Scroll to Top

Konsistensi Band Asal Bukittinggi “ROOTS” Dalam Meracik Reggae dan Metal Menjadi karakter Musik mereka

By admin / Published on Thursday, 07 Feb 2019 07:15 AM / No Comments / 77 views

Cadaazz.com – ROOTS adalah sebuah band yang bergenre Reggae Metal yaitu termasuk kedalam salah satu sub genre Reggae Revival atau Reggae Crossover. Roots berdiri sejak tahun 2009 dan konsisten sampai sekarang dengan mengusung genre Reggae Metal. ROOTS merupakan satu-satu nya band Reggae Metal di Indonesia karena genre ini masih tergolong baru di belantika musim tanah air, walaupun perkembangannya sudah dimulai pada tahun 1980-an di Inggris dan negara Eropa lainnya.

ROOTS berhasil memadukan launan musik Reggae dengan vocal khas Jamaican atau disebut juga dengan tehnik menyanyi “Ragga” (RaggaMuffin). Yang membedakan ROOTS dengan band lainnya adalah ROOTS memberikan nuansa Dub Reggae Soundsystem yang diracik oleh DJ Player. ROOTS hadir dengan musik yang segar dan unik ROOTS mematahkan anggapan bahwa Reggae identik dengan musik santai dan melandai dengan penampilan yang energik dan powerfull disetiap penampilannya dipanggung.

Kritik sosial menjadi tema yang diusung dalam setiap lirik lagu yang ROOTS ciptakan. Sesuai dengan idealisme Rebel (perlawanan) yang menjadi ideologi musik Reggae yaitu melawan babilonialisme, kapitalis dan perbudakan di Negeri asal musik Reggae ini Jamaika, tentunya berbeda dengan band Reggae pada umumnya di Indonesia yang isi liriknya tentang lagu cinta, sex, pesta pora, dan hura-hura semata. ROOTS melalui musik dan lirik yang kami bawa ingin memberikan stigma bahwa musik Reggae tidak semudah yang dipikirkan dan bukan musik santai tanpa arti, musik Reggae adalah sebuah pergerakan, sebuah protes, sebuah perlawanan terhadap kekuasaan, musik Reggae adalah musik kaum yang termarjinalkan oleh system kapitalisme yang sampai sekarang ini masih harus terus diperjuangkan oleh seluruh musisinya.

Di tahun 2019 ini, ROOTS mengganti logo terutama dari segi warna yang dapat terlihat dinamis dan universal tanpa menghilangkan khasnya, lewat Single terbarunya berjudul “TERKIKIS” mencoba untuk memberikan sentuhan baru dari warna musik ROOTS sendiri,  crossover adalah genre yang tepat untuk ROOTS dimana banyak unsur perpaduan musik dalam tubuh band ini. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1