Scroll to Top

20 Tahun Film Kuldesak, Miles Films Luncurkan Buku “20Kuldesak” dan Tayangkan Kembali Filmnya.

By admin / Published on Saturday, 22 Dec 2018 09:49 AM / No Comments / 546 views

Cadaazz.com – Kebangkitan film Indonesia tak dipungkiri bangkit karena keberanian 4 anak muda yang memproduksi  film berjudul “Kuldesak” yang dirilis pada tahun 1998. Mereka adalah Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani. KULDESAK juga menjadi film debut mereka sebagai sutradara. Tak terasa penayangan KULDESAK genap berusia 20 tahun, dalam rangka merayakan ke 20 tahun penayangannya, Miles Films meluncurkan buku bertajuk “20Kuldesak“, sekaligus menayangkan lagi film KULDESAK akhir tahun nanti.

“Film ini tidak ditayangkan di TV, tidak bisa dicari potongan filmnya di mana pun. Itu dikarenakan memang kita hanya menyimpan 35mm copy filmnya. Baru sekarang akhirnya kita nonton di sini,” kata Mira Lesmana di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (19/12/18).

Mira Lesmana akhirnya kepikiran 20 tahun Kuldesak untuk di bukukan untuk mengingatkan kembali awal kebangkitan perfilman Indonesia yang sempat mati 10 tahun pada saat itu.

“Sisa dana 140 juta akhirnya kita buat sesuatu, yang akhirnya buku yang menjadi pilihan. Ini adalah indonesia yg baru dan film baru. Dan akhirnya lahirlah buku yg cukup tebal ini,” ujar Mira.

“Saya berharap KULDESAK juga bisa mengingatkan banyak orang bahwa membuat sesuatu yang berbeda dan lain, bisa menambah gairah industrinya. Kadang kita harus berani untuk membuat hal yang tidak biasa. Mungkin kalo sekarang temen-temen liat KULDESAK lebih kaya, ini cocok untuk buat hari ini,” sambungnya.

Riri riza yang juga terlibat dalam pembuatan film Kuldesak saat itu mengatakan bahwa tahun 90-an merupakan tahun emas kebangkitan film Indonesia yang kala itu film Indonesia mati suri dan membuat film itu harus menggunakan beberapa tahapan yang diatur oleh peraturan yang ada.

“Tahun 90an itu tahun emas banget semua sedang gelisah termasuk juga yg tercatat dibuku ini. Pada saat itu kita semua ini harus melakukan perubahan dan tahun 95 itu pertama kali kita melakukan perubahan dengan membuat film yang berbeda dan berani. Saat itu saya kesel, anak muda punya hak marah. Marah untuk mendobrak perubahan, akhirnya kita buat film Kuldesak,” ungkap Riri Riza.

“Kuldesak membuat dimensi baru dari segala sesuatu yg dirasakan sangat menyesakkan dada. Jaman itu siapa yg berani berontak, setiap masa punya masa dan setiap masa punya orang, dan masa penting bagi orang orang,”ujar Slamet Rahardjo

Film ini mengisahkan tentang empat orang anak muda Jakarta tahun 90-an. Mimpi yang mereka punya harus beradu dengan realitas yang mengharuskan mereka membuat keputusan yang radikal. Film ini rencananya akan di putar kembali pada 30 Desember hanya 1 show, untuk bisa di tonton di 9 kota yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Makasar, Jogja pada masyarakat luas. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1