Scroll to Top

Kolaborasi Sineas Jepang Dan Indonesia Hasilkan Film “Laut, The Man From The Sea”

By admin / Published on Wednesday, 08 Nov 2017 04:16 AM / No Comments / 1537 views

Cadaazz.com – Karya terbaru Koji Fukada (37), Laut (The Man From The Sea),telah merampungkan proses shootingnya selama sebulan penuh pada bulan Agustus lalu. Film ini sepenuhnya digarap di Banda Aceh dan merupakan kolaborasi antara rumah produksi Kaninga pictures (Indonesia)  dan Nikkatsu (Jepang).

Film bergenre Fantasy / Drama ini direncanakan akan di-release di Jepang awal tahun 2018 bertepatan dengan perayaan ulang tahun persahabatan Indonesia-Jepang ke-60, Sedangkan,film inj direncanakan akan tayang di Indonesia pada pertengahan tahun 2018.

Seperti yang pernah disampaikan oleh bapak Tsukamoto Norihisa, Director General the Japan Foundation, Jakarta, pada saat pembukaan Japanese Film Festival 2017 beberapa saat lalu, Laut (The Man From The Sea)  merupakan salah satu contoh kolaborasi yang lahir dari dialog budaya antara sineas Jepang dan Indonesia, dialog yang melahirkan kesepahaman ini diwujudkan dalam bentuk film yang mudah – mudahan dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dan Jepang, diharapkan kerjasama dibidang film ini diikuti oleh banyak pihak lainnya.

Laut (The Man From The Sea)  bercerita tentang seorang bernama Laut (Dean Fujioka) secara misterius ditemukan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh. Sejak kemunculannya ini, Laut melakukan berbagai macam keajaiban hingga insiden yang membuat banyak orang menjadi resah dan curiga, serta bertanya-tanya siapa sebenarnya pria misterius.

“Salah satu yang membuat film Laut (The Mam From The Sea) ini unik adalah menggunakan empat bahasa, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Jepang dan bahasa Aceh ” seperti yang disampaikan Sekar Sari di press con.

Sekar sari sendiri berperan sebagai wanita Aceh, “bahasa Aceh itu unik karna banyak akar – akar bahasa dari bahasa aceh jadi tantangan sendiri untuk bisa memerankan Wanita Aceh di Film Laut (The Man From The Sea) “sambungnya.

Dean Fujioka yang tidak dapat hadir namun menyapa melalui Videonya menyampaikan maaf tidak bisa hadir namun berjanji akan datang pertengahan tahun sepan dan sangat senang bisa bermain di film ini. Sebelumnya melalui film harmonium (Fuchi Ni Tatsu), Koji Fukada berhasil memperoleh Jury Prize pada “Un Certain Regard” dalam Festival Film Cannes yang ke 69 ditahun 2016.

“Ide dari film ini datang ketika saya pertama kali mengunjungi Banda Aceh pada bulan Maret 2011,tepat setelah gempa bumi besar yang ketika itu baru saja terjadi diJepang. Selama menjalani simposium bertemakan “Joint disaster recovery” yang digelar oleh Universitas Syiah Kuala dan Universitas Kyoto, cara pandang saya terhadap alam berubah secara dramatis. Alam bisa menjadi indah dan memberi, namun pada saat lain kekuatan destruktif alam juga dapat memusnahkan manusia” terang Koji Fukada.

Selain Dean Fujioka, Laut (The Men From The Sea)  juga dibintangi oleh deretan bintang lainnya seperti Taiga ,Junko Abe, Mayu Tsuruta, dan dari Indonesia ada Adipati Dolken dan Sekar Sari yang hadir dalam press con. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1