Scroll to Top

Setelah Rilis 4 Single, Akhirnya HUTAN HUJAN Luncurkan Album Debutnya

By admin / Published on Saturday, 26 May 2018 22:51 PM / No Comments / 22 views

Cadaazz.com – Beberapa waktu lalu Hutan Hujan merilis (Self-Titled) Album, dirilis oleh salah satu records label independen kota Malang FORGET THE PAIN, INC. Yang selama ini lebih sering merilis karya band-band metal, hardcore dan punk. Hal ini tentunya tidak menjadi masalah karena pastinya label independen lebih bebas untuk mengapresiasikan suatu karya dalam bentuk rilisan fisik. Untuk awal album Hutan Hujan hanya dirilis dalam bentuk audio cd (compact disc), tetapi dalam beberapa waktu kedepan akan dirilis juga dalam bentuk rilisan fisik yang lain (cassette, vinyl) serta distribusi kebeberapa platform digital.

Setelah sekitar selama setahun (2017) Hutan Hujan merilis 4 single secara bertahap dan menjalani serangkaian promo tour radio dan media, Awal april 2018 diputuskan tanggal 21 April 2018 untuk perilisan albumnya. Tanggal 21 April dirasa menjadi waktu yang tepat karena bertepatan dengan acara “Record Store Day Malang 2018” yang digelar rutin setiap tahunnya oleh komunitas label independen dan beberapa komunitas pedagang rilisan fisik yang ada dikota Malang dan sekitarnya. Dalam kurun waktu sekitar 3 minggu semua proses persiapan album dikerjakan dengan kondisi yang sangat terbatas, namun itu tidak menjadi halangan, tepat sehari sebelum tanggal perilisan semua sudah terselesaikan.

Ada 10 lagu dalam album (Self-Titled) Hutan Hujan, 3 lagu diantaranya sudah dirilis menjadi single awal (Gradasi Alam Sadar, Pencinta Langit Senja, Me And My Friends), Serta 1 lagu yang pertama kali dipublikasikan (Hutan Hujan promo version) tetapi yang dalam versi album adalah komposisi akhir (album version). Seperti yang sudah pernah disampaikan sebelumnya dalam album ini lirik-lirik yang ditulis berasal dari kisah atau hasil pemikiran masing-masing personel, dibalut dengan aransemen sederhana yang variatif ala khas Hutan Hujan. Satu hal yang pasti nuansa akustik lebih ditonjolkan dalam album perdana ini.

Tidak ada rencana khusus buat Hutan Hujan sesudah perilisan album ini, hanya beberapa promo sederhana dan beberapa gigs yang sudah dijadwalkan. Jadwal dan kegiatan yang pasti adalah mulai lagi membuat materi karya baru, beberapa sudah siap untuk eksekusi masuk studio lagi. Terimakasih untuk semua teman-teman (label, komunitas, radio, media) yang sudah banyak membantu sampai Self-Titled album Hutan Hujan bisa dirilis. Salam hangat dan sampai jumpa dengan karya-karya sederhana Hutan Hujan berikutnya.(SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.