Scroll to Top

Group Band Indie 90-an, RUMAHSAKIT Akan Buka Konser ASH Malam Minggu Besok Di Bali

By admin / Published on Friday, 23 Nov 2018 07:44 AM / No Comments / 104 views

 

Cadaazz.com – RUMAHSAKIT adalah band indie berpengaruh di era 90-an yang bakal kembali tampil pada akhir pekan ini disebuah konser group band luar negeri asal Irlandia, ASH. Kemunculan kembali Rumahsakit tentu saja bakal mengobati kerinduan anak – anak indie tahun 90-an yang setia mengikuti perjalanan karir mereka dahulu. Walaupun tampil sebagai band pembuka di konser ASH dan acaranya sendiri akan berlangsung di Bali, nampaknya kehadiran Rumahsakit bakal menjadi daya Tarik sendiri di acara tersebut.

Rumahsakit dikenal sebagai salah satu pionir gerakan indie Jakarta. Dibentuk pada 1994 di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), band ini sukses merilis album debut berjudul rumahsakit pada 1998. Dua lagu klasik mereka yang termuat dalam album ini, Hilang dan Pop Kinetik masih kerap diputar di radio hingga kekinian. Album kedua mereka Nol Derajat yang dirilis pada 2000, penuh dengan eksperimentasi puspawarna suara dan lirik-lirik lebih kelam. Dengan single seperti Terbalik, Kuning, Mati Suri, dan Anomali, Nol Derajat sukses menjadi album cult yang banyak diburu oleh para kolektor.

Setelah periode panjang manggung hampir setiap minggu tanpa materi baru, band ini memutuskan untuk bubar pada 2004. Pada 2010, rumahsakit memutuskan untuk tampil kembali dalam sebuah gig di Bulungan, Jakarta; yang dihadiri oleh ribuan orang, yang datang hanya demi menyaksikan penampilan mereka. Pengalaman ini menginspirasi mereka untuk bersatu kembali; dan dua tahun kemudian, album baru 1+2 pun dirilis.

Album ini memuat empat lagu lagu baru, serta empat lagu yang direkam ulang dari dua album terdahulu. 1+2 yang diluncurkan setelah mereka merilis single pertama Bernyanyi Menunggu yang bisa diunduh gratis ini, begitu dinantikan dengan penuh antusias oleh para penggemar mereka. Tiket untuk konser peluncuran album baru ini terjual hanya dalam waktu beberapa menit saja, dengan ratusan penggemar dengan setia tetap berjubel di luar venue acara. Single kedua berjudul Sirna, menjadi lagu perpisahan bagi Andri LMS, vokalis rumahsakit yang memutuskan untuk hengkang dari band pada awal 2014.

Tak butuh waktu lama, band ini menemukan vokalis baru, Arief Bakrie. Album dalam formasi baru bertajuk +imeless pun dirilis pada April 2015, yang menawarkan komposisi suara yang anyar dan lebih segar; dengan mengeksplorasi jangkauan vokal Arief yang lebar dan gampang beradaptasi. Album ini berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan masuk dalam jajaran album terbaik 2015 versi CNN dan Rolling Stone Indonesia. RUMAHSAKIT adalah Marky Nayoan, Mickey, Fadhly Wardhana, Sadam, dan Arief Bakrie. (SPR + @fransiscuseko19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.