Scroll to Top

Beragam Acara Di Festival Tahunan Sastra “LIFEs”, Komunitas Salihara

By admin / Published on Sunday, 21 Oct 2018 16:35 PM / No Comments / 77 views

Cadaazz.com – LIFEs adalah festival tahunan sastra dan gagasan dengan besaran yang berbeda di tahun genap dan ganjil. LIFEs tahun ganjil diadakan sepanjang bulan Oktober. LIFEs tahun genap diadakan dalam sepekan pada bulan yang sama. LIFEs menghadirkan yang klasik maupun yang terbaru di dunia sastra dan gagasan. Tahun ini Komunitas Salihara merayakan pementasan sastra ke atas panggung. Sastra modern memang berdasar pada pengalaman membaca secara individual, tetapi kita juga perlu kebersamaan serta keterlibatan indrawi yang lain.

Untuk kategori Pentas Sastra, LIFEs menghadirkan pembacaan Don Quixote karya Goenawan Mohamad yang diiringi oleh musisi jazz mutakhir, serta diperkaya dengan gambar pasir dan animasi. Ada pula Sound Poetry, yakni pementasan puisi dan efek suara elektronik oleh Sonority Turner (Inggris). Dan pentas Other Motherland yang menceritakan pertemuan tiga orang asing peranakan Indonesia-Australia yang harus menerima kenangan, dendam dan roh yang terus menghantui mereka.

Untuk kategori Forum, LIFEs menghadirkan Diskusi Sastra dan Bincang Sastra bersama penulis-penulis terkemuka Indonesia hari ini seperti Wicaksono Adi, Dea Anugrah, Ratih Kumala, A.S. Laksana dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga Final Kompetisi Kritik Sastra Bandingan Tingkat SMA 2018 yang akan berdebat perihal perbandingan novel Jalan Tak Ada Ujung karya Mochtar Lubis (Indonesia) dengan Oeroeg karya Hella S. Hasse (Belanda).

Selama LIFEs 2018, penonton juga bisa mengikuti program lokakarya. Ada lokakarya Ceritalah bersama Maria Tri Sulistyani (pencipta teater boneka Papermoon Puppet Theatre); lokakarya Kelas Kritik Sastra bersama Zen Hae (kritikus sastra); dan lokakarya Bubungan (Buku Buatan Tangan) bagi penonton yang berminat pada produksi alternatif buku seni personal dan istimewa yang dilakukan secara mandiri.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, sila kunjungi: www.salihara.org/programs/lifes dan akun Instagram @komunitas_salihara, Twitter @salihara, Facebook ‘Salihara’, atau hubungi 021-789-1202, 0822-2552-3959.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.