Scroll to Top

Pelaku Musik Dan Hiburan Musik Nasional Yang Tergabung Dalam “Koalisi Nasional” Nyatakan Sikap Resmi Menolak RUU Permusikan

By admin / Published on Monday, 04 Feb 2019 10:01 AM / No Comments / 160 views

Cadaazz.com – RUU Permusikan yang sedang dirancang dan diusulkan oleh musisi Anang Hermansyah dan Komisi X DPR RI telah menjadi bola salju yang menggelinding di industri permusikan Tanah Air dan banyak mendapat tentangan dari insan dan penggiat serta pelaku musik Nasional. Berbagai tanggapan dari yang halus sampai yang sangat keras kontan di teriakan para pelaku musik Indonesia yang selama ini menunggu perjuangan kongkrit para wakil rakyat berkaitan dengan kesejahteraan para pelaku musik di industri musik.

Lain ekspektasi para insan musik Indonesia lain pula yang dilakukan para anggota dewan yang ternyata bukan memperjuangkan kesejahteraan pelaku musik dan bisnis musik tanah air melainkan justru mengutak – atik pasal – pasal yang selain justru mempersulit gerak para pelaku industri musik Indonesi tapi juga banyak bertentangan dengan undang – undang Hak Cipta, Undang-Undang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, Undang-Undang ITE dan berbagai undang – undnag yang sudah lebih dulu ada.

Para pelaku industri musik Indonesia bukan hanya merasa kecewa dengan tindakan yang tidak mewakili dan memperjuangkan kepentingan insan musik Indonesia tapi juga merasa di khianati mentah – mentah oleh anggota – anggota dewan dan tokoh musik yang bercokol di Komisi X DPR RI. Berbagai pasal karet yang tertera di RUU Permusikan yang konon disusun oleh orang – orang yang merasa paling tahu masalah industri musik dan hiburan musik nasional ini telah menimbulkan kegaduhan nasional yang tidak perlu. Bayangkan, musik dan musisi adalah komunitas yang paling tidak mendapat perhatian dari pemerintah selama ini malah dijadikan bahan mereka – mereka di DPR RI membuat rancangan yang sungguh premature dan tanpa guna.

Berkaitan denga upaya – upaya yang tanpa represi dan cenderung ingin memberangus kemerdekaan bermusik, menggelar acara musik dan berkesenisan di Indonesia ini maka sebuah Koalisi para insan pelaku musik dan pelaku hiburan musik yang tergabung dalam “KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN” telah merilis sebuah pernyataan sikap menanggapi RUU Permusikan yang telah beredar di masyarakat lengkap dengan pasal – pasal ajaib yang akan membawa industri dan hiburan musik Tanah Air kembali ke jaman batu. Berikut isi pernyataan sikap “KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN” yang telah beredar dan mendapat dukungan penuh dari seluruh insan musik nasional diluar DPR RI. @fransiscuseko19

Berikut Rilis Pernyataan Sikap resmi Dari “KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN”

Pernyataan Sikap

KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN

 

Tolak RUU Permusikan

Tidak Perlu dan Justru Berpotensi Merepresi Musisi

Jakarta, Minggu, 3 Februari 2019. Kami, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan selaku para pelaku musik Indonesia, menyatakan Menolak RUU Permusikan untuk diundangkan. Setelah membaca dan menelaah naskah RUU Permusikan saat ini, kami merasa tidak ada urgensi bagi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Pemerintah untuk membahas dan mengesahkannya untuk menjadi Undang-Undang. Sebab, naskah ini menyimpan banyak masalah fundamental yang membatasi dan menghambat dukungan perkembangan proses kreasi dan justru merepresi para pekerja musik. Kami tetap mendukung upaya menyejahterakan musisi dan terbentuknya ekosistem industri musik yang lebih baik, hanya caranya bukan dengan mengesahkan RUU ini.

