Scroll to Top

JANAPATI, Kolaborasi Duo Gitaris Ternama Tanah Air, Yang Akan Menggelar Konser Akustik Orkestra.

By admin / Published on Tuesday, 16 Jul 2019 17:50 PM / No Comments / 241 views

Cadaazz.com – JANAPATI adalah kependekan dari nama dua gitaris ternama tanah air, Dewa Budjana (GIGI) dan Tohpati (Tohpati, Tohpati Bertiga, etc). Nama mereka berdua tidak saja di tahbiskan sebagai nama album namun juga dipakai sebagai judul lagu dan nama band mereka. Persahabatan keduanya yang cukup lama dalam bermusik membuat Budjana dan Tohpati menjadi sobat kental yang kompak dan lebih mengenal satu sama lain, Itulah kenapa keduanya sangat cocok dan sukses dalam mengerjakan beberapa proyek music.

Untuk Proyek musik kali ini, Budjana dan Tohpati akan membawa Janapati ke dalam sebuah pertunjukan musik berformat live music atau konser yang akan digelar pada akhir Agustus 2019 mendatang. Komposisi lagu di album Janapati semuanya lagu baru, kecuali lagu “Bermain” yang diambil dari album Budjana (Nusa Damai, 1997), sedangkan Lagu “D Romance” adalah lagu karya Tohpati pertama yang di aransemen oleh ke dua gitaris beraliran Jazz progresif ini. Lagu “D Romance” ini sangat unik karena menampilkan Duo Gitar tanpa ada tambahan atau iringan instrumen lain.

Selanjutnya ada lagu yang berjudul “Rainy Days”, yang sudah dipersiapkan Tohpati  dan “Ratu Kanya” yang merupakan karya apik Budjana. kedua lagu ini melibatkan balutan musik orchestra yang indah di dengar. Yang sangat menarik lainnya di album Janapati, beberapa karya lagu diciptakan bersama, seperti lagu “Rahadi’s” yang didedikasikan untuk sahabat kami, almarhum Chrisye, kemudian lagu Janapati, diciptakan bersama akan tetapi dikerjakan dengan cara terpisah, Tohpati mengirim file Verse-nya dan Budjana melanjutkan pada bagian Chorus.

Hampir semua lagu di album ini mereka mainkan dengan format akustik gitar, Tohpati menggunakan Takamine Nylon Strings dan Budjana menggunakan Lowden Steel Strings. Ide rekaman Duo sebenarnya sudah pernah tercetus pada tahun 2004, sayang tidak terwujud dan hanya berlanjut di panggung saja. Tahun 2015, atas dukungan sahabat kami Dhani Pette, pembuatan album “Duo” yang sekarang berganti nama menjadi “Janapati” akhirnya terealisasi.

Penasaran dengan format konser Janapati – Dewa Budjana dan Tohpati? Ingin tahu kemegahan kolaborasi sound gitar akustik dan konsep musik orchestra yang mengiringi mereka? Jangan lupa datang tanggal 30 Agustus 2019, Pukul 19.30 WIB di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Informasi Pre-sale harga ticket JANAPATI : Platinum 600 ribu, Gold 500 ribu, Silver 350 ribu, dan Bronze seharga 250 ribu. (@fransiscuseko + SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1