Scroll to Top

Update Indonesian Idol 2018 : Dinilai Tak Konsisten dan Banyak Kritik Pedas, Harapan Joan “Pupus” di Panggung Indonesian Idol 2018.

By admin / Published on Tuesday, 10 Apr 2018 13:22 PM / No Comments / 205 views

Cadaazz.com – Dinilai tak konsisten dalam penampilannya, Joan Chatarina Veroni Wakum akhirnya tersingkir dari panggung Indonesian Idol 2018 dan mempupuskan harapan finalis asal Kaimana ini menjadi idola baru di Indonesia Senin malam (9/4/18), karena kurangnya dukungan voting SMS. Tiga kontestan yang masih bertahan dan bersaing tadi malam yaitu Ahmad Abdul, Maria Simorangkir, dan Joanita Chatarina Veroni Wakum. Ketiganya tampaknya berusaha menampilkan kualitas terbaik bernyanyi mereka untuk memperebutkan posisi menuju Grand Final Indonesian Idol.

Babak Road to Grand Final dimulai dengan kemampuan top 3 dengan bernyanyi solo atau sendiri. Penampilan pertama disuguhkan oleh Joanita Chatarina Veroni Wakum dengan menyanyikan lagu “Jailhouse Rock” milik Elvis Presley dinilai kurang memberikan suguhan yang bagus dan tidak maksimal dalam mengeluarkan kemampuan finalis bersuara gospel ini.

“Joan saya harus bicara jujur ya, yang kita tangkap malam ini penampilan kamu hanya energymu untuk menampilkan yang terbaik. Apalagi lagu ini nadanya disitu – situ saja yang kurang bisa memaksimalkan kemempuan dan mengeluarkan aslinya Joan. Tapi sebagai sebuah tontonan yang fun dan menyenangkan penonton iya. Namun untuk babak Road to Grand Final seperti ini tidak mengeluarkan aslinya Joan,”Kritik Ari Lasso atas penampilan Joan di Studio MNC Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Senin Malam (9/4/18).

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg

Kritikan pedas juga di berikan oleh Maia Estianty kepada Joan. Joan dinilai dalam menyanyikan lagu Elvis Presley ini banyak over tone yang meleset dan tak stabil.

“Sayakan yang melihat kamu saat babak audisi. Kamu punya talenta luarbiasa dimana kamu datang dengan vokal yang bisa menjanjikan, vokal yang sangat bagus. Namun makin hari makin tidak bagus. Kadang – kadang kamu drop banget dengan vokal kamu yang habis dan tidak fit, kadang bagus banget. Jadi kamu itu tidak stabil. Dilagu ini juga kamu tidak stabil. Banyak nada – nada yang meleset terutama di over tone. Kalau kamu bisa ambil nada yang penutup lebih baik mungkin akan lebih wow,” kritik Maia panjang lebar.

Penampilan kedua disuguhkan Maria Simorangkir dengan lagu ” I Have Nothing” yang di popularkan oleh Whitney Housten. Maria kembali mendapatkan 5 standing ovation dari juri atas penampilannya yang dianggap sempurna.

“Sempurna, Maria kamu layak masuk Grand Final, “kata Maia Estianty

Bagi Bunga Citra Lestari sebagai juri yang pertama kalinya di Indonesian Idol tahun ini, ia sangat bangga dengan Maria. “Aku bangga sekali kamu ada disini. Ini lagu yg susah, ga banyak yang bisa melakukan dan kamu lakukan dengan sempurna,” ujar BCL memuji yang diikuti pujian dari tiga juri lainnya.

Kompetisi di babak bernyanyi solo di tutup oleh penampilan Ahmad Abdul yang melantunkan lagu “Better Man” milik Robbie William. Dalam penampilannya Abdul pun mendapat Standing Ovation dari ke  5 juri Indonesian Idol ini.

Diakui Ari Lasso ada kekhawatiran ketika mengetahui Abdul menyanyikan lagu milik Robbie William yang nadanya sangat flat dan biasa – biasa aja. Namun Abdul menampilkan berbeda pada lagu tersebut.

“Waktu tahu Abdul bawain lagu ini, ada rasa khawatir apakah lagu ini cocok di bawain di babak Road to Grand Final oleh Abdul karena lagu ini aslinya sangat flat, lagu ballad biasa – biasa aja. Tapi kamu membuktikan dengan memberikan sentuhan spektakuler di lagu ini dengan memainkan nada – nada di tengah, over tone yang pas sehingga itu bagus banget,” ujar Ari Lasso.

“Dul dibabak ini biasanya akan dibandingin dengan kualitas suara dan karakter suara. Namun punya karakter suara yang bagus juga di tunjang dengan penjiwaan yang baik. Kenapa 5 juri standing ovation sama Maria dan kamu, karena penjiwaan kalian emang yang paling bagus dan keren,” tambah Armand Maulana.

Dalam babak Road to Grand Final, ketiganya tak hanya menampilkan bernyanyi sendiri, mereka juga berkolaborasi dengan musisi muda Rizky Febian menampilkan performance Medley yang dimulai dengan Joanita Chatari feat Rizky membawakan lagi “Cukup Tau”.

Kemudian dilanjut dengan penampilam Ahmad Abdul feat Rizky menyanyikan lagu “Kesempurnaan Cinta” dan dilanjutkan dengan penampilan Maria Simorangkir feat Rizky melantunkan lagu “Penantian Berharga”. Serta penampilan kolaborasi di tutup dengan Top 3 feat Rizky menyanyikan lagu “Feels” milik Calvin Harris Feat  Katty Perry dkk.

Ketiganya mendapatkan komentar yang berbeda – beda. Mulai komentar dengan pujian sampai kritikan – kritikan dari para juri. Setelah penampilan ke tiga finalis dalam babak Road to Grand Final, akhirnya hasil result diumumkan. Selain kritikan pedas atas penampilan Joan yang diberikan Juri, Joan juga mendapat dukungan yang kurang sehingga Joan malam tadi harus tersingkir dan tidak bisa melanjutkan ke babak Grand Final untuk menjadi Idola Indonesia. Nantikan pertarungan sengit Abdul dan Maria di babak Grand Final. Seperti apa babak Grand Final Indonesian Idol? Siapakah yang akan menjadi jawara Indonesian Idol 2018? (@enny_hdyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.