Scroll to Top

Pendekatan Live Looping Dari Fabian Winandi Di single “Makna”

By admin / Published on Tuesday, 09 Oct 2018 07:38 AM / No Comments / 83 views

Cadaazz.com – Fabian Winandi, Pria kelahiran Bandung, 1991 ini adalah seorang vokalis, gitaris, sekaligus penulis lagu. Sejak usia 12 tahun, ia telah memiliki ketertarikan yang besar terhadap musik, terutama dengan alat musik gitar. Pengaruh musik dari sang ayah lah yang mengantarkannya lebih serius dalam mendalami profesi sebagai musisi. Setelah lebih dari 3 tahun berkarir di dunia musik, penampilan Fabian semakin identik dengan aksi live looping yang selalu ia bawakan. Kali ini, lagu “Makna” merupakan lagu yang dibuat menggunakan pendekatan live-looping tersebut.

Makna adalah lagu ke-3 dari Album “Surat” yang akan dibuat menjadi video musik. Di lagu ini, Fabian Winandi mengisahkan tentang sosok wanita yang menjadi kuat dengan caranya sendiri. Ia adalah sosok yang penuh ragu, mudah lelah dan seringkali sulit melawan kerasnya hidup. Sepintas sosoknya terlihat lemah, namun dibalik itu semua, wanita ini selalu memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Di saat dia ragu, dia tidak pernah berhenti percaya. ia mungkin sering lelah, tapi ia tidak pernah menyerah. Dan ia menghadapi kerasnya hidup dengan kelembutan, ketenangan, dan kehangatan, membawa kebahagiaan pada sekitarnya. Lagu ini bercerita tentang bagaimana kita lebih kuat dari yang kita kira, serta bagaimana semua orang merupakan bagian penting bagi hidup orang lainnya.

Fabian membawakan lagu makna dengan nada-nada yang romantis meski tetap berenergi. Seperti layaknya sosok yang ia gambarkan, musik yang mengiringi lagu makna terasa lembut namun kuat. Lirik yang dinyanyikan Fabian kadang penuh, namun berujung dengan lantunan yang menghanyutkan. Ada perasaan bahagia yang ingin disampaikan, tapi ada juga janji yang harus selalu ditepati. “Makna” adalah lagu yang lebih dalam, meskipun bisa terasa ringan didengarkan. Sebagai bagian dari album “Surat”, “Makna” bukan sekadar lagu yang dinyanyikan. Lagu ini adalah hasil dari koleksi pengalaman, perasaan, dan harapan yang Fabian Winandi bawa dalam keseharian.

Dalam proses pembuatannya, Fabian mencoba merumuskan caranya membawakan lagu ini secara apik menggunakan loopstation andalannya. Fabian Winandi menulis dan memproduksi sendiri lagu Makna, dengan pengembangan lirik dibantu oleh Sutansyah Marahakim. Fabian Winandi juga dibantu Wordshelf studio dalam pengembangan konten, Demajors sebagai partner distribusi, serta Bels Management sebagai pengelola materi komunikasi dan seluruh aspek kegiatan bermusik Fabian Winandi. Pada lagu ini, Fabian juga berkolaborasi dengan Ari ‘Aru’ Renaldi untuk proses mixing dan mastering-nya.

Video lirik Makna dibuat oleh Tito Yusuf dan bisa dinikmati di channel Youtube Fabian Winandi. Video musik utama Makna dibuat secara animasi oleh Seeds Motion. Kualitas visual, teknis, maupun cerita digarap dengan serius, mengingat Seeds Motion sendiri berpengalaman dalam proyek berskala internasional seperti Video Mapping Garuda Wisnu Kencana. Dalam musik video animasi Makna, penggabungan animasi 2D dan 3D membalut cerita perjalanan sepasang manusia yang mencoba menyelamatkan hutan fantasinya. Kisah ini ditutup dengan fakta tragis, namun menyuarakan pesan yang tetap menenangkan.

Bagi yang beruntung bisa menyaksikan live performance Fabian Winandi, penonton akan menemukan Fabian sebagai sosok yang unik. Di luar gayanya yang canggung dan penuh senyum, ia seringkali menyanyikan lirik-lirik yang mendalam dengan diiringi musik-musik yang menghanyutkan. Di lagu-lagunya yang lain, Fabian mengajak penonton bernyanyi bersama, melompat, bahkan meneriakkan lirik penuh semangat dalam balutan musik yang energik. Inilah kelebihan Fabian Winandi sebagai seorang musisi eklektik; ia mampu membawa penonton tenggelam dalam beragam suasana. Karena bagi Fabian Winandi, selama sebuah musik dapat menghibur penonton, maka ia akan menyanyikannya dengan sepenuh hati. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.