Scroll to Top

Berlatar Belakang Paskibra, Film ‘Siap Gan’ Tumbuhkan Jiwa dan Semangat NasionaIisme Generasi Millenial.

By admin / Published on Sunday, 09 Sep 2018 09:47 AM / No Comments / 155 views

Cadaazz.com – Mengusung komedi remaja dengan latar belakang paskibra siap hadir di bioskop Indonesia, film besutan Muara Prima Entertainment ini mengangkat cerita berlatar Paskibra dikemas sebagai film komedi remaja dengan tema nasionalisme yang kental namun dihadirkan dengan cair merefleksikan kehidupan sehari-hari seorang anak manusia. Mengambil setting di kota Surabaya dan penggunaan dialek khas-nya menjadikan kisah para tokoh dalam film terasa begitu nyata dan mengalir apa adanya.

Diperuntukan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat nasionaIisme pada remaja, sutradara spesialisasi drama komedi Ody C. Harahap dipastikan dapat mengisi kekosongan peran tersebut dalam sajian penuh gelak tawa yang akan menginspirasi generasi muda Indonesia. Alasan di pilihnya Surabaya sebagai lokasi syuting menurut Ody C Harahap ada dua alasan kuat. Alasannya karena hanya kota itu yang memenuhi semua syarat sebagai lokasi cerita. Julukannya Kota Pahlawan. Pada sisi lain, terkenal satu lokalisasi pelacuran terbesar di Asia Tenggara bernama Gang Dolly yang mulai eksis sejak medio 1960-an.

“Surabaya itu kota pahlawan dan sekaligus kota pelacuran terbesar di Asia, disitu cerita dikembangkan. Ide awalnya muncul saat gue dan teman mengobrol ngalor-ngidul. Eh, tiba-tiba topik pembicaraannya tentang pelacur nasionalis,” ungkap Ody C Harahap Sutradara Film Siap Gan! disela Presscreening dan pressconferance di CGV, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/18).

“Dengan adanya Film SIAP GAN!, kami berharap dapat menumbuhkan semangat Nasionalisme kepada anak-anak muda sekarang dan tidak melupakan sejarah Bangsa,” kata Gousta Feriza, SH, MH, selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Purna Paskibraka (PPI).

Bagi Rini Mentari, film Siap Gan!! adalah film pertama dan sempat menjadi sebuah beban saat melakoni karakter  Nina di film Siap Gan!.

“Ini film pertama aku sebagai pemeran utama, Aku sih awalnya doang yang kayak beban. Tapi, lama-lama ya sudah deh, aku sudah berusaha semampu dan semaksimalnya aku. Mudah-mudahan hasilnya baik, aku belajar baris berbaris juga dan semua yang berhubungan dengan Paskibra. Ya lumayan satu bulan,”ujar Rini

Sedangkan Yama Carlos mengaku senang bisa bermain di film Siap Gan. Sebab, dia bisa menginap di hotel penuh sejarah, Hotel Majapahit, Surabaya. Hotel tersebut menjadi saksi sejarah peristiwa perobekan bendera Belanda, pada 19 September 1945.

“Seneng (nginap di Hotel Majapahit). Kalau dulu kan, kapan nih bisa nginep di hotel Majapahit, akhirnya kesampean sebulan nginep, sebulan full,” ujar Yama sumringah.

SIAP GAN! bercerita tentang seorang gadis putus sekolah tamatan SMP bemama Nina yang mencoba mengadu nasib di Surabaya. Terhimpit situasi ekonomi ia berniat mengikuti jejak seorang temannya, Vivi, yang bekerja sebagai seorang Wanita Tuna Susila. Namun belum sempat niat Nina terwujud, ia sudah tertimpa sebuah insiden razia di lokasi pertama kali ia mencari pelanggan, yang kemudian membuatnya terjebak di sebuah asrama petatihan PASKIBRA. Di sana Nina bertemu dengan seorang pria tua bemama Pak Salman. Veteran pelaku sejarah, mantan anggota tentara pelajar.

Di dalam asrama Paskibra, begitu banyak pengalaman baru untuk Nina yang mengejar untuk lebih menghargai hidupnya saat ini. Nina merasakan rasa dan semangat yang berbeda Diiringi hentakan musik dan lagu bersemangat ‘Merah putihku’ dari group Band KOTAK, jiwa nasionalisme mulai tumbuh pada duri seorang Nina.

Film SIAP GAN! didukung oleh Rini Mentari, Aulia Sarah, Mentari De Marelle, Qausar Harta Yudana, Yama Carlos , Rudolf Puspa, Indra Burawa, Nadya Arina mulai tayang 13 September 2018. (@enny_hdyn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.