Scroll to Top

Single “Benar Nyata” Ajang Pembuktian Nino RAN dan Nagita Slavina

By admin / Published on Saturday, 14 Oct 2017 03:06 AM / No Comments / 560 views

Cadaazz.com – Setelah lama berkarya khususnya di dunia musik Indonesia, akhirnya Nino benar-benar mencoba sebuah tantangan baru. Lebih dari 10 tahun lamanya berkarya bersama Rayi Putra dan Astono Andoko di dalam grup musik RAN, Nino menghasilkan karya yang cukup banyak. Lima album dan ditambah lebih dari 50 lagu bersama Lale dan Ilman dalam kurun tiga tahun ke belakang sukses memberikan catatan bahwa Nino adalah seorang musisi yang sangat produktif. Namun semuanya belum cukup untuk dirinya, masih banyak keinginan yang harus dilakukan sebagai seorang seniman. Salah satunya adalah memberikan karya di bawah namanya sendiri.

Tidak hanya sebatas angan, Nino mencoba merealisasikan hasrat tersebut menjadi kenyataan. Dengan dukungan dari lingkungan terdekat hingga teman-teman sesama musisi, semangat untuk menyuguhkan karya di bawah namanya sendiri muncul dan digarapnya segera. Terutama dalam tubuh RAN sebagai poros utama Nino dalam berkarya. Memang dikenal sebagai grup musik, tetapi bagi para personel, RAN adalah rumah yang membebaskan mereka untuk menghasilkan karya sebanyak dan seluas mungkin. Ketika restu sudah semua terkumpul, Nino resmi berangkat dengan proyek solonya.

“Proyek solo ini lebih berkaca dengan perjalanan musik dan apa yang sudah saya pribadi lakukan lebih dari sepuluh tahun lamanya. Selama ini saya sudah berkarya bersama RAN, begitu juga dengan proyek songwriting bersama lale dan ilman (Maliq & D’essentials). Dan di momen ini, saya ingin memberikan karya lainnya dimana orang-orang akan mengenal seorang Nino seutuhnya,” ujar musisi bernama lengkap Anindyo Baskoro ini.

Sebuah single bertajuk Benar Nyata hadir di tengah-tengah maraknya blantika musik Indonesia. Karya yang tercipta dari songwriter andal Widi Puradiredja yang sekaligus salah satu sosok berpengaruh untuk Nino dalam menciptakan karya-karyanya lebih dari 10 tahun belakangan. Uniknya, lagu ini sudah tercipta dan tersimpan sejak tahun 2013 lalu namun memiliki magnet yang besar untuk Nino memulai proyek solonya.

“Perjalanan lagu Benar Nyata ini memang cukup unik. Pada awalnya lagu ini tercipta untuk Nagita Slavina yang dibawakan bersama saya, tapi entah mengapa tidak jadi keluar. Sampai akhirnya saya terpikir kembali tentang lagu ini, lagu yang bagus dan sayang jika tidak keluar. Saya hubungi Nagita dan ternyata dia setuju untuk dirilis. Akhirnya kami merekamnya ulang di pertengahan tahun 2017 kemarin,” ujar Nino menjelaskan.

Selain lagu Benar Nyata yang dinilai sayang untuk tidak dirilis, keberadaan Nagita Slavina juga menjadi tantangan tersendiri bagi Nino. Bagaimana seorang Nino bisa menjadikan Nagita sebagai seorang penyanyi ketimbang sosok entertainer yang selama ini dikenal oleh orang banyak. Apalagi lagu ini bukan ditulisnya sendiri, ada tantangan lain untuk membawakannya dengan baik sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Dan hasilnya sangat memuaskan, vokal antara Nino dan Nagita Slavina serta aransemen musik yang dibuat sukses melebur dan menjadikan sebuah materi yang mudah didengar dan dicerna.

“Sebenarnya memang aku suka nyanyi dan memang ingin jadi penyanyi. Tapi sayangnya aku itu pemalu, apalagi kalau disuruh bernyanyi. Keberadaan Nino di sini sangat banyak membantu di sisi itu, dia melihat kemauan aku untuk bernyanyi dan bisa mengarahkan bagaimana caranya aku bisa membawakan lagu Benar Nyata sesuai dengan harapan kami berdua. Bernyanyi dan bersanding dengan Nino menyenangkan, apalagi kami memiliki audiens yang berbeda. Mudah-mudahan lagu ini bisa menjadi jembatan kami berdua untuk karya – karya lainnya,” ungkap Nagita Slavina.

“Dalam perjalanan baru ini, saya hanya mencoba untuk menjadi diri sendiri. Saya, Nagita dan Benar Nyata hadir seutuhnya, aktual dan lebih lepas dibanding berada di RAN atau di tempat lain dimana saya berkarya. Semoga Benar Nyata bisa membawa saya ke audiens yang lebih luas lagi dan memberikan semangat lain untuk terus berkarya baik untuk RAN, LaleIlmanNino atau untuk diri saya sendiri di ke depannya nanti,” ujar Nino dengan harapannya. Single Benar Nyata dari Nino, Nagita resmi dirilis dan bisa didapatkan di beragam gerai digital dan layanan musik streaming. Semoga karya terbaru ini menjadi salah satu karya yang dapat diapresiasi dengan baik dan menjadi pemeriah di maraknya musik Indonesia. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

UA-131866695-1