Scroll to Top

Mengusung Tema “Humanisme” Police Movie Festival 5 Mulai Digelar.

By admin / Published on Tuesday, 24 Apr 2018 18:48 PM / No Comments / 486 views

Cadaazz.com – Kepolisian Republik Indonesia kembali mengelar Police Movie Festival yang akan mengusung tema bertajuk “Humanisme”. Pelaksanakan ajang ini di mulai pada 23 April 2018 sampai 5 juni 2018 mendatang. Menurut Akp Muh. Ardila Amry, ketua Penyelanggara Police Movie Festival, ini merupakan ajang tahunan yang dipersembahkan Kepolisian Republik Indonesia sebagai bentuk kepedulian Kepolisian RI terhadap perfilman Indonesia.

“Ini memasuki tahun ke lima festival film ini digelar. Selain itu ini adalah ajang tahunan kita sebagai bentuk keperdulian Kepolisian RI terhadap perfilman Indonesia, dengan menyertakan usur kepolisian yang tepat di setiap film pendek atau animasi yang masuk,” ujar Akp. Muh. Ardila Amry pada cadaazz di prescon Police Movie Festival 5 di Kawasan Kabayoran Baru, Jakarta Selatan (23/4/18).

Di lima tahun perhelatan ajang Police Movie Festival ini, tema yang diusung bertajuk Humanisme. Harapannya para sineas dapat menyadarkan masyarakat pada aksi kemanusiaan dalam setiap peristiwa. Apalagi masyarakat Indonesia dikenal santun, ramah, dan suka tolong menolong.

“Polisi jugakan ada sisi humanisme yang perlu diangkat, mereka bukan saja aparat negara tapi polisi juga sebagai suami, ayah, saudara, kakak, pokoknya sisi lain polisi yang belum diketahui masyarakat,” tambah Ardila.

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg

Selain itu, mengingatkan kembali bahwa aparat kepolisian bertanggung jawab untuk peduli, melindungi, menghargai sekaligus dekat dengan masyarakat. Melalui beragam film yang diikutsertakan, diharapkan masyarakat dapat melihat sisi lain Polisi yang jarang terlihat di mata masyarakat awam.

“Tentunya dengan tema-tema yang ada kaitannya dengan tugas-tugas kepolisian,” kata Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto.

Ajang ini dimaksudkan untuk menggaet para sineas muda perfilman Indonesia guna menggali kreativitas dan berkompetisi menyajikan film pendek berdurasi lima sampai tujuh menit dengan tema ‘Humanisme’.

Para sineas diberi kesempatan untuk berimajinasi seluas-luasnya yang tentu saja lebih menekankan sudut pandang cerita pada sisi humanisme yang dimiliki Kepolisian, tanpa adanya unsur SARA serta boleh mengkritisi namun tetap membangun, seperti halnya sosok aparat yang peduli, melindungi, menghargai, dan bisa menjadi sahabat bagi masyarakat.

Ada dua kategori yang dilombakan pada ajang tahun ini, antara lain film pendek (durasi 5 hingga 7 menit) dan film animasi (durasi 3 menit). Dari karya yang masuk nantinya akan terpilih 10 finalis dari masing-masing kategori.

Malam puncak penganugerahan Police Movie Festival 2018 digelar pada 23 Juni 2018 yang akan dimeriahkan oleh Yura Yunita dan Kahitna. Sebagai juri, terdapat aktor Chicco Jerikho, komikus dan animator Faza Meonk, sutradara Anggi Umbara dan Brigjen Pol Rikwanto.

Dengan total hadiah 120 juta, pemenang pertama akan mendapatkan beasiswa SSR Jakarta. Selain itu mereka berkesempatan mengikuti ajang Kompetisi Internasional. Yuk daftar dan tuangkan imajinasimu dengan berkarya. (@enny_hdyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.