Scroll to Top

Eksis Kembali, WESTJAMNATION Luncurkan Video Klip Dengan Teknik Double Exposure

By admin / Published on Tuesday, 13 Feb 2018 20:52 PM / No Comments / 446 views

Cadaazz.com – Lama tak terdengar, Westjamnation kembali beredar sejak pertengahan tahun lalu. Kekosongan manajemen membuat band yang terbentuk sejak tahun 2014 sempat tenggelam. Masuknya tim manajemen yang baru mendorong ide-ide segar mengalir untuk terus melaju.

Sebuah ekspresi akan perasaan yang tidak sempat tersampaikan mewujud dalam lagu berjudul “Sudah Terlambat”. Komposisi yang tercipta dari petikan gitar sederhana dari Rifki Afsari dan suara vokal yang khas dari Jati Andito membuat lagu ini menjadi pilihan untuk dipersembahkan kepada publik dalam bentuk video klip.

Westjamnation mencoba bereksperimen dengan teknik double exposure untuk video musik pertamanya.

“Teknik ini menggabungkan dua gambar atau lebih dengan memanipulasi mode eksposur dua gambar tersebut dan digabung menjadi satu komposisi,” ujar Rifki Afsari, gitaris yang juga turun tangan menyutradarai video musik ini.

Unit musik yang tercipta di sebuah kota di Jawa Barat ini menampilkan bahasa isyarat sebagai sebuah bentuk komunikasi dengan cara yang berbeda. Permainan warna-warna yang mampu melukiskan perasaan seseorang menjadi salah satu unsur yang memperkaya visualisasi.

“Melalui teknik double exposure, kami menyatukan lagu, gerak bahasa isyarat, tarian, dan visual art dalam sebuah medium audiovisual,” Rifki menambahkan.

Produksi karya audiovisual ini tidak lepas dari bantuan Mufi sebagai model dan Atenk yang menjadi visual artist. Mufi berprofesi sebagai desainer interior, penari, aktif di Gerkatin Kepemudaan dan Teater Musikal Inklusif, dan seorang tuli yang sehari-harinya menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Sementara itu, Atenk dengan memanfaatkan overhead projector (OHP) berhasil menciptakan warna-warni psikedelia yang mengundang decak kagum.

Selebrasi rilisnya video klip pertama Westjamnation ini telah digelar Senin, 12 Februari 2018 lalu di Paviliun 28, Jalan Petogogan 1 No.25, Jakarta Selatan. Selain Westjamnation, tampil Gabriel Mayo, MJ & The Carousel, dan Nitja yang turut memeriahkan acara ini.

“Semoga dengan rilisnya video klip Sudah Terlambat, semakin banyak masyarakat yang mengapresiasi karya-karya kami,” ungkap Jati Andito, vokalis sekaligus gitaris dari Westjamnation.

Westjamnation merupakan kolektif musik yang terbentuk sejak tahun 2014 dan merilis self-titled mini album di pertengahan 2015. “Sudah Terlambat” merupakan sebuah nomor yang ada di album tersebut. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.