Secara umum, RUU Permusikan ini memuat Pasal yang tumpang tindih dengan beberapa Undang-Undang yang ada seperti: Undang-Undang Hak Cipta, Undang-Undang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, dan Undang-Undang ITE. Lebih penting lagi, RUU ini bertolak belakang dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, serta bertentangan dengan Pasal 28 UUD 1945 yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam negara demokrasi. Danilla Riyadi menambahkan,

“Kalau musisinya ingin sejahtera, sebetulnya sudah ada UU Pelindungan Hak Cipta dan lain sebagainya dari badan yang lebih mampu melindungi itu; jadi untuk apa lagi RUU Permusikan ini.”

Kami menemukan setidaknya 19 Pasal yang bermasalah.

“Mulai dari ketidakjelasan redaksional atau bunyi pasal, ketidakjelasan “siapa” dan “apa” yang diatur, hingga persoalan mendasar atas jaminan kebebasan berekspresi dalam bermusik” papar Rara Sekar.

Diantaranya adalah sebagai berikut: KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com

Pertama, Pasal karet. Seperti sudah dikritisi oleh sesama pelaku musik lainnya dan media, Pasal 5 memuat kalimat yang penuh dengan multi interpretasi dan bias, seperti “mensita, melecehkan, menodai, dan memprovokasi.” Menurut Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca, “Pasal karet seperti ini membukakan ruang bagi kelompok penguasa atau siapapun untuk mempersekusi proses kreasi yang tidak mereka sukai”. Selain itu, pasal ini bertolak belakang dengan semangat kebebasan berekspresi dalam berdemokrasi yang dijamin oleh konstitusi NKRI yaitu UUD 1945. Dalam konteks ini, penyusun RUU Permusikan telah menabrak logika dasar dan etika konstitusi dalam negara demokrasi, dan justru menciptakan iklim negara otoritarian “Ini kan gaya Orde Baru,….” tambah Jason Ranti.

Kedua, Memarjinalisasi musisi independen dan berpihak pada industri besar. Pasal yang mensyaratkan sertifikasi pekerja musik berpotensi memarjinalisasikan musisi yang tidak sesuai dengan pasal ini. Demikian juga Pasal 10 yang mengatur distribusi karya musik. Dengan tidak memberikan ruang kepada musisi untuk melakukan distribusi karyanya secara mandiri, Pasal ini sangat berpotensi memarjinalisasi musisi, terutama musisi independen. Menurut Jason Ranti, dengan mengatur tentang cara distribusi musik melalui ketentuan yang hanya bisa dijalankan oleh industri besar, maka Pasal ini menegasikan praktek distribusi karya musik yang selama ini dilakukan oleh banyak musisi yang tidak tergabung dalam label atau distributor besar. “Ini kan curang,” tambah Jason Ranti. Selain itu, Endah Widiastuti dari Endah N Rhesa menambahkan bahwa “Referensi pembuatan RUU ini tidak paham gerakan dan nafas kelompok musik bawah tanah.”

Ketiga, Memaksakan kehendak dan mendiskriminasi. Bagian uji kompetensi dan sertifikasi dalam RUU Permusikan adalah cerminan pemaksaan kehendak dan berpotensi mendiskriminasi musisi. Di banyak negara, praktek uji kompetensi bagi pelaku musik memang ada, namun tidak ada satupun negara dunia ini yang mewajibkan semua pelaku musik melakukan uji kompetensi. Mondo Gascaro menjelaskan bahwa “Lembaga sertifikasi yang ada biasanya sifatnya tidak memaksa pelaku musik, tetapi hanya pilihan atau opsional”. Selain itu, pasal-pasal terkait uji kompetensi ini berpotensi mendiskriminasi musisi autodidak untuk tidak dapat melakukan pertunjukan musik jika tidak mengikuti uji kompetensi. KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com

