Scroll to Top

MIAN TIARA, Penyanyi Dan Komposer Yang Kenyang Berkolaborasi Dengan Musisi Besar All Genre

By admin / Published on Saturday, 01 Jul 2017 01:01 AM / No Comments / 527 views

DSC_9706

Cadaazz.com – Mian Tiara (Tiara) dikenal sebagai seorang penyanyi, komposer dan penulis lirik. Saat ini ia tampil sebagai penyanyi solo dan anggota grup musik jazz progresif Simak Dialog yang didirikan mendiang alm. Riza Arshad. Karir musik Tiara dimulai tahun 1999 ketika salah satu ikon musik jazz Indonesia, Indra Lesmana, memintanya untuk berkolaborasi sebagai penulis lirik dalam proyeknya untuk album vokalis senior Ermy Kullit. Album yang berjudul “Saat Yang Terindah” memenangkan kategori Best Jazz / Fusion Album di 4th AMI Awards (Anugerah Musik Indonesia) di tahun 2000.

Kolaborasinya bersama Indra Lesmana sebagai penulis lirik berlanjut di dua proyek lainnya, yaitu  album penyanyi Andien – “Kinanti” dan album soundtrack  film Rumah Ke Tujuh (Mira Lesmana) – “Rumah Ke Tujuh OST”, keduanya diproduksi dan rilis di tahun 2002. Karya mereka di dua album tersebut memenangkan penghargaan untuk Best Jazz / Contemporary Album, Best Score / Soundtrack, dan Best Jazz Song dalam dua tahun berturut-turut.

Kecintaannya pada musik dimulai saat ia belajar gitar klasik pada usia 9. Sepuluh tahun kemudian ia melakukan terobosan pertamanya di dunia musik yang  menjadikannya sebagai penulis lirik hinga saat ini. Ia merilis album perdananya berjudul The Comfort of My Own Company di tahun 2010. Album ini merupakan kumpulan karya Tiara yang bernuansa folk, jazz, dan pop yang melebur menjadi satu. Album ini diproduseri mendiang alm. Riza Arshad, rekan kerjanya selama 20 tahun. Ia dan Riza banyak bekerjasama dalam pembuatan musik jingle iklan, film scoring dan pada tahun 2015 Tiara bergabung dalam grup simakDialog yang didirikan Riza.

11147116_10153235897488096_1860442306588228876_n

Hingga saat ini Tiara telah berkolaborasi dengan banyak musisi hebat dari berbagai genre seperti Riza Arshad, Indra Lesmana, Humania, Ermy Kullit, Andien, Baron Band, Sarah Silaban, Nicky Astria, Audy, Goodnight Electric, White Shoes and The Couples Company, SORE, Mondo Gascaro, Ricky Lionardi, Nikita Dompas, Avi Bortnick, Sri Hanuraga, Chaka Priambudi, The Upstairs, Leonardo, Anda, Bonita dan The HUSband, Tika & The Dissidents, Johannes Rusli, KadriJimmo Project, dan Barasuara.

Tiara juga sering tampil di ajang bergengsi, Java Jazz Festival, Ia juga pernah menggelar konser tunggalnya di Teater Komunitas Salihara. Beberapa waktu lalu bersama kontingen kebudayaan Indonesia Ia tampil di Museumuferfest di Frankfurt, Jerman. Bersama grup simakDialog Ia tampil di Jepang pada Promenade Jazz Festival (Yokohama) dan satu konser tunggal simakDialog (Tokyo). Pada tahun 2017 ini Tiara kembali disibukkan dalam proyek duet terbarunya bersama sahabat lamanya Chaka Priambudi. [siaran pers resmi]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.