Scroll to Top

Masuk Dalam Kategori “New Action Southeast Asia”, Film PAI KAU Akan Tayang Di OSAKA ASIAN FILM FESTIVAL 2018

By admin / Published on Wednesday, 14 Feb 2018 10:47 AM / No Comments / 73 views

Cadaazz.com – Film ‘Pai Kau’ masuk Osaka Asian Film Festival 2018 yang akan diselenggarakan pada 9-18 Maret 2018 ini Di Osaka, Jepang. ‘Pai Kau’ masuk ke dalam kategori New Action! Southeast Asia. Kategori ini menyoroti gerakan baru sinema di Asia Tenggara, menampilkan film dalam lingkup action hingga art house .

“Film Pai Kau merupakan penemuan mengejutkan ketika saya memilih film-film untuk festival kali ini. Film ini sangat menghibur sekaligus sangat artistik” ungkap Teruoka Sozo, Direktur Program, Osaka Asian Film Festival.

Osaka Asian Festival 2018 menampilkan kurang lebih 50 film fiksi panjang dari berbagai negara Asia. Debut festival ini sudah memasuki usia yang ke 13 tahun. Film ‘Anarchist from the Colony’ karya sutradara LEE Joon-ik dari Korea menjadi film pembuka dan ‘The Name” karya sutradara Toda Akihiro dari Jepang menjadi film penutup festival.

Dalam kategori New Action! Southeast Asia. Film ‘Pai Kau’ bersanding dengan 7 film lainnya yang sebagian besar rilis perdana di Jepang. Sedangkan bagi ‘Pai Kau’ sendiri kehadirannya di Osaka merupakan tayang perdana Internasional. Film Indonesia lainnya yang mewakili Indonesia adalah ‘Posesif’ karya sutradara Edwin.

“Awalnya ‘Pai Kau’ memang gak direncanakan untuk masuk festival, tapi kami seneng mendapatkan apresiasi dari programmer festival, sehingga bisa tayang perdana secara Internasional di Jepang dan ketemu dengan penonton yang lebih luas lagi” ujar irina Chiu, Produser, sekaligus pemeran ‘Pai Kau’.

“Pai Kau’ membawa angin segar dalam dunia perfilman Indonesia dengan penggunaan bahasa Mandarin, terbukti Indonesia adalah tempat persimpangan budaya dari seluruh dunia, dimana filosofi baru subur dan tumbuh. Penonton akan terkejut betapa besar ambisi film ini setelah mengetahui siapa yang menentukan nasib keluarga di film ini. Film dengan permainan psikologi multiplayer.” Mengutip komentar Nishi Yoshimi, Associate Profesor, Southeast Asian Studies Kyoto University, sesaat setelah menonton dan berdiskusi film ‘Pai Kau’, minggu lalu di Kineforum.

‘Pai Kau’ bercerita tentang hari pernikahan yang menegangkan bagi pasangan Lucy (Irina Chiu), dan Edy Wijaya (Anthony Xie), dikarenakan oleh kehadiran Siska (Ineke Valentina), seorang wanita tak diundang yang bermaksud mengacaukan pernikahan mereka.

Sejak Kamis, 8 Februari ‘Pai Kau’ tayang di jaringan bioskop Cinema XXI, CGV Blitz, Cinemaxx dan FLIX. ‘Pai Kau’ tayang dengan jumlah 37 layar di hari pertama. Kemudian menyusut menjadi 18 layar di hari kedua. Di wilayah Jakarta ‘Pai Kau’ hanya tayang terbatas di area Utara dan Barat. ‘Pai Kau’ masih akan tayang sampai dengan minggu ini di layar-layar tersebut.

Respon penonton sangat beragam, dari yang geram dengan karakter Edy yang playboy sampai yang hanyut dengan adegan menyelinap bak “aksi kucing” yang dilakukan Siska. Banyak komentar positif, foto serta video yang beredar dari pencinta film Indonesia yang sudah menonton film ‘Pai Kau’. Kebanyakan penonton berkomentar film ini sangat berbeda dari film-film yang sekarang-sekarang ini beredar, terutama pemilihan karakter dan alur cerita yang gak ketebak.

Sebagai rumah produksi yang Independent, Archipelago Pictures berusaha menyajikan karya yang membawa semangat keberagaman dan membawa tema-tema baru dan unik. Dalam ‘Pai Kau’ yang menggunakan campuran Bahasa Mandarin dan Indonesia dan dengan aktor-aktor Tionghoa Indonesia yang sudah lama tidak ada di film-film Indonesia. Film ini cocok menemani suasana menonton disaat Imlek bersama keluarga. ‘Pai Kau’ akan mengadakan Nonton Bareng disejumlah bioskop seperti Blok M Square XXI, TIM XXI dan Senayan City XXI. Untuk info lebih lanjut penonton dapat mengikuti sosial media Archipelago Pictures dan Kaninga Pictures. Semoga ‘Pai Kau’ sukses di Osaka Asian Film Festival 2018 dan di tanah air. (SPR)

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 photo Untitled_zpsmwldy7ww.jpg