Scroll to Top

Film “Molulo : Jodoh Tak Bisa Dipaksa”, Terinspirasi Dari Sebuah Kisah Nyata

By admin / Published on Friday, 27 Oct 2017 10:29 AM / No Comments / 4312 views

Cadaazz.com – Kembali Film Indonesia berlatar belakang budaya kedaerahan akan menyapa pencinta film nasional. Kali ini film “MOLULO : Jodoh Tak Bisa di Paksa“, sebuah film drama komedi terbaru. Film ini adalah arahan dari sutradara bernama Irham Acho Bahtiar. Sedangkan untuk naskah skenarionya ditulis oleh beberapa penulis, yaitu Irham Acho Bahtiar, Arham Kendari, Halim Gani Safia, Agit Romon dan Indahelm.

Film ini diinspirasi dari sebuah kisah nyata yang pernah terjadi pada tahun 1972. Yang bercerita tentang sebuah Romantika diantara dua pasangan yang berlainan budaya, yaitu Makassar (Sulsel) dan Kendari (Sultra), sekaligus memperkenalkan kultur dan juga adat dari dua daerah itu, diantaranya yaitu mengangkat budaya tari Molulo, yang telah menjadi trend modern di masyarakat Kendari.

Selain menghibur dan menyinggung tentang budaya perjodohan, film ini juga bertujuan untuk memperkenalkan sebuah budaya unik yang sampai saat ini masih dipertahankan oleh suku Tolaki di Kendari yakni budaya tarian Molulo yang merupakan simbol persatuan di Sulawesi tenggara. Sutradaranya sendiri yang juga masih berdarah Kendari sengaja mengambil inspirasi ceritanya dari kisah yang benar – benar pernah ada dimasa lalu kemudian disadur kedalam masa kekinian.

Dalam masa pembuatan nya selama kurang lebih 25 hari, film ini menggunakan gabungan sineas dari Makassar Kendari dan Papua, sebagian kru inti didatangkan dari Jakarta sedangkan sisanya dari daerah daerah setempat. Ini adalah cita – cita dari sutradara yang ingin mengkolaborasikan kekuatan sineas – sineas dari timur kedalam satu karya termasuk juga menggabungkan para aktor dan aktris dari timur.

Film ini berkisah tentang penjodohan anak dari dua pengusaha toko pakaian, yaitu keluarga Haji Sise dengan keluarga Haji Matto. Yang menjodohkan Tiar dengan Musdalifah sepupunya sendiri, Mereka memiliki impian ingin menyatukan usaha mereka agar dapat menadi besar nantinya. Namun diluar dugaan mereka. ternyata Tiar dengan keras menolak perjodohan tersebut, berbeda dengan Musdalifah yang sangat berharap dengan perjodohan tersebut.

Pada suatu ketika Tiar bertemu dengan Ros, yaitu seorang gadis asal Kendari yang berhasil menarik perhatiannya. Waktu itu Ros hendak pulang ke kampung halamannya. Tepat di hari pelamaran berlangsung, Tiar mendadak kabur dengan sahabat karibnya yaitu Dodi. Pelarian tersebut dilakukan bersama dengan Truk milik Zakka dan Ali, yang ternyata truk itu menuju ke Kota Palu. Hingga akhirnya berhenti di Kendari.

Ternyata Ros bukanlah tipe gadis yang mudah untuk diajak berbicara, dari perantaraan temannya Arham yang berada di kota Kendari, Tiar terpaksa harus belajar dan berlatih tarian Molulo untuk dapat mendekati Ros disebuah pesta. Seperti apakah keseruan kisahnya? Apakah Tiar dapat menaklukkan hati Ros?

Film Drama Comedy besutan DCU Production & Rumah Semut Film didukung oleh Andi Arsyil, Muhadkly Acho, Musdalifah Basri, Arlita Reggiana, Arham Kendari, Dodi Mahuze, Lutfi Sato, Arnold Sisham dan pemain pendukung lainnya akan tayang mulai dibioskop tanggal 2 November 2017.(@enny_hdyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.