Scroll to Top

Kolektiva Muda dan KPAI Gelar Kampanye Perlawanan Terhadap kekerasan Pada Anak Lewat Konser Musik ‘EMACA’

By admin / Published on Friday, 31 Aug 2018 14:08 PM / No Comments / 168 views

Cadaazz.com – Awal 2018, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat bahwa pelaku tertinggi kekerasan pada anak adalah orangtua kandung, yakni sejumlah 62%. Sebagai sebuah kampanye perlawanan terhadap kekerasan pada anak, Kolektiva Muda, sebuah komunitas kreatif anak muda akan menggelar acara Electronic Music Against Child Abuse (EMACA).

“EMACA mengusung misi mencegah keberlanjutan kekerasan pada anak dan menyulut awareness kepada millenials untuk ikut aktif memutus rantai kekerasan pada anak,” papar Arif Maulana, ketua pelaksana EMACA di Jakarta (29/08/2018). Menurut Arif, musik elektronik menjadi seni yang komunikatif karena teknologi sangat dekat dan memudahkan praktik keseharian generasi millennials, yakni generasi orangtua baru sekaligus calon-calon orangtua yang akan mengasuh serta berhadapan dengan anak-anak di kemudian hari.

EMACA akan digelar tanggal 9 September 2018 pukul 17.00 sampai 23.00 WIB di Mondo by The Rooftop, Cilandak, Jakarta Selatan. Dalam acara ini juga akan ada dialog interaktif dengan Rita Pranawati, M.A. selaku Wakil Ketua  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

“Ini acara bagus karena metode mencegahnya tepat. Sebagian orangtua baru & calon orangtua belum pernah mendapat paparan isu tentang bagaimana menjadi orangtua yang baik. KPAI punya riset bahwa problem pengasuhan luar biasa banyak, terutama di fase awal pengasuhan anak” demikian sambut Rita di Jakarta (29/08/2018).

Padahal, lanjut Rita, fase awal pengasuhan adalah fase paling penting tapi kesadaran publik rendah. “Di acara ini, saya akan menjelaskan pentingnya pengasuhan yang baik. Karena pengasuhan itu berdampak panjang bagi anak-anak serta bangsa.” Demikian ujar Rita. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.