Scroll to Top

White Shoes & The Couples Company Bawakan Lagu Soundtrack Utama Film “PAI KAU”

By admin / Published on Thursday, 08 Feb 2018 21:27 PM / No Comments / 367 views

Cadaazz.com – Menjelang pergantian tahun perayaan Imlek 2018, akan hadir di layar bioskop Indonesia sebuah film drama suspense berjudul ‘Pai Kau‘’. Film ‘’Pai Kau’’, yang berarti permainan domino khas Tionghoa, dihiasi oleh lagu ‘Aksi Kucing’ yang dibawakan live oleh White Shoes & The Couples Company.

“Lagu ini merupakan soundtrack utama film ‘Pai Kau’ yang menemani scoring hasil karya musik composer Windra Benyamin. Kontras musik antara ‘Aksi Kucing’ dan suspense yang terdapat dalam film ‘Pai Kau’ memang hanya dapat dipahami setelah menonton filmnya langsung, Lagu karangan Oey Yok Siang ini sendiri dulu pernah dibawakan oleh Nien Lesmana, istri Jack Lesmana,” ujar Irina Chiu, produser sekaligus pemeran utama film ‘Pai Kau’ yang kerap kali mendapat pertanyaan perihal pemilhan lagu ‘Aksi Kucing’ di film ‘Pai Kau’.

Lagu ‘Aksi Kucing’ sendiri pada awalnya ber- genre keroncong yang populer pada tahun 1950-an. Kehadiran lagu ini pada era tersebut merupakan bentuk akulturasi budaya antara etnis Tionghoa dengan Jawa. Konteks dari lagu ‘Aksi Kucing’ tidak usang dimakan zaman, tak heran jika lagu ini memiliki banyak versi dan populer sampai ke negeri seberang.

‘Aksi Kucing’ pun pernah dipopulerkan oleh Kartina Dahari, penyanyi asal Singapura yang mendapat julukan “Ratu Keroncong dari Melayu”. ‘Aksi Kucing’ ini liriknya punya makna sindiran buat oknum yang suka ngadu domba atau yang diem-diem suka mancing kerusuhan. Waktu ditawari kolaborasi dengan film ‘Pai Kau’, kami langsung ngebayangin adegannya emang pas sama ‘Aksi Kucing’. Seru terlibat di film ‘Pai Kau’, kami main live saat shooting dengan para pemain yang sedang beraksi kucing”, ujar Saleh Husein, gitaris White Shoes &The Couples Company sambil tertawa. Archipelago Pictures merilis lyric video ‘Aksi Kucing’ dalam adegan film Pai Kau yang dibawakan oleh White Shoes & The Couples Company di kanal Youtube dan Spotify. (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *