Scroll to Top

Film ‘Munafik 2’, Kreatifitas Syamsul Yusof Sebagai Produser, Sutradara, Penulis, Pemain dan komposer.

By admin / Published on Saturday, 29 Sep 2018 10:15 AM / No Comments / 242 views

Cadaazz.com – Setelah sukses dengan film “Munafik“, Skop Productions bekerjasama dengan CBI  kembali hadirkan film sekuelnya berjudul “Munafik 2“. Masih bergenre Horor Religi film Munafik 2 kembali di tangani oleh Syamsul Yusof, tak tanggung – tanggung ia memborong kembali posisi penting di sebuah produksi film. Mulai dari produser, sutradara, penulis, pemain hingga Composer.

Diakui aktor Malaysia ini, awal mula membuat film dengan banyak posisi yang dilakukannya itu memang banyak yang tidak nyakin atau kemampuannya. Namun ia percaya ia bisa membuat semua itu dengan baik. Bahkan diakui aktor yang sudah sering bermain di film – film di Malaysia ini tidak dipercaya bisa melakukan semua posisi tersebut. Bahkan aktor ini dari film pertama terkenal banyak memiliki posisi di sebuah produksi film di Malaysia

“Tapi saya rasa saya mampu buat dan saya suka mencoba menantang diri saya jadinya saya melakukan semuanya, mulai dari jadi produser, penulis sutradara, pemain sampai jadi composer. Dan saya buktikan, kalau bukan kita sendiri yang percaya dengan kemampuan kita siapa lagi,” kata Syamsul Yusof saat di temui di Pullman Hotel Jakarta, Kamis (27/9/18).

“Selain itu, di Malaysia biaya produksinya tidak sebesar Indonesia, bahkan tidak sebesar Internasional. Jadi sulit mencari orang yang bagus benar buat trailernya, dan lainya,  jadi ketika saya kerjakan semua saya benar – benar dapat apa yang saya mau sesuai dengan apa yang ada di pikiran saya hasilnya,” tambahnya.

Ketika mengerjakan semuanya, Syamsul Yusof mengaku pening karena diakuinya pengerjaan film bergenre religi horor cukup lama karena tak hanya jadi sutradara tapi sekaligus jadi pemain.

“Pening, sebab itu waktu syutingnya panjang untuk film horor di malaysia, sekitar 70 hari untuk film. Tapi untungnya saya pemainnya, sutradara, juga penulis nya jadi saya tahu detail dan mau kearah mana film ini. Dan apalagi film kedua ini lebih besar sekupnya (jangkauannya) tentang masyakarat, wataknya (karakter) lebih banyak. Disini saya kerasuk, diikat dan dirantai, jadi itu yang membuat lama syutingnya.

“Saya selain mau menulis karya yang baik buat saya. Saya merupakan Seorang director yang suka sharing dengan para pemain sehingga setiap pemain bisa mendalami karakternya secara maksimal, awalnya mereka juga aneh melihat cara kerja saya, tapi akhirnya mereka terbiasa,” ujar Syamsul Yusof

Soal pemilihan pemain utama yang jatuh pada Maya Karin aktris asal Malaysia yang sudah banyak berperan di film – film Malaysia ini karena kemampuan aktingnya yang bagus.

“Maya Karin adalah pemain yang bagus yang saya nyakin karakter dalam film ini pas dan itu terbukti, selain itu karena Maya adalah aktris yang meraih penghargaan sebagai pemain wanita terbaik di Festival fllm Asia Pasifik yang ke-49,”kata Syamsul

“Ini pertama kali saya terlibat di film Munafik 2, munafik 1 sempat di hubungi namun karena kesibukan dan lain hal, saya tidak bisa bergabung, disini karakter seseorang sebagai Sakinah yang tinggal bersama bapak dan saya sebagai single parents yang menentang ajaran sesat dari seseorang yang juga dendam dengan Sakinah, saya seneng bisa terlibat di film ini, film yang tak hanya horor tapi ada ilmunya,”kata Maya Karin

Selain Maya Karin, ada yang spesial di film ini, pemain dari Indonesia satu – satunya yang terlibat di film horor religi Malaysia ini adalah Weni Panca yang sangat seneng dan bangga bisa terlibat dalam produksi film Munafik 2 ini.

“Saat di casting via video gue sih ga percaya ternyata gue dipilih mereka, dan ga nyangka ternyata karakter gue viral disana, seneng banget. Mudah – mudahan para penonton suka filmnya,” ungkap Weni Panca.

Munafik 2 bisa dibilang merupakan film horor terbaik. Berbeda dari horor biasanya yang hanya menampilkan jalan cerita kehidupan sehari-hari dan mudah ditebak, Munafik 2 dikemas dengan cerita tak biasa ditambah unsur lokal dan juga dibumbui oleh kesan religi.

Harapan Syamsul terhadap film ‘Munafik 2’, yaitu agar karyanya tersebut bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Sebab, film ini lebih banyak berbicara soal agama. Dia juga berharap orang-orang yang telah menonton bisa mendapat pesan yang terdapat dalam film.

“Saya ga ada target penonton, mudah-mudahan film ini sukses. Sebenarnya ada pandangan yang mengatakan film ini sukses karena agama, konten, padahal film agama itu lagi susah untuk dijual. Mungkin, kelebihan saya dari sudut marketing, visual, editing, supaya orang tertarik mau (nonton film) agama,” pungkas Syamsul.

Film ‘Munafik 2’ bercerita tentang Sakinah, seorang ibu tunggal yang tinggal di desa terpencil. Dia dihantui oleh roh jahat yang terkait dengan Abuja, seorang pria dengan ajaran agama yang sesat. Pria bernama Adam pun harus menyelamatkan Sakinah dari roh jahat dan siksaan Abujal.

Film besutan Skop Productions yang didukung oleh pemain seperti Syamsul Yusof, Maya Karin, Weni Panca, Mawi, Fizz Fairuz, Fauzi Nawawi, Datuk Rahim Razali, Nasir Bilal Khan dan Ku Faridah sudah bisa disaksikan di bioskop Tanah Air sejak 26 September 2018.(@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.