to Top

Duta Seni Pelajar Nusantara 2019 Digelar Untuk Melestarikan Kesenian Asli Indonesia

By admin / Published on Saturday, 27 Jul 2019 22:34 PM / No Comments / 779 views

Cadaazz.com – Kesenian daerah sering sekali dikatakan sebagai kegiatan yang kurang menarik untuk Pelajar, karena saat ini para generasi bangsa lebih tertarik dengan kemajuan teknologi, tak dapat dipungkiri era globalisasi ini berdampak pada minat remaja akan kesenian daerah. Untuk menjaga kelestarian kesenian daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menyelengarakan kegiatan Duta Seni Pelajar Nusantara (DSPN) 2019.

DSPN pertama kali diselenggarakan di Bali pada tahun 2000, ini merupakan kesepakatan antara provinsi Jawa – Bali dalam menjaga kesenian tradisi di kalangan remaja. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan pelajar – pelajar tingkat SMA dan sederajat dari setiap provinsi yang memiliki bakat tertentu dalam bidang seni, khususnya seni tradisional Indonesia. Melalui acara ini diharapkan agar setiap pelajar yang hadir dapat menjadi duta – duta seni pelajar yang dapat terus menjaga seni asli Indonesia guna memperkuat identitas bangsa Indonesia dan ini menjadi wujud generasi yang cinta tanah air dan bangsa.

“Kami berharap melalui kegiatan ini para pelajar yang merupakan ujung tombak bangsa ikut menjaga, melestarikan dan mencintai seni tradisi yang ada di provinsi masing – masing agar seni ini terus diminati kalangan remaja “ujar Eddy Junaedi, Kepala Disparbud DKI Jakarta.

Kegiatan duta seni pelajar nusantara ini akan diikuti oleh enam provinsi yakni, Lampung, DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Acara ini akan berlangsung dari tanggal – tanggal 25 – 28 Juli 2019. Ajang ini memberikan  kesempatan kepada para peserta untuk menjalin silaturahmi dengan pelajar lainnya melalui sarana berkesenian.

Para peserta DSPN 2019 akan mengikuti rangkaian kegiatan salah satunya mengunjugi tempat bersejarah di Jakarta seperti Monumen Nasional dan Tugu Proklamasi, serta mencoba moda transportasi baru MRT dan tentu nya masing – masing provinsi akan menampilkan keterampilannya. Untuk info lengkapnya bias dilihat di https://dutasenipelajar2019.com/

Setelah acara ini selesai, diharapkan parade legasi tidak lagi membawa title provinsi saja, tetapi membawa identitas sebagai anak – anak Indonesia yang satu dan sesuai dengan Pancasila. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1