Keempat, Hanya memuat informasi umum dan mengatur hal yang tidak perlu diatur. Beberapa Pasal memuat redaksional yang tidak jelas mengenai apa yang diatur dan siapa yang mengatur. Misalnya, Pasal 11 dan 15 hanya memuat informasi umum tentang cara mendistribusikan karya yang sudah diketahui dan banyak dipraktekkan oleh para pelaku musik serta bagaimana masyarakat menikmati sebuah karya. Kedua Pasal ini tidak memiliki bobot nilai yang lebih sebagai sebuah Pasal yang tertuang dalam peraturan setingkat Undang-undang. Demikian pula dengan Pasal 13 tentang kewajiban menggunakan label berbahasa Indonesia. Wilayah karya musik merupakan karya seni. “Seni itu sendiri merupakan bahasa, sehingga penggunaan label berbahasa Indonesia pada karya seni seharusnya tidak perlu diatur” tambah Puti Chitara.

Setelah kami baca lebih jauh, ketidakbetulan itu ternyata ada di banyak pasal. Mulai dari pasal 4, 5, 7, 10, 11, 12, 13, 15, 18, 19, 20, 21, 31, 32, 33, 42, 49, 50, 51, dan masih banyak lagi. Kesalahan – kesalahan ini menunjukkan kekurangpahaman para penyusun naskah RUU Permusikan tentang keanekaragaman potensi dan tantangan yang ada di dunia musik. “Dengan kata lain, banyaknya pasal yang mengatur hal yang tidak perlu diatur ini menunjukkan bahwa RUU Permusikan ini tidak perlu” tegas Arian 13 dari band Seringai.

“Tujuan RUU ini jelas banget berpihaknya ke mana; yang mau dipadamkan jelas kebebasan berekspresi, berkarya, dan berbudaya serta manfaat ekonomi yang bisa dihasilkan dari situ oleh individu-individu” tegas Mondo Gascaro. Maka dari itu, sebaiknya rancangan Undang-Undang ini dibatalkan.

Salam bebas berekspresi, bebas bermusik!

Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan

  1. Rara Sekar – Penyanyi, Penulis Lagu
  2. Puti Chitara – Musisi, Penyanyi, Penulis Lagu, penata musik
  3. Danilla Riyadi – Penyanyi, Penulis Lagu
  4. Kartika Jahja – Penyanyi, Penulis Lagu
  5. Nastasha Abigail – Penyanyi, Penulis Lagu, aktif di komunitas seni
  6. Endah Widiastuti (Endah N Rhesa) – Penyanyi, Penulis Lagu, pegiat komunitas musik KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  7. Cempaka Surakusumah – Penyanyi, musisi
  8. Sukma Raya – Produser, ahli Tata Rekam, penata musik
  9. Irma Hidayana – Penyanyi, Penulis Lagu
  10. Jason Ranti – Penyanyi, Penulis Lagu, penata musik
  11. Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca) – Penyanyi, Penulis Lagu, penata musik, produser
  12. Popie Airil (Efek Rumah Kaca) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, penata musik, produser
  13. Akbar Bagus (Efek Rumah Kaca) – Musisi, Penulis Lagu, penata musik, produser
  14. Arian 13 (Seringai) – Vokalis, Penulis Lagu,
  15. Billy Saleh – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  16. Mondo Gascaro – Penyanyi, Penulis Lagu, penata musik, produser
  17. Oomleo Berkaraoke – Musisi, Penulis Lagu,
  18. Wendi Putranto – Manajer Band, Penulis
  19. Dimas Ario – Manajer Band, Kurator Musik
  20. Ricky Siahaan (Seringai) – Musisi, Penulis Lagu
  21. Lafa – Musisi, Produser
  22. Agustinus Panji Mardika – Musisi
  23. Muhammad Asranur – Musisi, Pencipta Lagu
  24. Edita Atmadja – Musisi, Ilustrator Cover Album
  25. Gerald Situmorang – Musisi, penulis lagu, penata musik, produser
  26. Marco Steffiano – Musisi, penulis lagu, penata musik, produser
  27. Cabrini Asteriska Widiantini – Penyanyi, penulis lagu
  28. Awan Garnida – Musisi, Penyanyi (Sore Band)
  29. Bemby Gusti – Musisi, penyanyi, penulis lagu, penata musik, produser musik (Sore Band)
  30. Ade Firza Paloh – Musisi, penyanyi, penulis lagu, penata musik (Sore Band)
  31. Jerinx (SID-Devil Dice): Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  32. Rossi Rahardian – Musisi, Sound Engineer
  33. Muksin Sopyan (Riot Cub) – Pemusik, Pencipta Lagu
  34. Felix Dass – Penulis, Pegiat Musik,
  35. Rhesa Aditya (Endah N Rhesa) – Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  36. Che Cupumanik – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  37. Adrian Adioetomo – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  38. M. Rizky Lazuardi – Musisi, Live Mixing Engineer
  39. Gede Robi (Navicula) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  40. Dadang (Navicula) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  41. Khrisnanda Adipurba (Navicula) – Musisi, Penata Desain & Artwork
  42. Palelatmoko (Navicula) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  43. Made Mawut – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  44. Guna Warma – Penyanyi, Penulis Lagu
  45. Man Angga – Penyanyi, Penulis Lagu
  46. Tjokorda bagus – penyanyi, penulis lagu
  47. Teguh Wicaksono – Sounds from the Corner & Archipelago festival
  48. Shera Rindra – manager band, pekerja kreatif.
  49. Saleh Husein – Musisi, Penulis lagu, Penyanyi
  50. Bie Paksi (Wake Up Iris!) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  51. Vania Marisca (Wake Up Iris!) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  52. Adi Adriandi (Gufi) – Manajer Band, Penggiat Komunitas Seni dan Musik Jogjakarta
