Scroll to Top

Album “Aransemen Ulang Lagu Orisinil Dari Film Tiga Dara” Rilis Bersamaan Dengan Filmnya

By Fransiscus Eko / Published on Tuesday, 26 Jul 2016 02:20 AM / No Comments / 728 views

Tiga dara 1

Cadaaz.com – Sebuah film musikal karya anak bangsa berjudul “Tiga Dara” yang pernah mencapai penjualan tertinggi pada tahun 1956 sedang di upayakan untuk di ‘Restorasi’ / perbaiki dari segi warna dan lainnya oleh pihak SA Film dengan target film ini bisa di putar kembali dan di tonton oleh masyarakat pada awal Agustus 2016 depan. Film “Tiga Dara” merupakan salah satu sejarah penting dalam perjalanan sejarah sinema dan budaya musik pop Indonesia, Film ini meraih Piala Citra untuk Musik Terbaik pada FFI 1960 (empat tahun setelah film dirilis), yang dianugerahkan kepada Saiful Bahri sebagai penata musik. Tujuh dari sepuluh lagu dalam film musikal ini diciptakan oleh Saiful Bahri sendiri, dua lagu oleh Oetjin Nurhasjim dan satu lagu oleh Ismail Marzuki.

Dalam perjalanan proses restorasi film, ditemukan fakta bahwa dalam kurun waktu tersebut perusahaan rekaman ‘Dendang’ merilis beberapa lagu original soundtrack dalam format piringan gramafon 78 rpm (shellac). Fakta ini menunjukkan bahwa lagu – lagu dalam film ini begitu populer dan penting untuk dirilis waktu itu, sehingga memberikan motivasi untuk juga merestorasi album musiknya. Pencarian atas master rekam pita magnetik album asli dilakukan selama beberapa bulan di berbagai sumber arsip yang ada. Namun, sampai dengan batas waktu yang disepakati, master rekam dalam format pita magnetik tersebut, tidak berhasil ditemukan.

IMG_20160701_200006

Dengan pertimbangan bahwa melakukan restorasi yang bersumber dari plat gramafon tidak akan memberikan hasil yang maksimal, maka SA Film bersama dengan David Karto [Demajors] dan David Tarigan memutuskan untuk membuat album aransemen ulang lagu-lagu dari film Tiga Dara, dengan melibatkan para musisi muda yang peduli pada warisan budaya film dan musik pop Indonesia. Disamping itu, dengan menyuguhkan aransemen musik yang lebih sesuai dengan selera masa kini, diharapkan karya – karya para komponis besar Indonesia masa lalu, dapat lebih dinikmati oleh generasi pendengar masa kini dan masa yang akan datang.

13509146_10157033192940366_5173228521519890756_n

Album yang di beri judul “Aransemen Ulang Lagu Orisinil Dari Film Tiga Dara” ini melibatkan penyanyi – penyanyi muda seperti : Aimee Saras, Aprilia Apsari, Bonita, Monita Tahalea, Nesia Ardi, Anda Perdana, Danilla Riyadi, Indra Aziz, Louise Monique Sitanggang, Alsant Nababan dan Mondo Gascaro. Pada sektor aransemen musik terdapat nama Indra Perkasa, Petrus Briyanto Adi, Mondo Gascaro dan Yosua Simanjuntak yang meracik musik untuk di mainkan secara apik oleh Orkes Gadgadsvara dbp, Orkes dbp Mondo Gascaro dan Deredia. Nama – nama musisi dan peñata musik muda tersebut benar – benar total memberikan kemampuan terbaiknya pada 10 lagu lawas ya mereka bawakan di album ini. Judul kesepuluh lagu tersebut adalah : Tiga Dara, Cita-cita, Letnan Hardy, Tamasya, Joget Gembira, Pilih Menantu, Siapa Namanya, Bimbang Tanpa Pegangan, Lagu Gembira dan Senandung Lagu.

IMG_20160622_130307

Bagi para pecinta musik Indonesia dan penggemar lagu – lagu Indonesia lama akan segera bisa mengkoleksi album yang berisi lagu – lagu bersejarah ini dalam bentuk CD Fisik dan Digital pada tanggal rilis resminya yaitu 11 Agustus 2016 melalui distribusi resmi Demajors serta Digital – digital stores banyak di temuai saat ini. Album “Aransemen Ulang Lagu Orisinil Dari Film Tiga Dara” yang di rekam di  9 Studio Rekaman [ALS Studio, Gadgadsvara Studio,  Palu Studio, Ponpin Studio, rumahbonita Studio, Salihara Recording Studio, Syaelendra Studio, Sum It! Studio, VSi Studio] dan proses masteringnya di kerjakan di Sage Studio, Nasville, Tennesse, Amerika Serikat ini, illustrasi sampulnya di kerjakan oleh : Aprillia Apsari yang adalah vokalis dari White Shoes & the Couples Company. @fransiscus_eko + siaran pers resmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.