Scroll to Top

Mengusung Tema “Untukmu Indonesiaku” IDCO Kombinasikan Balet dan Tari Tradisional.

By admin / Published on Thursday, 11 Jul 2019 15:12 PM / No Comments / 106 views

Cadaazz.com – Setelah sukses menyelenggarakan  pagelaran tari bertajuk “Its Showtime” pada 2018 lalu, Indonesia Dance Company (IDCO) akan kembali menggelar pertunjukan yang mengangkat tema seni dan budaya Indonesia yang digabungkan dengan teknik balet kontemporer dan modern, bertajuk “Untukmu Indonesiaku” itu akan diselenggarakan pada 27 — 29 September 2019 di Gedung Kesenian Jakarta. 

Menurut pimpinan IDCO Claresta Halim, persembahan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini IDCO membawakan tarian khas Indonesia yang sudah dikemas dalam bentuk modern, dengan mengelar “Untukmu Indonesiaku” yang akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta selama tiga hari, 27 – 30 September mendatang.

“Ide ini tercetus ketika muncul satu pertanyaan dalam diri saya. Apa yang bisa kami berikan kepada bangsa Indonesia? Lalu kami bertekad berkontribusi melalui pagelaran dari karya-karya kami. Selain itu kamu juga ingin menaburkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara ini,” ujar Claresta disela konfrensi pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/19).

Gelaran ‘Untukmu Indonesiaku’ menampilkan 7 tarian berbalut musik dan koreografi. Ada tarian balet klasik, kontemporer hingga tradisional, di antaranya adalah tarian Malin Kundang asal Sumatera Barat dan tari Kalimantan khas suku Dayak.

“Di tahun ini kami lebih mau mengedepankan sentuhan Indonesia dengan tarian daerah khas Indonesia. Tarian itu nggak cuma balet, tapi ada juga klasik, kontemporer sampai ke jazz. Kita selaraskan Balet dan tari Tradisional,” ujar Claresta Alim

Tari tanpa musik bagaikan sayur tanpa garam, untuk itu IDCO mengaet Komposer Klasik Ananda Sukarlan yang terlibat untuk menggarap musik dalam pertunjukan tarian yang mengusung berbagai budaya asli tanah air.

“Saya sebagai komposer yang biasa berkarier di luar negeri, elemen budaya Indonesia wajib ada di karya-karya saya,” ujar Ananda Sukarlan.

“Kita punya banyak sekali kekayaan budaya, sekarang yang harus di pikirin bagaimana di kemas semenarik mungkin agar tak hanya orang Indonesia yang tahu tapi semua penjuru dunia tahu betapa kayanya Indonesia. Seperti musik di tarian Malin Kundang ini ada beberapa bagian musik yang saya ambil dari lagu ‘Gelang Sipatu Gelang‘. Elemennya dipakai tapi saya kemas lagi,” sambungnya.

Ananda Sukarlan berharap musik yang dibuatnya bisa menyatu dengan pertunjukan Untukmu Indonesiaku. Sehingga budaya asli Indonesia bisa menonjol dan dilihat hingga dunia luar sehingga bisa menunjukkan kekayaan budaya Indonesia yang beragam dan kaya akan budaya.Sukses IDCO atas pergelarannya September mendatang. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1