  53. Eben (Burgerkill) – Gitaris, Penulis Lagu, Penata Musik, Produser
  54. Nikita Dompas – musisi, produser, music director
  55. Samack – Penulis, Penggiat Komunitas Musik Malang
  56. Petrus Briyanto Adi (Adoy) – Musisi, Penulis Lagu, Pengajar Musik, Penata Musik, Penggiat Komunitas Musik
  57. Bonita – Penyanyi, Penulis Lagu, Penggiat Komunitas Musik
  58. Reda Gaudiamo – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  59. Viki Vikranta (Kelompok Penerbang Roket) – Musisi, Penulis Lagu
  60. Ucok/Morgue Vanguard – Vokalis/Rapper, Penulis Lagu, Penata Musik
  61. Iga Massardi (Barasuara) – Penyanyi, Gitaris, Penulis lagu, Penata Musik
  62. T.J. Kusuma (Barasuara) – Gitaris, Penulis Lagu
  63. Dani S – Pekerja Rekaman
  64. Rico Prayitno (Mocca) – Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik
  65. Anitha Silvia – Manajer Silampukau, penggiat komunitas musik Surabaya
  66. Giovani Rahmadeva (Polka Wars) – Penyanyi, Drummer, Penulis Lagu, Penata Musik
  67. Rizky Aulia Ucup – Manajer Band, Promotor Musik
  68. Sammy/Bramantyo Hernomo, (Seringai) – Bassist, Penulis Lagu
  69. Edy Khemod (Seringai) – Drummer, Penulis Lagu
  70. Nova Ruth (Filastine & Nova) Produser Musik, Penyanyi, Musisi, Seniman Visual, Penggiat Komunitas Musik Malang KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  71. Oneding – Musisi, Penulis Lagu
  72. Sigit Pramudita (Tigapagi) – musisi, penyanyi, penulis lagu, penata musik
  73. Januar Kristianto (Vague) – Musisi, Pekerja Kreatif
  74. Iksan Skuter – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, Produser
  75. Rendi Raditya – Manajer Band, Musisi, Penggiat Komunitas Musik
  76. Adry Boim (Juni Records) – pelaku industri musik, manager, produser eksekutif
  77. Xandega Tahajuansya (Polka Wars) – Musisi, Pegiat Komunitas Musik
  78. Karaeng Adjie (Polka Wars) – Musisi, Penulis Lagu
  79. Iksal Harizal (The Panturas) – Manager, Pegiat Komunits Musik
  80. Adrian Yunan – penulis lagu, penyanyi, musisi, produser
  81. Junior Soemantri – musisi, penulis lagu, produser
  82. Adiyat Jati – musisi, penulis lagu
  83. Gatot Hendraputra – penyanyi, musisi, penulis lagu, penggiat komunitas musik Semarang
  84. Surya Fikri (The Panturas) – Musisi, Penulis
  85. Rizal Taufik (The Panturas) – Musisi
  86. Bagus Patria(The Panturas) – Musisi, Pegiat Komunitas Musik
  87. Abyan Zaki (The Panturas) – Musisi, Penulis
  88. Marcell Siahaan, – Penyanyi, penulis lagu, penata musik
  89. Sita Nursanti – Penyanyi dan aktor.
  90. Garna Raditya – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, Produser
  91. Gusti Arirang (Tashoora) – Penyanyi, Penulis Lagu
  92. Danang Joedodarmo (Tashoora) – Musisi, Penulis Lagu
  93. Mahesa Santoso (Tashoora) – Musisi
  94. Grahadea (HMGNC) – produser musik elektronik, penggiat startup, entrepreneur
  95. Iit (Omuniuum) – Pegiat musik, Distributor musik Independen
  96. Febrian Mohammad – Musisi, Penulis Lagu
  97. Prihatmoko Moki – Musisi, Penulis Lagu, Ilustrator
  98. Vira Talisa – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu
  99. Rudolf Dethu – Manajer Band, Budayawan Kultur Pop
  100. Stephanus Adjie(Down For Life) – Vokalis, Penulis Lagu
  101. Danie Satrio – Penulis, Musisi
  102. Yuka D. Narendra – Produser Musik, Akademisi,
  103. Petra Sihombing – Musisi, Penulis Lagu, Produser KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  104. Shena Malsiana – Penyanyi, Penulis Lagu
