Scroll to Top

Pendaftaran Peserta LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 Program Dari Bekraf, Miles Films dan International Design School Telah Dibuka

By admin / Published on Wednesday, 18 Apr 2018 02:19 AM / No Comments / 640 views
triawan Munaf (Bekraf bersama para juri LCLA 2018, Riri Riza, Mira Lesmana dan Aksan Syuman

Cadaazz.com – Badan Ekonomi kreatif (Bekraf) secara resmi meluncurkan program LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 hari senin tanggal 16 april 2018 di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia. Acara ini hasil kerja sama  dengan Miles films dan International Design School (IDS)  melalui film Kulari Ke Pantai.

Hadir dalam presscon bapak Triawan Munaf, menjelaskan “Dalam pertemuan saya  dengan bapak presiden Jokowi dan Mira Lesmana beberapa waktu lalu,beliau mengajak untuk menggalakkan kembali produksi lagu-lagu anak-anak, karena kondisinya yang memprihatinkan harus segera diatasi, inilah inisiatif Bekraf untuk menjawab keprihatinan tersebut.

Harapannya LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 dapat memicu kreatifitas produktifitas masyarakat dan pelaku musik untuk menghasilkan lagu anak-anak yang berkualitas, satu catatan bahwa lagu anak-anak tidak harus dibawakan atau dinyanyikan anak-anak, karena anak-anak tidak boleh jadi pelaku profesional, jadi diharapkan group-group band, atau pelaku industri yang peduli terhadap lagu anak membawakan lagu anak, seperti RAN, karna anak-anak jangan sampai kehilangan perspektif anak atau masa anak-anak nya.

Triawan Munaf (Bekraf)

Triawan menambahkan “Mira Lesmana dan Riri Riza yang sedang menggarap film anak-anak Kulari Kepantai. Dinilai  akan menjadi partner yang sangat cocok demi suksesnya program Lomba Cipta Lagu Anak 2018. Terbukti mereka telah menghasilkan film anak-anak yang sukses ,seperti Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi,sekaligus menelurkan lagu-lagu untuk anak yang sukses bersama film-film nya”, tuturnya

Menurut Managing Director IDS, Roy Adimulyo, LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 ini bisa menjadi salah satu “entry point” penting bagi para “passioner” untuk memulai karier mereka diindustri kreatif, diharapkan ajang ini tidak hanya musisi dan pekerja seni tapi juga kalangan lainnya bisa ikut berpartisipasi dalam lomba ini, karena selain bertujuan untuk mendorong kemajuan film dan lagu anak nasional, juga bertujuan untuk memfasilitasi pelaku kreatif untuk ikut berkontribusi nyata dalam membangun ekonomi kreatif khususnya melalui film dan musik Indonesia.

Mira Lesmana yang hadir juga mengungkapkan “Senang banget diajak terlibat dalam Lomba Cipta Lagu Anak 2018, kenapa pake 2018, harapannya biar terus ada kelanjutannya, saya optimis lomba ini bakal banyak menghasilkan banyak lagu anak-anak yang tidak hanya berkualitas dari segi musikalitas tapi juga menghibur dan mendidik. Kenapa disandingkan dengan film Kulari kepantai karena film ini jelas punya tema, tema inilah kemudian kita putuskan menjadi tema, kalau tidak nanti akan jadi sangat luas. Temanya yaitu keindahan alam, petualangan, persahabatan, keluarga dan liburan”.

“Team juri sendiri banyak ya, ada pak Triawan Munaf (ketua BEKRAF), saya (Mira Lesmana produser film Ku Lari Ke Pantai), Riri Riza (Sutradara film Ku Lari ke Pantai),  Aksan Sjuman (penata musik film Kulari Ke Pantai) dan juga RAN (salah satu pengisi album soundtrack film Kul Lari Ke Pantai)”, terang Mira lagi.

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg

Aksan Sjuman menjelaskan bahwa lagu-lagu yang akan dipilih tentunya lagu yang sesuai tema dan liriknya berbahasa indonesia, kalau ada unsur daerahnya lebih baik, baik bahasa maupun nada dan instrumen ya diselipin bahasa inggris juga  gak apa-apa karna kita kan harus berevolusi, contohnya dalam lagunya diselipin lirik berbahasa inggris, kaya nge-rapp itu  its okey ya, tapi tetap lebih baik bahasa Indonesia yang utama, karna “nilai” yang disampaikan juga adalah mencintai bahasa indonesia tapi terbuka juga dengan bahasa asing”, ucap Aksan.

Lomba ini akan dipilih 5 lagu yang akan dibawakan oleh para pemeran anak-anak film Ku Lari ke Pantai dan direkam dalam album kompilasi yang terinspirasi film Ku lari Ke Pantai. Pada akhir lomba akan terpilih 2 pemenang, yaitu Pemenang Pilihan Publik dan Pemenang Utama Pilihan Dewan Juri yang akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total Rp. 100.000.000,-

Kedua lagu pemenang akan dibawakan secara live oleh para pemeran utama anak-anak film Ku Lari Ke Pantai saat acara gala premiere film Ku Lari Ke Pantai pada bulan juni 2018 dan pemenang utama juga akan mendapatkan hadiah tambahan berupa pembuatan video klip musik.  Bagi peserta yang ingin berpartisipasi dan mendaftarkan lagunya dalam LOMBA CIPTA LAGU ANAK 2018 dapat mengirimkan contoh lagu dalam format mp3 ke lombaciptalaguanak@gmail.com .pendaftaran akan ditutup pada 15 mei 2018. @jackellectra2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.