Scroll to Top

Membawa Nama Purwokerto, UJUNG KUKU Siap Luncurkan Debut Album

By admin / Published on Saturday, 20 Jan 2018 18:21 PM / No Comments / 448 views

Cadaazz.com – Ujung Kuku Adalah sebuah ruang untuk seorang Sendy Noviko mengeksplorasi suara dan karyanya yang bernuansa ballad, folk fusion, atau apapun orang mengganggapnya. Membawa nama Purwokerto, Ujung Kuku mulai berkarya sejak 2007 lalu dengan filosofi “meskipun sering kali digunakan untuk meremehkan sesuatu namun ujung kuku tersebut sangat dibutuhkan”.

“Selain itu, ujung kuku selalu tumbuh walaupun sering dipotong”, dan dari filosofi itulah nama tersebut digunakan. Single pertama Ujung Kuku bertajuk “Bingkai Nusantara” tercipta 2014 lalu dimana kala itu sedang ramai dengan situasi pemilihan presiden yang pendukungnya terbagi dalam dua kubu dan saling berseberangan hingga berimbas kepada masyarakat kecil. Padahal sejatinya kita hidup di Indonesia tidak sendirian dan semua mempunyai ruang proporsional.

Berawal dari sebuah obrolan sederhana dengan Parjazz yang merupakan salah satu pegiat band Purwokerto terkait band, dimana Parjazz akan membantu Sendy Noviko dalam bermusik dengan syarat harus memainkan karya sendiri pada 2007 lalu.

Dari semangat itulah, perjalanan Sendy Noviko dengan ruangnya Ujung Kuku terus berusaha mengumpulkan karya untuk dapat mendokumentasikan karyanya tersebut. Akhirnya, proses rekaman ‘baru’ dimulai sekitar Mei 2017 hingga November 2017 lalu yang dilanjutkan proses lain seperti penggandaan, pengemasan dan lain-lain di Yogyakarta.

Termasuk penjualan merchandise Ujung kuku yang dilakukan preorder dengan pengambilan saat launching untuk yang ada di Purwokerto. “Untuk launching, rencananya akan dilaksanakan 15 Maret 2018 mendatang,” kata Sendy Noviko kepada media.

Ia berharap launching tersebut ada dampak sosial dengan melibatkan pelukis yang melukis secara live dengan hasilnya nanti akan dilelang. Menurutnya, saat ujungkuku ada karya lalu bagaimana caranya bermanfaat untuk yang lain dan melibatkan banyak komunitas.

Yang akan menjadi bagian konten dalam launching Ujung Kuku diantaranya opening tari, lalu kontribusi teater, fotografi, dan juga perupa untuk penggarapan instalasi. “Menurut saya, disitu nantinya bukan panggung sembarangan dan pengisi acara masih jadi benang merah dengan tema Bingkai Nusantara,” kata Sendy.

Bingkai Nusantara tersebut berawal dari 2014 saat pemilihan presiden yang terpecah menjadi dua kubu hingga berimbas pada masyarakat kecil. “Kita hidup di Indonesia tidak sendirian dan semua punya ruang proporsional,” ujarnya.

Track list Ujung Kuku – Bingkai Nusantara :

Sketsa Hidup, Penari Kecil, Ayo Kawan, Bingkai Nusantara, Anjing Galak, Renungan Pagi, Manusia Pasti Bisa, Kosong dan Bingkai Nusantara (versi akustik). (SPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.