  105. Akram Satata – Tim manajemen band, Tim Produksi Musik
  106. Mohammed Kamga (Dekat) – Penyanyi, Penulis Lagu, Produser
  107. Chevrina Anayang (Dekat) – Penyanyi, Penulis Lagu
  108. Tahir Hadiwojoyo (Dekat) – Rapper, Penulis Lagu
  109. Pananingtyas Prabantari – Manager musik
  110. Dimas Wijaksana (Mr. Sonjaya, Bendi Harmoni) – penyanyi, penulis lagu
  111. Windy Eka Pramudya – Wartawan
  112. Dikky Mochamad Dzulkarnaen (Gugat, Forgotten) – manajer, vokalis, pemain musik tradisional
  113. Ajeng Maulidari (Brotherwolf Sistermoon) – vokalis, penulis lagu
  114. Hendra Ramadhan (Karinding Attack) – vokalis, pemain musik tradisional
  115. Gugun Raya (Gugat) – gitaris
  116. Anggung Suherman (Bottlesmoker) – Musisi, Pencipta Lagu
  117. Ryan “Nobie” Adzani (Bottlesmoker) – Musisi, Pencipta lagu
  118. Fajar Merah – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, Produser
  119. Eky Darmawan – Musisi
  120. Lucky Sarwo – Manager Musik
  121. Bueno Jurnalis – Advokat
  122. Doly Harahap (Syarikat Idola Remaja, Teman Sebangku) – manajer, musisi, gitaris
  123. Dissa Kamajaya (Sin of Suns) – Penulis Lagu, Penata Musik
  124. Sal Priadi – Penyanyi, Penulis lagu
  125. Rhesa Filbert Hattu – musisi, penggiat komunitas musik Surabaya
  126. Sarah Ayu Utami – penggiat label musik independent dan marketing musik, Ivy League Music
  127. Windy Setiadi – musisi, accodionist, sound engineer
  128. Danny Ardiono – Sound Engineer Senior, musisi, komunitas Salihara
  129. Anugrah Swastadi – Musisi, Produser, Penata Musik
  130. Stevano – Recording & Mixing Engineer
  131. Muhammad “Gugun” Gunawan (Gugun Blues Shelter) – Musisi, Penulis Lagu
  132. Teraya Paramehta – Dosen Universitas Indonesia, Mahasiswa PhD, Musisi
  133. Iman Putra Fattah – Musisi, Pegiat Budaya
  134. Camelia Jonathan – Musisi & penulis lagu KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  135. Toma (Mocca) – Bassit , pekerja musik dan produser
  136. Indra Massad (Mocca) – musisi
  137. Arina Ephipania (Mocca) – Penyanyi, Penulis lagu
  138. Anto Arief (70sOC) – Musisi, penulis lagu, redaktur musik dan penulis
  139. Izma (Lizzie) – musisi, penulis lagu
  140. Christo Putra (Bangkutaman band) – Musisi, Penulis Lagu
  141. Wahyu Nugroho (Bangkutaman band) – Musisi, Penulis Lagu, Jurnalis Musik, Penggiat Musik
  142. Madava Rasika (Bangkutaman band) – Musisi, Jurnalis Musik
  143. Adhitya Wibisana (Adhit Android) – musisi, penata suara.
  144. Widi Puradiredja (Maliq and d’essentials) – Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, Produser
  145. Rizma Arizky (Kelompok Penerbang Roket) – Manajer Musik
  146. Kurnia Bayu Ajie (Kelompok Penerbang Roket) – Manajer Berita Angkasa
  147. Cak Hen – Manager Nona Ria
  148. Bayu (Elephant Kind) – Musisi
  149. Wicak – Manager Artis Petra Sihombing
  150. Sir Dandy – Seniman, musisi, penulis lagu
  151. Daniel Sumarta – Manager batavia collective
  152. Hendrawan Saputra – Musisi
  153. Dwi Kartika Yudhaswara (Syarikat Idola Remaja) – penulis lagu, guru sekolah dasar
  154. Baskara Putra (.Feast, Hindia, Darlin’ Records & Sun Eater Records) – musisi, penyanyi, penulis lagu, penata musik, pelaku industri musik & produser
  155. Adrianus Aristo Haryo ‘Bodat’ (.Feast, SPM Production & Sun Eater Records) – musisi, penata musik, sound engineer, manager band, pelaku industri musik
