Scroll to Top

Film “Ambu” Angkat Ketegaran Seorang Ibu Berlatar Belakang Kearifan Lokal Tanah Baduy.

By admin / Published on Friday, 26 Oct 2018 08:39 AM / No Comments / 111 views

Cadaazz.com – Film Indonesia semakin berwarna dengan kehadiran sebuah film yang mengangkat ketegaran seorang ibu dan kearifan lokal tanah Baduy di film bertajuk “Ambu” yang merupakan film perdana dari Rumah produksi Skytree Pictures.

Film drama berjudul Ambu yang mengambil latar tentang budaya suku Baduy tersebut diakui sang sutradara Farid Dermawan, berdasarkan kecantikan alam dan semua yang ada di Baduy.

“Kami memilih Baduy sebagai latar cerita, karena didasari oleh kecantikan dan alamnya. Ambu dalam bahasa sunda adalah ibu. Tercitra karakter tiga wanita kuat yang ada di dalam film ini. Disini kita mencoba mengangkat tentang ketegaran dan konflik batin seorang ibu terhadap anaknya.” kata Farid Dermawan dalam jumpa pers perilisan poster dan teaser film “Ambu” di The Hook, Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/18).

“Ambu itu sebuah personalisasi perempuan Indonesia yang membangun karakter bangsa dari yang kecil, yaitu keluarga,” tambah Farid

Laudya Cynthia Bella didapuk  sebagai Fatma, perempuan Baduy yang berpegang teguh dengan prinsip.

“Aku orang baduy, jadi aku keras karena punya prinsip. Aku dididik sama Ambu, yang memang cukup keras. Karakter Fatma berani ambil keputusan. Karena prinsip kuat berani ambil keputusan,” papar Laudya Cynthia Bella menceritakan perannya dalam film Ambu.

Saat di lokasi syuting Bella terkesan dengan keindahan alam yang terdapat di lokasi syuting.

“Di sana enggak berasa syuting. Suasana alamnya indah dan segar, kita menikmati. Seru kita enggak main hp dan sosmed, ngabisin waktu cuma ngobrol, makan kuaci, dengerin krik-krik (jangkrik). Di situ aku merasa di Baduy, menghilangkan elektronik ternyata lebih enak dan lebih bersosialisasi. Jadi pegang hp ada jadwalnya,”tambahnya.

Lain bela lain aktris senior Widyawati yang berperan sebagai Misnah, perempuan suku Baduy dalam film Ambu. Ia merasa “dikerjai” selama proses syuting.

“Maksudnya saya harus pakai rambut extension panjang sekali, sementara sebelumnya (rambut) saya pendek. Itu makan waktu cukup lama dan berat, susah tidurnya, udah gitu mata mata saya dibikin hitam, jadi saya harus gunakan soft lens. Tapi senang banget bisa bergabung dalam produk ini,” ucap Widyawati

Ambu menceritakan tentang Ambu Misnah (Widyawati) yang ditinggal anak perempuannya, Fatma (Laudya Cynthia Bella), pergi dari rumah mereka di Baduy demi cintanya pada pemuda Jakarta. Fatma kemudian memiliki anak bernama Nona (Luthesa). Suatu hari, Fatma membawa Nona pulang ke Baduy hingga polemik keluarga muncul.

Film yang skenarionya di tulis oleh Titien Wattimena didukungan pemain seperti Widyawati, Laudya Chintya Bella, Luthesa, Endhita, Baim Wong, Andri Mashadi dan lainnya ini direncanakan akan rilis Januari 2019. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.