Scroll to Top

“Mau jadi apa?” Film Kilas Balik Kehidupan Anak Kampus Era 90-an Besutan Soleh Solihun

By admin / Published on Sunday, 19 Nov 2017 15:49 PM / No Comments / 114 views
Press Con Film Mau Jadi Apa

Cadaazz.com – Momen yang paling indah adalah saat kita bisa tertawa lepas, apalagi tertawa ataa kekonyolan  yang kita lakukan di masa lalu, bagian dari perjalanan kehidupan yang mengantar kita ke saat ini. Ini rumus wajib yang dialami semua orang, akan tetapi kemudian dikemas melalui sudut pandang seorang Soleh Solihun dalam debut filmnya “Mau Jadi Apa?

Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan komika Soleh Solihun mengajak penonton melihat balik masa kampus di tahun 1997-an. Mau Jadi Apa? berangkat dari pertanyaan yang sering dilontarkan orangtua atau dosen ketika melihat tingkah laku anak-anaknya.

Dikemas dalam cerita komedi, film yang mengambil sebagian besar syuting di kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung ini, filmnya berfokus pada pencarian jati diri di bangku perkuliahan hingga membuat majalah kampus dengan bumbu-bumbu percintaan.

Film cerita garapan Soleh Solihun, memang dibuat sebagai semacam memoar hidupnya sewaktu kuliah di Bandung era 1990-an akhir. Dimana film ini juga memotret sebagian kultur kehidupan mahasiswa era itu, termasuk musik yang sedang populer.

Soleh Solihun

“Susahnya itu saat mengambil gambar yang menggambarkan suasana 90-an. Karena kan Jatinangor sekarang beda sama dulu waktu saya kuliah tahun 97,” jelas Soleh Solihun,  jumpa pers film Mau Jadi Apa? di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, (17/11/)

“Mari sejenak bernostalgia dan tertawa akan perjalanan kehidupan yang membawa kita ke masa sekarang. Apalagi akhir tahun 90an itu kaya warna terutama bagi yang sedang duduk di bangku kuliah.Tapi jangah khawatir kita tertawa dari sudut pandang seorang Soleh Solihun yang mungkin pernah juga dialami banyak orang saat itu, yang pasti apapun itu film ini ada pesan moral yang hendak kita sampaikan,” ujar Chand Parwez selaku produser Starvision.

Film Mau Jadi Apa? berlatar waktu pada tahun 1997, dimana Soleh Solihun berhasil masuk Universitas Padjajaran. Kampus favorit dimasa sekarang ini dulunya kampus yang gersang dan lokasinya jauh dari mana-mana, membuat Soleh meragukan pilihannya. Pertanyaan yang timbul ialah, “Ngapain sih gue disini? Mau jadi apa nantinya?”.

Namun dikampus tersebut Soleh mendapatkan teman seperjuangan yang sama galaunya, Lukman (Boris Bokir) anak Bandung yang jago menggambar, ganteng tapi culun, Eko (Awwe) anak Jakarta penggemar musik yang doyan mencela, Marsyel (Adjis Doanibu) seorang hopeless romantic yang selalu sial, Syarif (Ricky Wattimena) anak Jakarta keturunan Arab dengan julukan si mulut besar dan Fey (Anggika Bolsterle) si blasteran yang cantik tapi agak sedikit gila.

Soleh dan teman-temannya akhirnya berinisiatif untuk mendirikan sebuah majalah kampus alternatif dengan nama Karung Goni, kependekan dari ‘Kabar, Ungkapan, Gosip dan Opini’. Dengan mengangkat hal-hal ringan dalam isi kontennya seperti musik, film, olahraga dan gosip percintaan antar mahasiswa.

Scene Film Mau Jadi Apa?

Namun mengelola Karung Goni bukanlah hal mudah, mereka harus menghadapi semua cibiran dari anak-anak Fakta Jatinangor, majalah super serius yang lebih dahulu mendominasi kampus, dipimpin oleh si arogan Panji (Ronal Surapradja). Bersamaan dengan masalah tersebut, Soleh juga harus berjuang untuk merebut hati Ros (Aurelie Moeremans), Slanker cantik yang telah membuatnya mabuk kepayang sejak awal masa-masa Ospek.

Film pertama garapan Soleh Solihun yang bekerja sama dengan Monty Tiwa dengan banyak melibatkan pemain ini akan tayang di bioskop mulai 30 November 2017. (@anggapridho)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1