  156. Fadli Fikriawan (.Feast & Sun Eater Records) – musisi, penata musik, pelaku industri musik
  157. Dicky Renanda (.Feast) – musisi, penyanyi, penata musik
  158. Adnan Satyanugraha Putra (.Feast) – musisi, penata musik
  159. Rifanda Khalifah Putri (.Feast & Sun Eater Records) – manager band, pelaku industri musik
  160. Yudhi Arfani – Musisi, Penulis Lagu, Penata Musik, Ilustrator musik
  161. Hendra Jaya Putra – Pekerja Musik KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  162. Sri Hanuraga – Pianis, penulis lagu, penata musik, produser
  163. Marcellino Nugraha – Musisi, Produser
  164. Galih Nugraha Su (Deugalih) – Musisi, penulis lagu, guru, aktifis kemanusiaan
  165. Yogha Prasiddhamukti – penyanyi, penulis lagu, penulis dan editor musik, penggiat komunitas musik, pekerja kreatif, pemilik label rekaman independen
  166. Tesla Manaf – Musisi, Penulis Lagu, Komposer
  167. Shadu Shah – musisi, bassist
  168. Henry Foundation (Goodnight Electric) – musisi, penyanyi, pencipta lagu, DJ, videografer
  169. Bondi Goodboy (Goodnight Electric) – musisi, pencipta lagu, graphic designer
  170. Adhiyat Fisma/Gepeng (Fisika Matematika) – musisi, pencipta lagu, manajer band, produser musik
  171. Warman Nasution – Musisi
  172. Elang Eby (Polyester Embassy) – Penyanyi, Penulis lagu, Penata musik, Produser
  173. Nadia Yustina – Music Booking Agent
  174. Neonomora – Musis, Penulis Lagu
  175. Bam Mastro – Musisi, Penulis Lagu
  176. Revan bramadika (Rajasinga) – drummer, penulis lagu
  177. Argia Adhidhanendra – Promotor Musik (Noisewhore)
  178. Teddy Adhitya – Penyanyi, Penulis Lagu, Produser
  179. Kenny Gabriel – Musisi, Penata Musik, Produser
  180. Tony setiaji (The Brandals) – Musisi, penyanyi, penulis lagu, penata musik, produser musik
  181. Aimee Saras – penyanyi, penulis lagu, aktris
  182. Jimi Multhazam (The Upstairs, Morfem) – Penyanyi, Penulis lagu, Penata Musik, Perupa
  183. Stevi Item (DeadSquad/Andra & The Backbone) – Gitaris, penata musik
  184. Daniel Mardhany (DeadSquad),- Vokalis, Penulis
  185. Yulio Abdul Syafik (Piston) – , bassist, penata musik, penulis
  186. Argi Tendo (Piston) – gitaris, penata musik
  187. Oza Rangkuti (Piston) – drummer, penata musik
  188. Ignatius Aditya Adhityatmaka – Peneliti Musik
  189. Ankadiov Subran – Musisi, Produser, Penata Musik, Penulis Lagu KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  190. Leonardo Ringgo – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu, Penyiar radio
  191. Pratama Kusuma Putra (Mooner & Sigmun) – musisi, penata musik
  192. Botfvck Yogaswara (sinsofsuns) – Penata Musik, Penata Suara
  193. Fuad Rudyan – Musisi, Penata Musik
  194. Hariz Lasa (Ping Pong Club) – musisi, penulis lagu
  195. Ezza Rush (UTBBYS) – musisi, penata musik teater dan tari
  196. Rathomi Trinugraha (HELMPROYEK) – musisi, penulis lagu
  197. Jon Kastella (Syarikat Idola Remaja) – penyanyi-penulis lagu
  198. Nadin Amizah (cakecaine) – penyanyi, penulis lagu, mahasiswi
  199. Asep Rachman Muchlas (Wonderbra; Amakusa) – Pemain bass; penata musik; komponis; penulis lagu
  200. Adhitomo Kusumo (Primata,Raksasa) – Musisi, Pencipta lagu, Pekerja Rekaman, Produser Ria Antika (Seruang) – Musisi, Pencipta lagu
  201. Wizra Uchra – pemain drum
  202. Achi Hardjakusumah – pemain biola
  203. Azfanzadra Karim – Musisi
  204. Kharis Junandharu (Silampukau) – Musisi, Penulis lagu, penyanyi
