Scroll to Top

AMI Awards 2017 : Sistemnya Makin Maju, Tema Nya #MusikTanpaBatas Tapi Penayangan Penghargaannya Tetap Terbatas

By admin / Published on Sunday, 15 Oct 2017 02:11 AM / No Comments / 719 views

Cadaazz.com – Ajang pemberian penghargaan atas prestasi insan musik Indonesia (AMI Awards) kembali akan digelar tahun ini oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI). Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang seluruh proses pendaftaran / submit materi lagu dan voting penilaian para juri nya dilakukan secara offline, maka pada tahun ini seluruh proses pendaftaran dan penilaian secara voting telah mulai di lakukan secara online melalui email dan website resmi AMI Awards.

Perubahan yang mengikuti perkembangan tekhnologi tersebut sesuai dengan teman #MusikTanpaBatas yang diangkat oleh AMI Awards di tahun ini dengan mengacu pada perkembangan musik era digital dimana dunia bergerak secara dinamis melibas sekat dan batas. Perkembangan proses online ini tentu saja diharapkan akan menambah animo masyarakat di seluruh tanah air untuk bisa mengikuti ajang penghargaan tertinggi musik Indonesia tersebut tanpa terkendala lagi oleh jarak.

YAMI sendiri berkomitmen untuk lebih aktif berkiprah demi memberikan kontribusi pada kemajuan musik tanah air dengan cara meningkatkan seluruh aspek yang bisa ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas. Selain terobosan besar memperkenalkan system pendaftaran secara online, YAMI juga berkomitmen memperbaiki kerangka kerjanya. Mereka menargetkan peningkatan bagi keanggotaan AMI kedepannya. Saat ini AMI mempunyai dua keanggotaan yaitu “Anggota Reguler” dan “Anggota Suara” dan kedepannya YAMI akan membuka siapapun yang mau bergabung sebagai Anggota Reguler dimana mereka mempunyai hak untuk menentukan calon nominasi, sedangkan Anggota Suara adalah para pelaku industry seperti composer, produser, penata musik dan lain – lain yang di pilih berdasarkan seleksi ketat karena merekalah yang mempunyai hak untuk mnentukan calon penerima penghargaan AMI.

AMI Awards tahun ini akan memberikan penilaian bagi produk musik yang rilis dari periode Juli 2016 sampai dengan Juni 2017. Dwiki Dharmawan selaku Ketua Umum Yayasan Anugerah Musik Indonesia berharap seluruh perbaikan kerangka kerja di YAMI dapat dijalankan secara fair, transparan dan berintergritas sehingga dapat di pertanggungjawabkan kepada publik. Melihat perkembangan yang terjadi di YAMI tersebut tentu saja kita berharap AMI Awards bisa semakin maju dan independent, namun yang masih mengganggu di benak banyak orang adalah apakah adanya dewan Anggota Suara menjamin pemilihan pemenang akan menjadi netral ?

Untuk menunjang penayangan AMI Awards 2017 yang rencananya akan di gelar bulan November depan di Garuda Theater, Taman Mini Indonesia Indah, YAMI masih tetap menggandeng RCTI selaku partner media televisi yang sudah berkali – kali menjadi partner dalam kelangsungan acara tersebut. Sayangnya kemajuan yang telah di jalankan YAMI dalam AMI Awards tidak lantas dapat membuat penayangan ajang penghargaan AMI Awards akan di tayangkan on air seluruhnya. Direktur Acara dan Produksi RCTI, Dini Putri pada acara pengukuhan nominasi AMI Awards 13/10/17 di XXI Lounge, Plasa Senayan, Jakarta menjelaskan bahwa penayangan penerima penghargaan tetap akan berlangsung on air dan off air di karenakan tidak mungkin RCTI menayangkan keseluruhan acara / 52 peraih penghargaan dengan asumsi pemirsa TV akan menjadi jenuh. Apa benar begitu ya? kalau kemasan acaranya bagus ya bisa saja bukan? buktinya sinetron aja bisa dari sore sampai tengah malam menjajah acara televisi? Atau kalau RCTI tidak bisa menayangkan seluruh prosesi acara maka YAMI harus menggandeng televisi yang bisa tayang full acara? Uniknya AMI Awards 2017 adalah musiknya tanpa batas tapi penayangannya terbatas. @fransiscus_eko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.