Scroll to Top

“Thesar” Gitaris Jazz Session Player Artis Ini Luncurkan Album Debutnya

By admin / Published on Sunday, 15 Apr 2018 18:19 PM / No Comments / 1070 views

Cadaazz.com – “THESAR” adalah sebuah album bercerita yang bukan dilakukan oleh seorang pencerita melainkan disampaikan secara musikal oleh seorang gitaris / pemain gitar bernama lengkap Thesar Zacharias Liando yang biasa dipanggil Thesar saja. Melalui album bertajuk sama dengan namanya, Thesar mencoba memperkenalkan album debutnya yang dia harap bisa menginspirasi dan menularkan rasa bahagia bagi orang – orang yang menyimak dan mendengarkan komposisi lagu di album “THESAR” ini.

Album yang menampilkan 6 lagu karya dari gitaris kelahiran 12 April 1977 ini adalah album perdana yang keseluruhan lagunya bernuansakan warna – warna musik jazz. Beberapa musisi sahabat Thesar bahkan menyebut musik yang di mainkan Thesar adalah Smooth Jazz atau Cool Jazz.

“Ini adalah mini album atau karya yang pertama bagi saya, album ini berisi 6 buah lagu dengan durasi yang tidak terlalu panjang. Sejujurnya saya tidak terlalu memikirkan genre apa yang saya mainkan, karena mengalir begitu saja, tapi teman – teman saya menyebut musik saya smooth jazz atau cool jazz, saya terima saja kalo gitu”, terang Thesar

“Sejak awal, konsep saya adalah menjadikan gitar saya sebagai alat tulis lagu, saya ingin melodi saya menceritakan sesuatu, memainkan musik, sehingga mungkin tidak banyak teknik permainan gitar yang luar biasa dalam karakter permainan saya”, tambah Thesar lagi.

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg

Lewat 6 lagu yang berada di track list album ini Thesar banyak menyelipkan cerita atau makna yang menginspirasinya dalam menciptakan komposisi lagu per lagu seperti saat Thesar menghormati gitaris favoritnya yaitu “Jeff Beck” di lagu berjudul “SINGING JB” atau ketika Thesar mencoba berbagi cerita mengenai piring terbang kuno kendaraan para dewa yang di ceritakan dalam kitab agama Hindu melalui komposisi lagu berjudul “VIMANA”.

Selain berbagi hal – hal yang inspiratif, Thesar juga mencoba menggambarkan perasaan pribadi dalam lagu “19 YEARS” yang bercerita tentang suka dukanya selama 19 tahun bermain gitar dan bayangannya mengenai rumah yang merupakan tempat ternyaman buat dia dalam lagu “HOME FOR HER”. Dua lagu lainnya yaitu “LIVING SOUL” adalah lagu yang terinspirasi dari Nama band yang sempat di manajeri nya dan “THEN IT WAS YOU”, sebuah lagu yang komposisinya di rekam bersama sang adik yang juga seorang dosen, pemain bass dan musisi yang luar biasa.

Pada proses rekamannya, gitaris yang punya pengalaman mengajar selama 12 tahun di Yamaha Music School, Jakarta International Scholl, Music Temple dan pernah menjadi session player dari Dewi Sandra, Shelomita, TOFU dan Rebecca ini dibantu oleh musisi – musisi terbaik seperti Uthe (bass), Arby (bass), Rein beno (drum), Adeavery, Biondi Van Java (drum loop), Ria Zipie dari band ‘Are you Alone’ (vocal), Dani Tirto (keyboard), Denny Chasmala (rhythm guitar), Ferry (sax) dan Ami (trumpet).

Sementara untuk proses mixing dan masteringnya, album yang keseluruhan proses rekaman dan produksinya memakan waktu selama 2 tahun ini di finishing oleh produser dan gitaris kawakan Denny Chasmala. Untuk saat ini album ‘THESAR” ini bisa di pesan CD fisiknya melalui Thesar Management di nomer 081219876889, sedangkan untuk link download dan streaming digitalnya bakalan menyusul kemudian. Salam Musik Indonesia !! @fransiscuseko19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.