  205. Eka Annash (The Brandals) – penyanyi, musisi, penulis, creative director
  206. Dzulfikri Putra Malawi – Kotak Musik / Jurnalis Musik / Musisi
  207. Auliya Akbar (KIEF/Revenge) – Drummer, penata musik
  208. Suryo Prakoso (KIEF) – Manager
  209. Bahrul Ulum Sulaksono (Godplant) – bassist, penata musik
  210. Riza Prawiro (Godplant) – Gitaris, Penata Musik
  211. Made Ardha Neraka – Penulis lagu, musisi otodidak, penyanyi
  212. Prima Yudhistira – Penyanyi, penulis lagu
  213. Made Bayak – Gitaris
  214. Made Nurdianta – Musisi
  215. Mega Nandha – Musisi
  216. Ghigox – Vokalis, Musisi otodidak, penulis lagu
  217. Bayu Krisna – Musisi, Penata Musik, Manajer Band
  218. Wayan Cetu – Musisi, Manajer Band
  219. Adi Hydrant – Musisi, Penulis Lagu, Penulis Lagu
  220. Copok (The Bullhead) – Penyanyi, Musisi, Penulis Lagu KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  221. Novafuxnbumz – drummer, penulis lagu
  222. Bobby Kool (Superman Is Dead) – Musisi, Pencipta Lagu, Penata Musik
  223. Eka Rock (Superman Is Dead) – Musisi, Pencipta Lagu, Penata Musik
  224. Jemy (Devildice) – drums
  225. Fahmi (Devildice) – trumpet
  226. Remedy Waloni (The Trees & The Wild) – Musisi, penulis lagu
  227. Alyuadi Febryansyah (Heals) – Musisi
  228. Reza Arinal (Heals) – Musisi
  229. Octavia Variana Lantang (Heals) – Musisi
  230. Adi Reza (Heals) – Musisi
  231. Muhammad Ramdhan (Heals) – Musisi
  232. Andika Surya (Collapse) – Musisi
  233. Dinarson Gandy (Ssslothhh) – Musisi
  234. Reno Nismara – Penyanyi dan penulis lagu Crayola Eyes, co-founder kolektif musik Studiorama
  235. Kendra Ahimsa – Gitaris dan penulis lagu Crayola Eyes, seniman visual, art director kolektif musik Studiorama
  236. Bayu Andrianto – gitaris Crayola Eyes, penyanyi dan penulis lagu solo Vayuand
  237. Fadli Adzani – Bassist Crayola Eyes, penulis musik Hai
  238. Sawi Lieu – Kibordis Crayola Eyes dan Future Collective, penggiat kolektif musik Studiorama
  239. Ferry Prakarsa – Drummer Crayola Eyes
  240. Pramedya Nataprawira – manajer Crayola Eyes, pendiri media online Agordiclub.com
  241. Bisma Karisma (Smash) – Penyanyi, Penulis lagu, Aktor, Penari
  242. Fandi (agriculture) : musisi, penata musik, penulis
  243. Edo Dias Raditya/Godplant – vokalis, penulis
  244. Obi/KIEF, – gitaris, penata musik
  245. Denny MR – Penulis, Pegiat Musik
  246. Soleh Solihun – Komedian, Pecinta Musik
  247. Erix (Endank Soekamti) – Musisi, Penulis Lagu, Pegiat Video
  248. Aditya Dwi/KIEF, – bassist, penata musik
  249. Hanifa Miryami (Dizzyhead) – musisi
  250. Ricky Surya Virgana – Musisi, Komposer, Produser, Pengajar KOALISI NASIONAL TOLAK RUU PERMUSIKAN Surel: kntlruup@gmail.com
  251. Charita Utami – penyanyi, musisi, penulis lagu
  252. Andra Budi Kurniawan (The Trees & The Wild) – Musisi, gitaris
  253. Hertri nur pamungkas – musisi, pengajar music
  254. Rio Baskara (Down For Life) – Musisi
  255. Muhammad ‘Abdul’ Latief (Down For Life) – Musisi
  256. Leliyani (Frau) – Penyanyi, Penulis Lagu, Musisi
  257. Vincent (The Hydrant) – Gitaris
  258. Christopher (The Hydrant) – Drummer
  259. Marshello (The Hydrant) – Vokalis
  260. Ferry Dermawan – Manager Band, Promotor Musik, Pelaku Usaha Restoran
  261. Alvin Yunata – Musisi, Arsiparis Musik
  262. David Tarigan – Musisi, Produser Musik, Arsiparis Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1